Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PAKAILAH ADAB! Membatalkan Pesanan di Tokopedia Alasan Gak Nyambung Nyalahin Penjual

Dalam hal jual beli di marketplace seperti di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, saya sebagai penjual sudah biasa mendapatkan pengajuan pembatalan transaksi.

Bagi Elppastore, 100% selalu saya kabulkan permintaan tersebut, kalau pembeli mau batal ya silahkan gak masalah buat saya, karena menurut saya jual beli ada adabnya, salah satunya adalah suka sama suka, dan saling ikhlas. Kalau di Madinah/Makkah sana, ketika bertransaksi saya terima barang, penjual terima uang lalu saling mengucapkan "halal", maka sah jual belinya.

Hanya saja justru dari pihak pembeli yang memberikan alasan kurang mengenakan, salah satunya adalah alasan "Penjual lambat atau Tidak merespon".

Kalau saya benar-benar lambat dan tidak merespon, saya terima alasan tersebut tanpa beban dan akan meningkatkan kecepatan sebagai introspeksi. Tapi kadang alasan dipilih tidak relevan alias gak nyambung, asal pilih aja tanpa mikirin perasaan orang lain, gak enak dituduh orang.

Contohnya:

Order di hari minggu jam 19 malam, pakai SiCepat BEST, pengen dikirim hari itu juga, kan kurang adab namanya. Bagaimana mau saya kirim SiCepat kalau minggu tutup jam 18.00 bahkan sebelum jam 18.00 juga kadang sudah tutup. Minta dibatalkan dengan alasan "Penjual lambat atau tidak merespon", ingin rasanya berkata kasar, tapi ya sudah, buat saya cuma kasih tau aja ke pembeli, kalau mau batalkan silahkan tapi alasan yang relevan gimana saya mau kirim hari minggu dan SiCepat nya aja tutup. Habis itu langsung saya blokir.

Kejadian berikutnya (hari ini 13 Januari 2022), order jam 1.33 dini hari ketika kebanyakan orang terlelap tidur. Dan saya konfirmasi pagi-pagi jam 6:22, biasa toko online saya buka sih jam 8:30.

Dan sekitar jam 8:30 itu pembeli mengajukan pembatalan dengan alasan lagi-lagi "Penjual lambat atau tidak merespon" tanpa chat sebelumnya.


Ini batas respon kan masih panjang 3 hari 16 jam. Gak nyampe12 jam juga udah saya kirim biasanya.

Perlu difahami ya, buat pembeli, walaupun marketplace itu online 24 jam tapi tetap kebanyakan penjual beroprasi pada jam kerja, misalnya saya dari jam 8:30-18 untuk memproses semua pesanan. Lalu sekitar jam 14 siang dan jam 20 malam kirim barang. Itu tuh udah maksimal 2x kirim barang sesuai jadwal pickup ekspedisi.

Ekspedisi juga ada jadwalnya pickup barang, setahu saya di agen JNE biasanya pickup barang di jam 15 dan jam 21 karena di agen juga barang di tumpuk dulu tidak mungkin datang satu barang langsung dipickup ke pusat.

Nah sebagai penjual kita juga tidak mungkin ada orderan jam 1 malam langsung kirim pagi-pagi. Hellooo.. ekpedisi juga buka sekitar jam 9-10 pagi.

Karena orderan itu masuknya tidak sekaligus di waktu yang sama, ada pagi siang sore malam, biar efektif dan efisien dibuatlah jadwal pengiriman, 2x pengiriman sehari itu udah maksimal, rata-rata olshop lain kirim cuma 1x di malam saja.

Intinya di Elppastore:

  • Kalau mau batalkan pesanan silahkan, tapi pakailah alasan yang relevan.
  • Kami selalu mengabulkan permintaan pembatalan selama barang belum di packing dan dikirim. Pernah sih sudah dipacking, eh mita pembatalan, ya sudah saya termia saja walaupun gimana gitu ya udah cape-cape ngepack.

Buat pihak Tokopedia juga seharusnya tidak menampilkan pilihan Penjual lambat atau tidak merespon padahal batas respon masih panjang.

Oh iya, kenapa saya gak pakai jasa jemput Request Pickup, karena kadang tidak dijemput jadi malah ke pending ke besoknya, pembeli suka kecewa, dan jam jemput juga random, malas nunggu. Lebih baik drop sendiri walaupun harus bayar parkir, tapi lebih tepat waktu.

Sekian #KeluhKesahPenjual

Posting Komentar untuk "PAKAILAH ADAB! Membatalkan Pesanan di Tokopedia Alasan Gak Nyambung Nyalahin Penjual"