Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa itu Memory Rank pada RAM? Single Rank atau Dual Rank yang Lebih Baik?

Apa itu Memory Rank?


Istilah "rank" dibuat oleh JEDEC, grup standar industri memori.

Memory Rank adalah blok atau area data yang terdiri dari beberapa, atau semua, chip DRAM pada modul (keping memori). Hanya satu rank yang dapat diakses dalam satu waktu.

Sebuah rank adalah blok data dengan lebar 64 bit. Pada sistem yang mendukung Error Correction Code (ECC), biasanya RAM server, ada tambahan 8 bit, yang membuat blok data selebar 72 bit. 

Dalam satu keping memori mungkin memiliki satu, dua, atau empat blok area data. Ini disebut sebagai Single-rank, Double-rank, dan Quad-rank.

Produsen memori biasanya menunjukkan ini pada label modul sebagai 1Rx8, atau 2Rx4, 2Rx8, atau sejenisnya.


x4 dan x8 mengacu pada jumlah bank dalam chip memori. Angka tersebut, bukan jumlah chip memori individu pada PCB, yang menentukan rank modul yang telah jadi. Dengan kata lain, jika sebuah modul memiliki deretan chip di kedua sisi PCB (depan belakang), modul tersebut bisa saja single-rank, double-rank, atau quad-rank, tergantung pada bagaimana chip tersebut dirancang.

Jumlah DRAM fisik bergantung pada bandwidth masing-masing. Misalnya, rank DRAM ×8 (lebar 8-bit) akan terdiri dari delapan chip fisik (8 x 8 bit = 64 bit), atau sembilan jika mendukung ECC (9 x 8 bit = 72 bit), tetapi rank DRAM ×4 (lebar 4-bit) akan terdiri dari 18 chip fisik, karena biasanya 4-bit untuk server yang mendukung ECC.

Perhatikan gambar dibawah ini: 1Rx8, artinya Single-rank dengan 8 chip 8 bit.


Sedangkan untuk gambar ini: 2Rx8, artinya Dual-rank dengan masing-masing 8 chip 8 bit.


Memiliki modul (keping) dengan dual atau empat rangk seperti memiliki dua atau empat modul DRAM yang digabungkan menjadi satu modul. Misalnya, Anda dapat langsung beralih dari empat modul RDIMM 4 GB single rank ke sekeping modul RDIMM quad-rank 16 GB (dengan asumsi sistem kompatibel dengan RDIMM 16 GB).

Kekurangan dari modul dengan rank yang lebih tinggi adalah bahwa server terkadang memiliki batasan pada berapa banyak rank yang dapat mereka atasi. Misalnya, server dengan empat slot memori mungkin dibatasi hingga total delapan rank. Ini berarti Anda dapat menginstal empat modul single rank atau empat modul double rank tetapi hanya dua modul quad rank, karena menginstal lebih banyak akan melebihi jumlah rank yang dapat ditangani.

Mengenai masalah rank dan batasan rank, sebaiknya Anda membaca dokumentasi pabrikan untuk pedoman dan arahan yang berlaku untuk sistem (mainboard) spesifik Anda.

Cara melihat RAM Anda single atau dual rank? 


Untuk melihat berapa rank pada RAM Anda, bisa dengan langsung melihat di labelnya seperti ini.. Biasanya ada kode 1Rx8, 2Rx8, atau sejenisnya..

Namun jika tidak tertera pada label, dan jika RAM terpasang dalam PC/laptop, Anda bisa menggunakan software CPU-Z. Informasi Ranks RAM terdapat pada tab SPD..


Jika tidak ada di label, mungkin bisa dilihat spesifikasinya di situs resmi merk RAM tersebut. Atau bisa juga ditebak (untuk RAM non-ECC) dengan cara menghitung chip yang menempel pada RAM. 8 chip biasanya single-rank dan 16 chip biasanya dual-rank. Kecuali untuk x4 yang sering ada di RAM server maka chip-nya akan menjadi 16+2 per rank.

Single Rank vs Dual Rank: Kompatibilitas


Kompatibilitas adalah aspek lain pada RAM single rangk vs dual rank. Faktanya, sebagian besar memori dual rank bisa dipasang bersamaan dan bekerja dengan memori single rank. Saat Anda menggunakan memori dalam jumlah besar seperti 32GB, beberpa motherboard mengharuskan Anda menggunakan kombinasi memori single rank dan dual rank.

Single Rank vs Dual Rank: Kinerja (Performa)


Berdasarkan berbagai pengujian, kami menemukan bahwa tidak ada perbedaan yang jelas antara memori single rank dan memori dual rank. 

Umumnya Single Rank Memory lebih cepat dari Dual Rank Memory, dalam istilah orang awam ketika komputer mengakses Single Rank Memory itu hanya perlu berkeliling trek sekali, di mana Dual Rank itu harus berputar-putar dua kali.

Namun sistem tertentu memiliki kinerja yang lebih baik dengan memori multi rank karena pengontrol memori onboard. Hal ini terutama berlaku untuk memori server LRDIMM.

Beberapa youtuber mengatakan dual-rank sedikit lebih cepat dari single-rank pada kasus dual-channel di sistem desktop high-end.

Adapun yang mengatakan bahwa penggunaan CPU selalu lebih tinggi (10-25%) pada konfigurasi memori single rank dibandingkan dengan memori dual rank.

Sangat mungkin bahwa memori tambahan yang tersedia dalam konfigurasi memori dual rank mengambil sedikit beban dari CPU.

RAM dual rank vs RAM single rank: Mana yang Harus Dipilih?

 
Apakah Anda punya jawaban sekarang? Jawaban tentang dual rank vs single rank mungkin berbeda setiap orang.

Youtuber ini menyarankan 3 hal dalam memilih RAM jika Anda ingin meningkatkan performance:

  1. Pastikan Anda menggunakan RAM dual-channel
  2. Pasikan mengunci XMP (clock speed/MHz) tertinggi yang didukung mainboard.
  3. Ok, pilih RAM dual-rank


Silahkan dikoreksi jika ada yang salah pada artikel ini, atau jika Anda punya pendapat lain, beritahu kami di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Apa itu Memory Rank pada RAM? Single Rank atau Dual Rank yang Lebih Baik?"