Iklan Header

Cara Buka Casing Belakang dan Ganti Baterai Realme 8i/8 Series

Sebelumnya Elppas sudah membahas Realme 8i ini dalam format FAQ, sekarang mari kita lihat sedikit jeroannya dengan membuka casing belakangnya. Kita lihat build dalamnya, spesifikasi baterainya, serta tutorial mengganti baterainya.

Baterai Realme 8i ini memiliki kapasitas yang cukp besar yaitu 5000mAh, jadi mungkin masa pakainya bakalan awet hingga 2 tahun kedepan. Bagaimanapun suatu saat baterai pasti akan habis masa pakainya dengan gejala boros, cepat habis, drop atau bahkan kembung. Dan saat itulah baterai perlu diganti.


Oh iya, Realme 8i ini juga mirip-mirip dengan Realme 8/8Pro/8s/5G, jadi kurang lebih sama cara membongkar dan ganti baterainya.

Sebelum bongkar, Anda memerlukan beberapa peralatan, tools kit dan obeng berikut ini:
  • SIM card tray ejector
  • Opening pick seperti pick gitar atau prying tool
  • Obeng phillips #00 atau plus ukuran 1.5~2.0mm
  • Spudger

Jika belum punya, Obeng dan tools kit bisa di beli di tokopedia.com/elppastore atau shopee.co.id/elppastore.

Rekomendasi baterai:

Kalau sudah siap, langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Realme 8 Series


Seperti biasa sebelum bongkar-bongkar, pastikan ponsel nya dalam keadaan mati (power off) dan juga keluarkan terlebih dahulu SIM card tray dengan eject tool yang diberikan dalam paket penjualan..
 

Casing belakang Realme 8 serires ini terbuat dari plastik polycarbonate yang ditempel dengan lem ke frame. Jadi untuk membukanya kita harus memanaskannya menggunakan heat gun untuk melelehkan lemnya sehingga mudah dibuka.

Panaskan di sisi-sisi sekeliling casing belakang..

Setelah kira-kira lemnya meleleh, kita bisa gunakan suction cup untuk mengangkat dan memasukkan opening pick..

Geser opening pick ke sekeliling casing, apabila susah, bisa panaskan lagi dengan heat gun agar lemnya meleleh.

Casing belakang akan bisa dilepaskan seperti ini..


Selesai tutorial membuka casing belakang.

Jika ingin membuka dan mengganti baterai, silahkan lanjut ke tutorial berikutnya..

Spesifikasi Baterai Original Realme 8i


Sebelum bongkar untuk ganti baterai, kita lihat dulu spesifikasi baterai original bawaan Realme 8i ini. Pastikan jika ingin mengganti baterai, Anda jangan sampai salah beli baterainya.

Berikut spesifikasi baterai ori Realme 8i:

 

  • Type: Li-ion Polymer Battery
  • Model: BLP877
  • Limited Charge Voltage: 4.45Vdc
  • Rated Capacity: 4890mAh/18.92Wh
  • Nominal Voltage: 3.87Vdc
  • Typical Capacity: 5000mAh/19.35Wh
Dimana membeli baterai Realme yang original? Yang ori ya cuma di Realme Service Center. Bawa HP nya kesana dan langsung diganti baterai disana, karena tidak bisa beli baterainya saja. Biasanya biaya kisaran 250-400rb.

Selain itu, mungkin banyak yang jual di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll., tapi perlu di ingat bahwa baterai yang dijual di marketplace atau toko sparepart umum biasanya baterai tiruan, OEM atau KW, jadi perlu hati-hati karena barang KW suka ada grade-grade nya. Pastikan Anda membeli yang kualitasnya bagus supaya tidak boros atau cepat habis karena kapasitas tidak sesuai.

Saya pribadi lebih suka yang OEM bermerk seperti Hippo, Vizz, Rakkipanda, Xidol, dan sejenisnya.

Lanjut, kita ke tutorial mengganti baterai..

Langkah 2: Mengganti Baterai Realme 8i


Melanjutkan Langkah 1, casing belakang telah terbuka, namun konektor fingerprint dan baterai belum bisa dilepas karena tertutup midframe/cover mainboard.

Untuk membukanya, lepaskan semua sekrup/baut dengan menggunakan obeng plus ukuran #00 (2.0mm).

Perhatian! Ada sebuah skrup yang dilindungi stiker garansi, merusaknya berarti garansi void/tidak berlaku. Tapi karena ganti baterai biasanya diatas 1 tahun, jadi mungkin sudah tidak garansi lagi.

Setelah sekrup dilepas, untuk membuka midframe, kita harus congkel sekelilingnya dengan menggunakan opeing pick lagi seperti membuka casing belakang tadi..

 

Lalu, kita bisa melepaskan konektor baterai dan konektor sidik jari. Wajib konektor baterai terlebih dahulu agar lebih aman untuk melepas komponen lain. 

Setelah konektor baterai dilepas, untuk melepas baterai ponsel Realme 8i, disana ada pull-tab berwarna hijau yang bisa ditarik keatas untuk mengangkat baterai.

Kelupas plastik putih di baterai dan tarik pull-tab hijau secara perlahan dan hati-hati..

 


Setelah baterai terbuka, silahkan ganti dengan baterai baru. Jangan lupa tes nyala terlebih dahulu untuk memastikan baterai penggantinya berfungsi normal. Setelah itu, silahkan pasang kembali semuanya seperti semula.

Baca Juga: Cara Membuka LCD dan Mengganti Baterai iPhone X

Demikian tutorial cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Realme 8i. Gunakan panduan ini secara bijak dan kami tidak bertanggungjawab apabila terjadi masalah pada ponsel Anda. Lakukan itu dengan resiko Anda sendiri. Semoga bermanfaat! 

Pics source: Akmal Riadi Youtube channel.

Posting Komentar untuk "Cara Buka Casing Belakang dan Ganti Baterai Realme 8i/8 Series"