Iklan Header

Cara Membongkar Microsoft Surface Pro 5, Bisa Upgrade RAM/SSD dan Ganti Baterai?

Bagaimana cara membongkar Laptop Tablet (2in1) Microsoft Surface Pro 5? 

Karena bagian utama device ini adalah "tablet"-nya, maka yang bisa dibongkar adalah bagian tersebut dimulai dengan cara melepaskan layarnya.

Untuk membuka layarnya yang di lem ke bagian frame, kita harus memanaskan semua sisi layarnya dengan heatgun agar lem-nya melumer, setelah dipanaskan, kita gunakan suction cup untuk mengangkat sedikit LCD dan membuat celah untuk memasukkan opening tool..

 


Geser opening pick ke sekeliling kaca LCD dengan super hati-hati karena rawan retak.

Apakah Microsoft Surface Pro 5 Bisa Upgrade SSD dan RAM?

Tidak, tidak bisa upgrade SSD! Semua model Surface Pro 5 dilengkapi dengan SSD yang disolder. Jadi, pastikan Anda membeli model Surface Pro 5 dengan jumlah Penyimpanan SSD yang tepat (128 GB, 256 GB, 512 GB, atau 1 TB).

Opsi lain untuk menambah kapasitas penyimpanan adalah dengan menambahkan MicroSD melalui slot yang terdapat di bagian belakang perangkat.

Upgrade RAM juga tidak bisa, karena perangkat ini menggunakan RAM LPDDR4X yang disolder ke motherboard. Jadi, pastikan saat membeli kapasitas RAM sudah sesuai dengan kebutuhan Anda (4GB/8GB).

 


Bisakah Microsoft Surface Pro 5 Diganti Baterai?

Bisa. Hanya saja caranya agak rumit. Anda harus membongkarnya dengan melepaskan LCD assembly seperti yang sudah dijelaskan diatas. Lalu membongkar semua komponen seperti sistem pendingin (heat sink) hingga melepaskan mainboard.

Setelah semua dibongkar, juga masih ada tantangan lain untuk melepaskan baterai yang melekat ke bodi dengan lem.


Selain itu, harga baterainya juga mahal.

Jadi kalau sudah mentok, lebih baik upgrade semuanya saja, jual dan beli baru :)

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Membongkar Microsoft Surface Pro 5, Bisa Upgrade RAM/SSD dan Ganti Baterai?"