Iklan Header

Membuka Casing Belakang dan Melihat Bagian Dalam Apple Macbook Pro 14" M1 Pro 2021

Kalau ngomongin soal desain Apple memang selalu juara, desain nya selalu nampak mewah dan sejajar dengan harganya yang selalu mahal. Dan bukan hanya luarnya saja, biasanya desain internalnya juga sangat rapi.

Yuk kita lihat bagaimana bagian dalam dari laptop Apple MacBook Pro 14 M1 Pro 2021.

Untuk membongkarnya, kita hanya perlu melepaskan delapan buah sekrup jenis Pentalobe P5 (Bintang 5 ukuran 1.2mm), lalu mencongkel casing belakangnya menggunakan opening pick..

Setelah itu agak digeser casingnya ke arah depan berlawanan dengan engsel atau lubang keluar angin fan.

Dan seperti inilah bagian dalam Macbook Pro 14 M1 Pro 2021..

Yang paling nampak di bagian atas ada cooling system dual fan yang terhubung dengan sebuah heatpipe. 

Yang pasti di bagian tengah itu adalah Chip M1 Pro yang menurut review performanya sangat kencang dan juga cukup dingin.

Di sisi kiri dan kanan chip processor M1 Pro yang tertutup plat hitam memanjang itu pastinya RAM DDR4 2x8GB (16GB) yang tersolder permanen ke mainboard. Ya pastinya tidak bisa di upgrade lagi, tapi ya sudah cukup lah 16GB.

Lalu di bagian tengah ada SSD NVMe yang tersolder juga ke mainboard. Kapasitas SSD di Macbook Pro 2021 ini ada dua pilihan, yaitu 512GB dan 1TB. Dan tidak removable ya alias tidak bisa diupgrade karena sudah tersolder.

Jadi pastikan di awal sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Saya sebagai pengguna Windows devices sih gak begitu ngerti apakah kapasitas 1TB kebawah sudah cukup atau tidak, yang pasti kalau masih kurang ya harus ditambah dengan penyimpanan eksternal.

Lalu bagian bawah terdapat 6 buah cell baterai berkapasitas 70Wh.

Nah, mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan untuk jeroan Macbook Pro 14" tahun 2021. Semoga bermanfaat!

Pics sources: Apple, LaptopMedia.


Posting Komentar untuk "Membuka Casing Belakang dan Melihat Bagian Dalam Apple Macbook Pro 14" M1 Pro 2021"