Iklan Header

Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Poco M3/Redmi 9T

Sebelumnya Elppas sudah membahas POCO M3 ini dalam format Q&A, sekarang mari kita lihat sedikit jeroannya dengan membuka casing belakangnya. Kita lihat build dalamnya, spesifikasi baterainya, serta tutorial mengganti baterainya.

Baterai POCO M3 ini memiliki kapasitas yang cukp besar yaitu 6000mAh, jadi mungkin masa pakainya bakalan awet hingga 2-3 tahun kedepan. Bagaimanapun suatu saat baterai pasti akan habis masa pakainya dengan gejala boros, cepat habis, drop atau bahkan kembung. Dan saat itulah baterai perlu diganti.

Oh iya, POCO M3 ini kembar juga dengan Xiaomi Redmi 9T, isi dan bentuk dasarnya sama cuma beda di kamera 9T yang ada Ultra-wide Angle dan casing belakang saja. Jadi untuk membongkar kedua HP ini sama saja.

Sebelum bongkar, Anda memerlukan beberapa peralatan, tools kit dan obeng berikut ini:

  • SIM card tray ejector
  • Opening pick seperti pick gitar atau prying tool
  • Obeng phillips #00 atau plus ukuran 2.0mm
  • Spudger

Jika belum punya, Obeng dan tools kit bisa di beli di tokopedia.com/elppastore atau shopee.co.id/elppastore.

Kalau sudah siap, langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang POCO M3/Redmi 9T


Seperti biasa sebelum bongkar-bongkar, pastikan ponsel nya dalam keadaan mati (power off) dan juga keluarkan terlebih dahulu SIM card tray dengan eject tool yang diberikan dalam paket penjualan..


Casing belakang POCO M3 ini terbuat dari plastik polycarbonate seperti pada Redmi 8A dan HP kelas bawah lainnya sehingga kita bisa langsung mencongkel di bagian pinggir antara LCD assembly dengan casing belakang seperti pada foto dibawah ini..

Gunakan opening pick/prying tool atau pakai kuku jika terpaksa.. Kalau susah bisa mulai dari celah SIM card tray, tapi hati-hati jangan sampai patah..



Geser ke seluruh sudut sehingga pengait-pengaitnya terlepas dan kita bisa membuka casing belakang.. Buka ke sebelah kiri, atau yang ada tombol power nya, karena di sisi itu ada kabel flexible fingerprint sensor..

Setelah itu casing belakang (backcover) belum bisa dipisahkan dari body, karena konektor fingerprint sensor tertutup dibalik cover mainboard.

Jika ingin membuka dan mengganti baterai, silahkan lanjut ke tutorial berikutnya..

Spesifikasi Baterai Original POCO M3/Redmi 9T


Sebelum bongkar untuk ganti baterai, kita lihat dulu spesifikasi baterai original bawaan POCO M3 ini. Pastikan jika ingin mengganti baterai, Anda jangan sampai salah beli baterainya.

Berikut spesifikasi baterai ori POCO M3:

 

  • Type: Li-ion Polymer Battery
  • Model: BN62
  • Limited Charge Voltage: 4.45Vdc
  • Rated Capacity: 5900mAh/22.8Wh
  • Nominal Voltage: 3.87Vdc
  • Typical Capacity: 6000mAh/23.2Wh

Dimana membeli baterai POCO M3 yang original? Yang ori ya cuma di Authorized Xiaomi Service Center. Bawa HP nya kesana dan langsung diganti baterai disana, karena tidak bisa beli baterainya saja. Biasanya biaya kisaran 250-400rb.

Selain itu, mungkin banyak yang jual di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll., tapi perlu di ingat bahwa baterai yang dijual di marketplace atau toko spareparti umum biasanya baterai tiruan, OEM atau KW, jadi perlu hati-hati karena barang KW suka ada grade-grade nya. Pastikan Anda membeli yang kualitasnya bagus supaya tidak boros atau cepat habis karena kapasitas tidak sesuai.

Saya pribadi lebih suka yang OEM bermerk seperti Hippo, Vizz, Rakkipanda, Idol, dan sejenisnya. 

Rekomendasi baterai:

Lanjut, kita ke tutorial mengganti baterai..

Langkah 2: Mengganti Baterai POCO M3


Melanjutkan Langkah 1, casing belakang telah terbuka, namun konektor fingerprint dan baterai belum bisa dilepas karena tertutup cover mainboard.

Untuk membukanya, lepaskan 10 sekrup/baut dengan menggunakan obeng plus ukuran #00 (2.0mm).

Perhatian! Ada sebuah skrup yang dilindungi stiker garansi, merusaknya berarti garansi void/tidak berlaku.

Setelah sekrup dilepas maka penutup mainboard bisa dilepas..


Lalu, kita bisa melepaskan konektor baterai dan konektor sidik jari. Wajib konektor baterai terlebih dahulu agar lebih aman untuk melepas komponen lain.


Setelah konektor baterai dilepas, untuk melepas baterai ponsel Poco M3, disana ada pull-tab berwarna orange yang bisa ditarik keatas untuk mengangkat baterai. Kelupas dulu label bertanda B yang menahan baterai.

Tarik pull-tab orange yang bertana A (kiri-kanan) secara perlahan dan hati-hati..


Setelah baterai terbuka, silahkan ganti dengan baterai baru. Jangan lupa tes nyala terlebih dahulu untuk memastikan baterai penggantinya berfungsi normal. Setelah itu, silahkan pasang kembali semuanya seperti semula.

Baca Juga: Link Google Camera (GCam) Buat POCO M3 Biar Bisa Night Sight atau Mode Malam

Jika ingin bongkar semua, bisa lihat video dibawah ini:


Demikian tutorial cara membuka casing belakang dan mengganti baterai POCO M3. Gunakan panduan ini secara bijak dan kami tidak bertanggungjawab apabila terjadi masalah pada ponsel Anda. Lakukan itu dengan resiko Anda sendiri. Semoga bermanfaat! 

Pics & Video source:  PBK Reviews.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Poco M3/Redmi 9T"