Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Itu CCTV IP Camera? - Bagaimana Cara Kerjanya & Apa Manfaatnya?

Apa itu IP Camera?

IP (Internet Protocol) camera adalah jenis kamera video digital yang biasa digunakan untuk pemantauan keamanan dan dapat mengirim dan menerima data melalui jaringan komputer dan internet. Walaupun webcam juga dapat melakukan hal ini namun istilah ” IP Camera” atau “Network Kamera” biasanya hanya digunakan untuk sistem pengawasan keamanan. IP Kamera pertama digunakan pertama kali pada tahun 1996.

Jadi tidak bisa tanpa internet ya guys! Sebelum beli IP Camera, pastikan dulu ada jaringan internet WiFi di tempat Anda.

Bagaimana cara kerja kamera IP?

Kamera IP menangkap gambar dengan cara yang hampir sama seperti kamera digital, dan memampatkan file untuk dikirim melalui jaringan. Kamera IP dapat digunakan dengan jaringan kabel yang terhubung melalui kabel ethernet ke modem broadband atau router, atau secara nirkabel (wireless) melalui router WiFi.

Sebelum beli CCTV IP Camera pastikan dulu apakah mendukung WiFi atau kabel ethernet atau keduanya. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis IP Camera


Ada 2 jenis IP camera, diantaranya:

  • IP kamera terpusat. Jenis IP Camera ini memerlukan pusat Network Video Recorder (NVR) untuk merekam video dan manajemen alarm.
  • IP camera desentralisasi. Jenis IP kamera CCTV ini tidak memerlukan pusat NVR karena kamera telah memiliki fungsi perekam built-in sehingga dapat merekam langsung ke media penyimpanan seperti SD card, NAS (Network Attached Atorage), komputer atau server.

IP Camera murah meriah biasanya tidak memerlukan NVR, hanya perlu SD card untuk merekam.

Bagaimana cara mengatur (setting) Kamera IP?


Menyiapkan Kamera IP relatif sederhana, langkah-langkah setting pada umumnya seperti:

  1. Meletakan posisi kamera di tempat yang strategis.
  2. Nyalakan kamera dengan menghubungkan ke listrik melalui adapter (biasanya seperti smartphone yang di cas).
  3. Install aplikasi dari vendor kamera di ponsel Anda, atau di laptop/pc jika mendukung.
  4. Jakankan aplikasinya lalu ikuti langkah-langkahnya (baca di buku panduan yang diberikan). Pada saat setting biasanya melalui aplikasi tersebut, si kamera akan dikoneksikan ke jaringan internet. Jadi pastikan ada tersedia WiFi di area kamera tersebut diletakan. Ada juga kamera yang mendukung kabel LAN.
  5. Setelah setup selesai, maka Anda bisa terhubung dan mengontorl kamera melalui aplikasi di ponsel atau laptop (jika mendukung).


Apa keuntungan dari Kamera IP?


Gambar yang diambil dengan kamera IP dapat dilihat dari mana saja melalui internet, baik melalui smartphone, laptop atau PC (tergantung fitur di IP Camera-nya). Dalam banyak kasus, selain dapat melihat rekaman video dan mendengarkan streaming audio, kamera juga dapat dikontrol dari jarak jauh.

Kamera IP adalah solusi keamanan serba guna, hanya memerlukan koneksi jaringan. Tidak perlu kabel koaksial dan server komputer. Mereka dapat digunakan sebagai solusi sementara atau permanen, dan dipindahkan jika diperlukan.

Kamera IP tersedia untuk penggunaan di dalam dan di luar ruangan, dengan fungsionalitas siang dan malam, dan dengan kemampuan untuk menggeser atau zooming baik dari jarak jauh atau melalui perintah operator. Apakah Anda memerlukan keamanan terbuka atau terselubung, tersedia berbagai jenis kamera IP.

Posting Komentar untuk "Apa Itu CCTV IP Camera? - Bagaimana Cara Kerjanya & Apa Manfaatnya?"