Iklan Header

Windows 11: Tanggal rilis, System Requirements, Fitur Baru dan semua yang perlu Anda ketahui

Microsoft telah mengumumkan rencana untuk segera merilis Windows 11. Ternyata Windows 10 bukanlah versi terakhir dari Windows, tapi tidak apa-apa, karena Windows 11 akan gratis untuk semua pengguna Windows 10, dan menyertakan banyak fitur baru dan peningkatan dari versi Windows saat ini. Ini semua yang perlu Anda ketahui.

 



Tanggal rilis Windows 11


Microsoft mengatakan bahwa mereka mengharapkan untuk mulai merilis Windows 11 pada 5 Oktober untuk PC baru dan yang sudah ada. Update akan diluncurkan dalam pendekatan terukur dan bertahap dan hanya akan ditawarkan pada PC yang ada jika memenuhi syarat dengan memenuhi persyaratan sistem Windows 11.

Anda sekarang dapat melihat apakah PC Anda memenuhi persyaratan minimum baru untuk Windows 11. Ada juga beberapa persyaratan "keras" dan "lunak", termasuk jenis CPU, meninggalkan banyak fleksibilitas untuk perangkat keras mana yang bisa mendapatkan Windows 11.

Microsoft mengizinkan Windows Insiders untuk mulai menguji sistem operasi baru pada minggu 28 Juni 2021. Sejak itu, beberapa build Insider dirilis.

System Requirements Windows 11


Windows 11 menampilkan serangkaian persyaratan sistem baru yang telah ditetapkan Microsoft untuk memastikan semua PC Windows 11 bekerja secara optimal di departemen keamanan dan stabilitas.

Persyaratan sistem minimum adalah sebagai berikut:

  • Prosesor dual-core 1GHz 64-bit modern, 
  • RAM 4GB, 
  • drive 64GB, 
  • layar 9-inci, resolusi 1366x768, 
  • UEFI, Secure Boot & kompatibel TPM 2.0,
  • Grafik yang kompatibel dengan DirectX 12/WWDM 2.x


Salah satu perubahan terbesar pada persyaratan sistem Windows dengan Windows 11 adalah bahwa OS sekarang hanya tersedia pada prosesor 64-bit. Microsoft tidak merilis OS versi 32-bit, meskipun aplikasi 32-bit akan terus berfungsi dengan baik.

Microsoft juga membatasi PC Windows 11 yang didukung secara resmi untuk PC yang menggunakan Intel generasi ke-8 (atau setara) ke atas. Ini berarti jika Anda memiliki CPU yang lebih tua dari Intel Generasi ke-8, kemungkinan besar Anda tidak akan dapat menjalankan Windows 11 secara resmi saat dirilis akhir tahun ini.

Mengikuti pertimbangan lebih lanjut oleh Microsoft, daftar CPU yang didukung secara resmi telah diperbarui untuk menyertakan beberapa chip Intel 7th Gen. Terutama, Microsoft Surface Studio 2 akan secara resmi mendukung Windows 11.

Windows 11 juga memerlukan ukuran layar minimal 9 inci, artinya kita tidak akan melihat ponsel atau tablet mini 8 inci dengan Windows 11. Microsoft juga telah meningkatkan penyimpanan drive yang diperlukan menjadi 64GB, naik dari 16GB pada Windows 10. Hal yang sama berlaku untuk RAM, dari 2GB menjadi 4GB.

Fitur baru Windows 11


Windows 11 menyertakan sejumlah besar fitur dan perubahan baru yang membedakannya dari Windows 10. Untuk memulai, Windows 11 menampilkan desain antarmuka pengguna (UI) baru, dibangun dari awal dengan mempertimbangkan kesederhanaan dan kemudahan penggunaan. Microsoft telah mencoba menyederhanakan UI di sebanyak mungkin area, menciptakan ruang yang bersih dan lancar untuk bekerja dan bermain.

Microsoft mengatakan UI baru akan membantu Anda tetap produktif atau dalam alur kreatif Anda, karena OS melakukan yang terbaik agar tetap mudah diakses. Perusahaan menambahkan fitur produktivitas baru yang membantu Anda tetap dalam alur, seperti fungsionalitas baru seperti menu "Snap Navigator" baru yang muncul dari tombol maximize jendela aplikasi. Ini memungkinkan Anda memasang aplikasi ke kumpulan tata letak kisi yang telah ditentukan sebelumnya tanpa perlu menyeret jendela ke tepi layar.

 



Ada juga aplikasi Obrolan baru yang terpasang langsung di Taskbar, yang memungkinkan Anda berbagi file, teks, dan video dengan teman, keluarga, atau kolega melalui Microsoft Teams untuk konsumen. Microsoft mengintegrasikan Teams ke Windows 11 dengan cara lain, seperti dengan kemampuan untuk berbagi jendela aplikasi ke dalam panggilan Teams langsung dari Taskbar, serta menonaktifkan mikrofon Anda dari area System Tray.

Microsoft telah membangun pengalaman menu Start dan Taskbar baru, sekarang dipusatkan secara default. Live tiles sudah tidak ada, dan sebagai gantinya adalah kisi-kisi ikon aplikasi yang dapat diatur ulang. Aplikasi yang disematkan dan berjalan di Taskbar sekarang juga terpusat, dan ada banyak animasi halus baru saat mengklik dan memindahkan sesuatu. System Tray dan Action Center telah di-tweak untuk mencocokkan ini, dengan Notifications dan Quick Actions sekarang dibagi menjadi dua menu terpisah.

Quick Actions sekarang dikenal sebagai Quick Settings dan muncul saat Anda mengeklik ikon System di ujung kanan Taskbar. Dari sini, Anda dapat terhubung ke Wi-Fi atau perangkat Bluetooth, mengaktifkan lampu malam, mengonfigurasi mode fokus, dan banyak lagi. Mengeklik tanggal dan waktu akan membuka tampilan kalender dan notifikasi Anda.

 
Sumber: Microsoft


Ada juga pengalaman baru di luar kotak, layar kunci, dan UI File Explorer modern. Microsoft juga memperkenalkan panel "Widget" baru yang menampung fitur-fitur seperti To Do, Kalender, Foto, dan berita dari MSN.

Secara keseluruhan, Windows 11 adalah sistem yang jauh lebih terbuka dibandingkan dengan Windows 10 dan pendahulunya.

Terakhir, Microsoft berbicara tentang bagaimana Windows 11 dibuat untuk para gamer dengan fitur-fitur baru seperti Auto HDR, Direct Storage, dan DirectX 12 Ultimate.

Windows 11 memiliki peningkatan baru untuk layar Touchscreen


Windows 10 cukup tertinggal dalam hal pengalaman sentuh, jadi senang melihat Microsoft sekali lagi fokus mencoba membuat pengalaman sentuh yang baik di Windows 11. Microsoft menambahkan sejumlah gerakan dan fitur baru yang dirancang untuk membuat Windows 11 terasa cepat dan lancar pada tablet.

Microsoft telah meningkatkan ukuran kotak klik di sekitar jendela aplikasi sehingga lebih mudah untuk mengubah ukurannya saat menggunakan sentuhan. Ada juga banyak animasi halus baru yang terlibat saat memanipulasi jendela untuk membuat pengalaman sentuh terasa lebih lancar dan asli dari OS.

Pengguna sekarang dapat menggunakan gerakan tiga atau empat jari untuk menghapus aplikasi dan membuka Task View. Microsoft juga telah menambahkan Keyboard Sentuh baru dengan dukungan tema seperti SwiftKey dan integrasi panel emoji baru dengan dukungan untuk hal-hal seperti gif. Untuk pengguna pena, Pen Workspace telah diperbarui dengan UI baru dan kemampuan untuk menyematkan aplikasi apa pun ke bilah peluncuran cepat Pena.

Sekarang Anda juga dapat mengonfigurasi apa yang dilakukan satu ketukan, ketuk dua kali, dan ketuk dan tahan pada Surface Pen Anda. Anda dapat membuatnya membuka aplikasi atau fungsi apa pun pilihan Anda, yang dibangun langsung ke dalam Windows 11.

Windows 11 memiliki Microsoft Store baru

 

Sumber: Microsoft


Salah satu pengumuman besar sebagai bagian dari Windows 11 adalah bahwa Microsoft sedang membangun toko aplikasi baru. Aplikasi Microsoft Store baru ini menampilkan UI baru yang cocok dengan Windows 11 lainnya, tetapi itu bukan berita besar. Microsoft mengubah beberapa kebijakan yang mengatur jenis aplikasi apa yang diizinkan masuk ke etalase.

Windows 11 Store AdobeAdobe Creative Suite akan tersedia melalui Microsoft Store baru.

Dengan Microsoft Store baru, pengembang aplikasi sekarang dapat mengirimkan aplikasi Win32 yang belum dikemas dalam bentuk .exe atau .msi. Pengembang juga dapat menggunakan jaringan pengiriman konten mereka sendiri, dan platform perdagangan mereka sendiri, tanpa Microsoft mengurangi pendapatan yang dihasilkan. Ini akan membuka pintu ke hampir semua aplikasi di platform Windows untuk didaftarkan dan ditemukan di Microsoft Store oleh pengguna.

Microsoft mengatakan mereka menambahkan aplikasinya sendiri, seperti Teams, Office, dan Visual Studio, ke Microsoft Store baru untuk menunjukkan kepada dunia bahwa mereka serius dengan upaya Store baru ini, dan berharap pengembang aplikasi lain seperti Mozilla dan Adobe mengikutinya.

Microsoft juga mengumumkan bahwa aplikasi Android seperti TikTok akan didukung di Windows 11 dan Microsoft Store baru. Dukungan aplikasi Android tidak akan dikirimkan dengan Windows 11 saat pertama kali diluncurkan, tetapi harus memasuki pengujian pratinjau pada Musim Gugur 2021. Dukungan untuk aplikasi Android akan tiba di Windows 11 paling cepat pada tahun 2022.

Windows 11 kembali ke pembaruan besar setiap setahun


Microsoft telah mengumumkan bahwa dengan Windows 11, perusahaan akan kembali merilis hanya satu pembaruan fitur utama dalam setahun. Pada Windows 10, Microsoft mencoba mengirimkan dua pembaruan utama ke OS tetapi sering kali kesulitan melakukannya tanpa bug besar yang menyebabkan masalah bagi pengguna akhir.

Kembali ke satu pembaruan besar setahun akan menyelaraskan Windows 11 dengan sisa kompetisi dan memberi Microsoft lebih banyak waktu untuk membangun fitur baru untuk setiap rilis baru, membuat setiap versi baru lebih bermakna dari sebelumnya. Windows 11 diperkirakan akan dikirimkan pada musim gugur ini, yang kemungkinan berarti kami akan mendapatkan pembaruan fitur baru menjelang akhir setiap tahun.

Windows 11 akan menjadi upgrade gratis


 

Sumber: Microsoft


Seperti disebutkan di atas, Windows 11 akan dikirimkan akhir tahun ini dan akan ditawarkan sebagai upgrade gratis untuk pengguna Windows 10. Microsoft mengatakan tidak ada batasan waktu untuk ini, artinya Anda tidak perlu segera memutakhirkan ke Windows 11 jika tidak mau.

Namun, OEM masih harus membayar untuk lisensi Windows 11. Lisensi itu sendiri tidak gratis, tetapi jika Anda meningkatkan dari Windows 10, Anda dapat mempertahankan lisensi Anda dan karenanya tetap diaktifkan. Ini persis bagaimana cara kerjanya dengan perpindahan dari Windows 7 dan Windows 8 ke Windows 10. Kami juga berharap Windows 11 tersedia untuk pembelian mandiri bagi konsumen, seperti Windows 10.

Cara cek apakah Laptop/PC Anda mendukung Windows 11

Untuk mengetahui apakah spesifikasi laptop/PC Anda support dengan Windows 11 atau tidak, Anda bisa menggunakan software PC Health Check.

Silahkan search di Google dan download PC Heath Check. Agar lebih mudah bisa download di situs pihak ke-3 saja seperti (https://www.filehorse.com/download-pc-health-check/).

Setelah download, lalu install dan jalankan, lalu klik tombol "Check now" dan akan muncul hasilnya apakah support atau tidak. Seperti contoh screenshot ini bahwa laptop Microsoft Surface Pro 5 saya belum mendukung Windows 11 secara resmi..


Jika hasilnya menampilkan "This PC doesn't meet Windows 11 system requirements", maka PC Anda tidak bisa upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 secara otomatis dan gratis.

Tetapi masih memungkinkan untuk diinstall Windows 11 melalui file ISO.

Posting Komentar untuk "Windows 11: Tanggal rilis, System Requirements, Fitur Baru dan semua yang perlu Anda ketahui"