Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Menghasilkan Uang dari TikTok dengan Affiliate Marketing

Apa itu TikTok dan bagaimana cara menghasilkan uang dari TikTok sebagai affiliate marketing?

 


Apa itu TikTok? Anda mungkin sudah tahu ya TikTok itu aplikasi video singkat itu ya, tapi tahu gak bagaimana cara kerja TikTok itu menampilkan video-video FYP. Dan bagaimana cara kita memanfaatkan video yang kita buat agar menghasilkan uang? Salah satunya adalah melalui affiliate marketing.

Jadi mari kita pahami dulu secara mendetail dari awal hingga akhir..

Apa itu TikTok?


TikTok diluncurkan pada September 2016; Namun, aplikasi tersebut tidak begitu populer sampai diakuisisi aplikasi “Musical.ly” pada tahun 2017. Musical.ly pada awalnya merupakan aplikasi untuk lip-sincing dan menari mengikuti musik populer. Demografinya terutama remaja. 

Pengguna Tiktok di Indonesia mencapai angka 92,2 juta pengguna, dihitung Per Juli 2021 jumlah ini meningkat. Pada awal pandemi, tepatnya April 2020, pengguna Tiktok hanya mencapai 37 juta pengguna. Data tersebut diambil dari Internal Data, April 2021, Id Audience.

Pengguna aktif Tiktok terbanyak adalah perempuan dengan penggunaan android lebih banyak daripada IOS. Usia penggunanya paling banyak adalah 18-34 tahun dan 36 persen pengguna merupakan pekerja penuh waktu.

Namun, ternyata pada usia 13 tahun sudah mulai banyak yang aktif menggunakan Tiktok. Jika audiens Anda cenderung lebih muda, maka TikTok adalah platform yang bagus untuk dicoba, tetapi generasi yang lebih tua juga menggunakan aplikasi ini.

TikTok sebagian besar dinavigasi melalui beranda yang dikenal sebagai "Four Your Page" (Halaman Untuk Anda), atau disingkat FYP. FYP menggunakan algoritme yang kuat untuk mengarahkan pemirsa yang relevan ke video yang mereka minati. 

Algoritme mempertimbangkan siapa yang Anda ikuti, tetapi sebagian besar membawa Anda ke video pembuat konten yang sesuai dengan minat Anda, apakah Anda mengikuti (follow) mereka atau tidak. 

Algoritma inilah yang memungkinkan orang tiba-tiba populer dalam semalam. Ketika videomu viral, walaupun dengan 0 pengikut/follower di TikTok. Dengan tagar sederhana, dan FYP menyebarkannya. Tiba-tiba ribuan orang menonton video kamu! Dengan link afiliasi, kemungkinan besar kamu bisa menghasilkan uang!

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa TikTok menjadi begitu populer, padahal YouTube telah menjadi media berbagi video lebih awal. Dugaan saya adalah ini terkait dengan rentang perhatian yang menyusut dari generasi smartphone. 

Studi menunjukkan bahwa rentang perhatian menyusut. Rentang perhatian rata-rata sekarang 8 detik dan telah menyusut 25% setiap tahun. 

Video yang lebih pendek mengungguli video yang lebih panjang, dan jika Anda tidak percaya, mengapa YouTube berinvestasi dalam tren ini dan membagikan 100 juta dolar ke Dana Shorts YouTube mereka? Baik Anda pengguna media sosial biasa atau pembuat konten, tidak diragukan lagi ada peluang besar dalam video berdurasi pendek ini.

Bagaimana cara menghasilkan uang di TikTok?


Baiklah, sekarang setelah kita memahami cara kerja TikTok, mari kita bahas menghasilkan uang di TikTok. Ini sangat mirip dengan menghasilkan uang di YouTube. Banyak pembuat konten tidak sepenuhnya memanfaatkan penghasilan mereka di kedua platform. Mari kita ubah itu!

Dana Pembuat TikTok

Sesuatu yang unik untuk TikTok adalah Monetisasi di TikTok. Dana Pembuat TikTok membayar pembuat konten berdasarkan penayangan dan keterlibatan. Dana tersebut memberi insentif kepada orang-orang untuk “meledak” di TikTok dan telah mendorong viralitas aplikasi tersebut. Ada desas-desus bahwa dengan bergabung dengan Dana Pembuat TikTok, TikTok menekan penayangan Anda untuk membayar Anda lebih sedikit. Memanfaatkan afiliasi dan sponsor dapat menjadi cara berpenghasilan tinggi untuk menghasilkan uang untuk diversifikasi jika rumor dana ini benar.

Sponsor/Endorse di TikTok

Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah endorse atau sponsor. Jika Anda sudah banyak followers, bukan tidak mungkin ada pemilik sebuah brand menghubungi Anda untuk meng-endorse atau membuat konten tentang produknya dengan tawaran bayaran tertentu.

Pemasaran Afiliasi TikTok


Pemasaran afiliasi sudah sangat populer di TikTok. Program Shopee Affiliate adalah program paling populer untuk ditautkan dalam pengalaman saya, jadi membaca tentang Shopee Affiliate adalah tempat yang bagus untuk memulai. Dengan kekuatan FYP, ulasan sebuah produk Shopee ditampilkan kepada pembeli yang relevan setiap hari. Saya telah membeli sebuah produk dan membuat reviewnya di TikTok. Ulasan itu memiliki 300k+ suka, dan komentar dipenuhi dengan orang-orang yang mengatakan bahwa mereka ingin membelinya.

Mirip dengan Instagram, TikTok hanya memungkinkan Anda untuk memiliki tautan (link url) di bio Anda. Banyak alat telah mengakali karena hanya diizinkan memiliki satu tautan di bio seseorang. Linktr.ee adalah alat yang populer untuk ini. Linktr.ee memungkinkan Anda untuk membagikan produk yang Anda gunakan untuk aktivitas tertentu melalui tautan afiliasi. 

Perlu dicatat bahwa tautan apa pun yang membawa Anda keluar dari aplikasi TikTok, apakah itu untuk pemasaran afiliasi TikTok atau hanya ke situs web, akan muncul peringatan keamanan dari TikTok bahwa mereka tidak mengetahui tautan tersebut. Teori di balik ini adalah TikTok tidak ingin pengguna meninggalkan aplikasi.

Selain itu, adalah bijaksana untuk membaca aturan program afiliasi untuk penafian (disclaimer) afiliasi sebelum Anda memposting produk.

Sesuatu yang ingin saya tunjukkan adalah bahwa sifat dasar TikTok mengarahkan orang-orang dari seluruh Indonesia ke video yang mereka minati. Memastikan tautan afiliasi yang Anda bagikan diketahui secara global sangat penting untuk penghasilan Anda. 

Ada empat cara Anda dapat menggunakan lalu lintas organik TikTok:

  • Tautan ke URL dari profil Anda (akun bisnis)
  • Arahkan lalu lintas ke profil sosial media lain
  • Promosikan kode kupon/URL di video Anda
  • Tambahkan URL afiliasi ke deskripsi konten Anda


Mari kita lihat bagaimana Anda dapat menerapkan opsi ini untuk Anda.

Tautan ke URL eksternal


TikTok terus mengubah posisinya tentang apakah Anda dapat menambahkan tautan ke video atau tidak.

Sampai sekarang, tampaknya itu bukan pilihan, mungkin karena mereka sudah mulai mendorong iklan berbayar mereka.

Tapi Anda bisa menyiasatinya dengan beberapa cara.

#1 Tingkatkan ke akun bisnis

Akun 'Pribadi' TikTok tidak mengizinkan Anda menempatkan tautan yang dapat diklik di profil Anda.

Tetapi akun 'Bisnis' tidak memiliki batasan itu – upgradenya juga gratis.

Jadi Anda dapat menautkan langsung ke situs web atau blog Anda dari profil TikTok Anda, memonetisasi lalu lintas itu dengan program afiliasi pilihan Anda.

#2 Gunakan halaman jembatan

Tetapi bagaimana jika Anda ingin atau perlu mengarahkan lalu lintas ke beberapa URL atau penawaran afiliasi?

Tidak masalah – cukup gunakan LinkTr.ee.

Ini mirip dengan Linkin.bio oleh Later.com, kecuali ia bekerja dengan TikTok.

Itu juga kebetulan gratis.

Setelah Anda masuk, yang harus Anda lakukan adalah mengklik 'Tambahkan Tautan Baru':

Kemudian lengkapi dua bidang dan geser dari kuning ke hijau untuk mengaktifkan tautan Anda:

Ini jelas tidak serapi dapat menautkan langsung dari konten Anda, tetapi ini lebih baik daripada tidak sama sekali.

Anda dapat membuat daftar pendek posting blog yang dimonetisasi dengan penawaran afiliasi Anda yang paling menguntungkan.

Kemudian tambahkan saja ke profil Linktr.ee Anda.

Dan, tidak, saya belum menguji menambahkan tautan afiliasi langsung ... tapi saya membayangkan mereka tidak disukai.

Posting Komentar untuk "Menghasilkan Uang dari TikTok dengan Affiliate Marketing"