Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Q&A Microsoft Surface Pro X: Bisa Upgrade SSD, RAM, Ganti Baterai, SD Card Slot, HDMI?

Q: Bisakah Anda mengganti SSD Microsoft Surface Pro X?

A: Secara teknis ya! semua model Surface Pro X dilengkapi dengan SSD M.2 2230 yang dapat diganti yang terletak di bawah penyangga di samping slot nano-SIM. Jadi jika Anda ingin menambahkan lebih banyak penyimpanan ke Surface Pro X.

Q: Apakah Surface Pro X memiliki slot kartu SD?

A: Tidak. Tidak seperti Surface Pro tradisional, Surface Pro X tidak memiliki slot kartu MicroSD. Namun sebagai gantinya, ia hadir dengan hard drive SSD yang dapat dilepas, sehingga Anda dapat dengan mudah menukarnya dengan yang lebih besar saat diperlukan. 

Q: Bisakah Anda menambahkan RAM ke Microsoft Surface Pro X?

A: Tidak, Anda tidak bisa! semua model Surface Pro X dilengkapi dengan memori solder LPDDR4x saluran ganda 2.133 MHz dan tidak ada slot RAM tambahan untuk ekspansi. Jadi, pastikan Anda membeli model Surface Pro X dengan jumlah memori yang tepat (8 GB dan 16 GB).

Q: Port apa yang tersedia di Microsoft Surface Pro X?

A: Ada 6 port dan slot yang tersedia di Microsoft Surface Pro X:

  • 1 x Surface Connect + (mendukung pengisian daya dan docking).
  • 1 x konektor Surface Pro X Type Cover.
  • 2 x USB Type-C 3.1 Gen 2 (mendukung kecepatan transfer 10Gpbs, pengisian daya, dan keluaran video).
  • 1 x SSD yang Dapat Dilepas.
  • 1 x slot sim Nano LTE.

Q: Apakah Surface Pro X memiliki port USB-C?

A: Ya, benar! Semua model Surface Pro X hadir dengan dua port USB Type-C 3.1 Gen 2 sebagai standar. Port tersebut mendukung transfer data (dengan kecepatan hingga 10Gbps atau 1,25GB / s), display output, dan pengisian daya. Itu terletak di sisi kiri perangkat. Berikut spesifikasi lengkap dari port USB-C.

  • Port USB Type-C.
  • Standar USB 3.1 Gen 2.
  • Transfer hingga 10Gbps atau 1,25GB / dtk.
  • Mendukung Mode Alt DisplayPort 1.4 dan Audio Digital.
  • Mendukung hingga dua 4K UHD (3840 × 2160 @ 60Hz).
  • Mendukung Power Delivery revisi 3.0 dengan aturan daya 5v, 9v, 15v, dan 20v mendukung pengisi daya dengan daya 45W atau lebih besar. Ini juga kompatibel dengan PD 2.0.

Q: Bisakah Anda mengisi daya Microsoft Surface Pro X melalui port USB-C?

A: Ya kamu bisa. Port USB-C 3.1 di Microsoft Surface Pro X mendukung pengisian daya cerdas bersama dengan transfer data dan kemampuan output video. Ini mendukung USB Power Delivery revisi 3.0 yang mendukung 4 aturan daya berbeda (5v, 9v, 15v, dan 20v) dengan kemampuan untuk memasok daya hingga lebih dari 45W. 

Q: Bagaimana cara mengisi daya Microsoft Surface Pro X melalui USB-C?

A: Sangat mudah untuk mengisi daya Surface Pro X Anda melalui USB-C. Sama seperti konektor Surface Connect, konektor USB-C itu sendiri dapat dibalik, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang plug-in yang salah. Bagaimanapun, ada 2 cara untuk mengisi daya Surface Anda melalui USB-C bergantung pada port pengisi daya yang tersedia:

  1. USB-A ke USB-C: Anda dapat mengisi daya Surface Pro X dengan pengisi daya USB standar atau powerbank portabel apa pun dengan kecepatan pengisian daya yang baik (setidaknya 5V / 1,5A) dengan menyambungkannya dengan kabel USB-A ke USB-C .
  2. USB-C ke USB-C: Jika Anda memiliki pengisi daya USB-C PD, yang sangat disarankan, dan mereka menggunakan port USB-C, Anda dapat mengisi daya Surface Pro X dengan menyambungkannya dengan USB-C ke USB Kabel -C.

Q: Apakah Surface Pro X memiliki port Ethernet?

A: Tidak! Tidak ada port Ethernet (RJ-45) yang tersedia di Surface Pro X. Namun, Anda dapat menggunakan adaptor USB-C, hub, atau dok yang memiliki port Ethernet untuk menyambungkan ke port USB-C Surface Pro X, sehingga Anda dapat memasang kabel jaringan untuk menyambung ke LAN Anda. Karena port USB-C 3.1 Gen 2 memiliki bandwidth tinggi (hingga 10 Gbps), Anda dapat memilih adaptor Gigabit Ethernet untuk bandwidth yang lebih tinggi tanpa masalah apa pun.

Q: Apakah Surface Pro X memiliki port HDMI?

A: Tidak! Tidak ada port HDMI yang tersedia di Surface Pro X. Namun, Anda dapat menggunakan adaptor USB-C, hub, atau dok yang memiliki port HDMI untuk menyambungkan ke port USB-C Surface Pro X.

Q: Apakah Microsoft Surface Pro X memiliki port USB ukuran penuh?

A: Tidak! Tidak ada port USB (USB-A) ukuran penuh yang tersedia di Surface Pro X. Namun, Anda dapat menggunakan adaptor, hub, atau dok USB-C yang memiliki satu atau beberapa port USB ukuran penuh untuk menyambungkan ke Surface Pro X port USB-C.

 

Q: Apakah Microsoft Surface Pro X mendukung Grafik eksternal (eGPU)?

A: Tidak! Saat ini, semua unit pemrosesan grafik eksternal standar memerlukan teknologi Thunderbolt 3 untuk menyediakan bandwidth yang cukup (hingga 40Gbps) untuk mentransfer data grafik antara laptop dan GPU eksternal (eGPU). Sayangnya, Microsoft Surface Pro X hanya memiliki USB-C 3.1 Gen 2 yang memiliki bandwidth maksimal 10Gbps.

Q: Apakah Microsoft Surface Pro X mendukung Pengenalan Wajah Windows Hello?

A: Ya, benar! Semua model Surface Pro X mendukung Windows Hello Face Authentication (juga dikenal sebagai Face ID) yang memungkinkan Anda masuk ke akun lebih cepat, lebih mudah, dan lebih aman dengan wajah Anda. Itu juga dilengkapi dengan kamera Windows Hello Infrared (IR) yang ditingkatkan yang dapat mengenali dan memasukkan Anda secara signifikan lebih cepat dibandingkan dengan perangkat Surface yang lebih lama.

Q: Apakah Microsoft Surface Pro X tanpa kipas?

A: Ya, benar. Microsoft Surface Pro X menggunakan chip Microsoft SQ1 yang didasarkan pada arsitektur ARM yang tidak memerlukan kipas untuk pendinginan aktif.

Q: Prosesor apa yang digunakan di Microsoft Surface Pro X?

A: Microsoft Surface Pro X hanya memiliki satu konfigurasi prosesor yaitu Microsoft® SQ1 ™ yang dibuat dari kolaborasi antara Microsoft dan Qualcomm, dengan fitur utama berikut:

  • Unit Pemrosesan: Prosesor berbasis bersenjata, 8 core, 7W, 3,00 GHz, mesin AI 9 teraflop terintegrasi.
  • Unit Grafik: GPU Microsoft® SQ1 ™ Adreno ™ 685, kekuatan pemrosesan grafik 2,1 teraflop.
  • Unit Nirkabel: Modem Qualcomm® Snapdragon ™ X24 LTE: hingga Gigabit LTE Advanced Pro dengan dukungan nanoSIM dan eSIM. Band LTE yang didukung: 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 14, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 38, 39, 40, 41, 46, 66. 

Q: Berapa berat Surface Pro X dengan dan tanpa keyboard atau Surface Pro X Type Cover?

A: Berikut adalah berat Surface Pro X dengan dan tanpa Surface Pro X Type Cover atau keyboard:

  • Surface Pro X tanpa keyboard: 1,706 lbs (774 g)
  • Surface Pro X dengan keyboard Cover Surface Pro X Type: 2,446 lbs (1,109 g)
  • Penutup Jenis Signature Surface Pro X dengan Pena Ramping: 2,326 lbs (1,055 g)
  • Berat Pena Surface Slim: 0,01 lbs (14 g). 

Q: Apakah Surface Pro X Bisa Diganti Baterai?

A: Bisa. Hanya saja caranya agak rumit. Anda harus membuka LCD disassembly, membongkar seluruh komponen hingga motherboard. Lalu melepaskan baterai yang merekat dengan lem ke casing belakang perangkat.

 

Sumber foto: Ifixit, Baseus.

Posting Komentar untuk "Q&A Microsoft Surface Pro X: Bisa Upgrade SSD, RAM, Ganti Baterai, SD Card Slot, HDMI?"