Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Status AnterAja Kadang HOAX: Parsel Belum Siap di Pickup dan Akan Dijadwalkan Ulang

Kaget bener dapat status update AnterAja di Tokopedia seperti ini..  

 

"Parsel belum siap di pickup dan akan dijadwalkan ulang. Kurir akan melakukan pick-up ulang besok. Pastikan barang siap."

Padahal paket sudah saya packing dan disiapkan, saya juga menunggu-nunggu kurir di rumah. Tiba-tiba dapat status seperti itu.

Sebagai seller yang masih baru menggunakan AnterAja saya cukup panik mendapatkan update seperti itu.

Baru sekitar dua minggu saya pakai jasa AnterAja di Tokopedia dikarenakan SiCepat semakin jauh dari rumah drop pointnya dan juga terlalu dini tutupnya, selain itu jemputannya kadang kadang.

Bagaimana jika penjual/pembeli mendapatkan status update AnterAja seperti itu?

Jangan panik dulu, karena sebenarnya status seperti itu terkadang HOAX alias tidak sesuai faktanya. Terkadang hanya penundaan sementara, karena berdasarkan pengalaman saya, ternyata paket dipickup beberapa jam kemudian. 

Pernah juga sebaliknya, paket sudah dipickup lalu dapat status seperti tadi, tapi lalu kemudian update lagi menjadi paket sudah dipickup driver.

Ini dua pengalaman saya sebelum tahu..

Pertama, Karena takut tidak dipickup dan dijadwalkan ulang besoknya, jadi saya drop saja di AnterAja Drop-off kebetulan ada yang tidak terlalu jauh dekat rumah. Eh ternyata malam-malam sekitar jam 19 datang kurir jemput.

Kejadian kedua, sekitar jam 12 saya Request Pickup, jam 15:30 datang kurir jemput barang, eh jam 16:14 malah dapat status "Parsel belum siap di pickup", pembeli chat menanyakan. Aneh padahal paket sudah dipickup. Baru jam 17:58 update status lagi menjadi "Driver already picked up the item from seller"

Kenapa bisa seperti itu?

Entah lah, mungkin karena kurir tidak langsung scan di tempat, jadi update status tidak realtime. Dulu sih pas awal-awal AnterAja bisa langsung scand ditempat saat penjemputan. Kalau sekarang kurir cuma bawa paket dan setelah sampai ke "hub" baru di scan. Biasanya kalau berdasarkan pengalaman saya sih dari waktu penjemputan hingga di scan itu sekitar15 menit sampai 3 jam.

Jadi jangan panik buat penjual dan pembeli jika mendapatkan status "Parsel belum siap di pickup." Karena berdasarkan pengalaman saya itu hanya status sementara yang terkadang tidak sesuai faktanya.

Pembeli boleh tanya ke penjual situasi aslinya. Tentu bisa terjadi juga memang penjual belum menyiapkan paketnya, dan hal lainnya.

Tapi kalau Elppastore sih setiap barang yang sudah dilakukan "Pickup Request" berarti barangnya sudah di pack dan siap dijemput. Dan saya juga pasang CCTV buat jaga-jaga..

Kesimpulan sejauh ini menggunakan jasa kurir AnterAja di Tokopedia, penjemputannya bagus setiap hari di jemput bahkan kadang bisa 2x dalam sehari kalau orderan lagi banyak.

Posting Komentar untuk "Status AnterAja Kadang HOAX: Parsel Belum Siap di Pickup dan Akan Dijadwalkan Ulang"