Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

HATI-HATI! Beli Laptop Bekas Online di Marketplace (Ngarep Mulus Dapat Minus)

Kali ini Elppas mau berbagi cerita kesalahan dalam membeli laptop/tablet secara online. Berdasarkan pengalaman pribadi beberapa waktu lalau beli Microsoft Surface Pro 5 bekas secara online. Ngarepnya dapat yang mulus normal, ternyata apes dapat yang minus.

Pengalaman Beli Microsoft Surface Pro 5 Bekas Secara Online, Ngarep Mulus Dapat Minus

Ya saya agak ceroboh dan terburu-buru belinya, ga baca-baca dulu tips beli laptop second. Hanya modal melihat tampilan toko yang cukup profesional dan harga yang relatif murah. Tapi ya sudah lah buat pengalaman.

Awalnya mau beli laptop yang simple, ringan dan mudah dibawa kemanan-mana. Akhirnya tertariklah dengan Microsoft Surface Pro 5..

Foto OK, deskripsi OK (tidak tertulis ada minus, baterai ditulis normal, dan kondisi normal 95%). Tentu saja saya mengira segitu sih mulus untuk barang bekas/second.

Setelah chat sebentar dengan admin, lalu saya order dan memberi catatan minta yang paling bagus.

Setelah datang malah dapat yang sperti ini..

Ada tempelan sticker "quality control" dengan catatan sceen test = WS (whitespot). Selain itu juga bodi nya kotor banget, ampun dah jual barang bekas kaya gak ada niat, seenggaknya dibersihkan dulu lah dari debu dan lem bekas tempelan.

Ini minus, whitespot-nya.. difoto itu 2 titik white spot, 1 titik ada lagi sebelah kiri layar walau agak samar.

Selain whitespot, baterai juga sudah lumayan boros, dari hasil cek software hanya tinggal 27Wh dari 45Wh (bawaan baru).

Komplain? Tentu saja saya komplain melalui chat dulu, tapi hasilnya nihil, penjual menganggap whitespot adalah hal yang normal. Males lah berdebat, ya sudah akhirnya terima saja.

Semoga menjadi pelajaran buat saya pribadi, juga buat para penjual barang bekas secara online. Saya pribadi kalau jual barang bekas maupun baru, jika ada minus suka disebutkan walaupun hanya minus sedikit.

Tips Membeli Laptop/Tablet Microsoft Surface Pro Bekas Secara Online.

1. Cari Cashback

Hahaha.. ya ini salah satu alasan saya kenapa belanja online, karena tergiur dengan cashback-nya. Lumayan lah, di Tokopedia biasanya ada cashback 5% hingga 500.000, lumayan kan kalau beli barang 8 jutaan bisa dapat cashback 400rb-an.

2. Cek dulu review

Cek rating dari pembeli yang sudah ada. Jangan cuma cek di satu produk itu saja, kalau bisa di rating keseluruhannya. Lihat yang bintang 1-2, kita bisa nilai pembeli dari situ.

3. Tanya-tanya dulu

Selain baca deskirpsi dengan teliti, tanyakan dulu kondisi beberapa hal berikut.. (kecuali sudah dijelaskan di deskripsi)

  • Baterai
  • Keyboard
  • I/O (USB ports)
  • Speaker
  • Layar
  • Touchpad
  • WiFi
  • Webcam
  • dll.. 

Tanyakan minus, dan kelengkapan secara detail.

Jangan buru-buru. Dari diskusi dan tanya jawab, biasanya kita bisa tahu juga secara sekilas karakter penjual. Kalau kira-kira ada tanda-tanda berbohong, dan hal negatif lainnya, mending skip saja.

4. Minta foto asli/video

Jika foto produk kurang jelas, ada baiknya minta foto atau video produk aslinya yang lebih detail, dengan ramah dan sesopan mungkin tentunya. Penjual yang niat dan jujur biasanya dengan senang hati memberikan foto detailnya.

5. Video Unboxing

Setelah yakin dan beli, pastikan pada saat barang datang, Anda buat video unboxing buat jaga-jaga apabila barang yang dikirim ternyata tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Video unboxing biasanya menjadi syarat komplain sebagai bukti yang kuat.

Kira-kira seperti itu tips membeli barang bekas secara online. Buat catatan saya pribadi jika membeli barang second lagi. Dan buat Anda yang baca, belum pengalaman belanja barang bekas secara online, semoga bermanfaat! 

Jika ada yang mau menambahkan tips-nya silahkan di komentar. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "HATI-HATI! Beli Laptop Bekas Online di Marketplace (Ngarep Mulus Dapat Minus)"