Iklan Header

Bongkar Laptop Gaming Mini 50 jutaan, Asus ROG FLOW X13 (GV301Q), Bisa Upgrade RAM & SSD?

Ada yang mau beli laptop Rp. 50 jutaan? Sulatan! Saya sih gak punya duit, cuma penasaran aja, apa sih yang ditawarkan Asus ROG FLOW X13 di harga segitu?

Spek gaming rata kanan? Ya udah pasti lah. Yuk kita cek dulu sepsifikasinya..

  • Processor: AMD Ryzen 9 5900HS processor (16M Cache, up to 4.5GHz)
  • Display: 60Hz 13.4” PANTONE Validated IPS-Type WQUXGA (3840 x 2400) 16:10, sRGB: 116%, Touchscreen.
  • Memory: 32GB LPDDR4X RAM
  • Storage: 1TB PCIe NVMe M.2 SSD
  • Keyboard: Backlit Precision Gaming Keyboard
  • VGA: NVIDIA GeForce GTX 1650 4GB GDDR6 with ROG Boost. Bundled with Innovative ROG XG Mobile Docking Station with onboard RTX 3080
  • Network: Gig+ Wi-Fi 6 (802.11ax) | USB Type-C Charging Capable | 720p HD Webcam
  • ROG Intelligent Cooling system with self-cleaning anti-dust tunnels
  • ASUS Stylus and laptop sleeve included with purchase

Harga kisaran: Rp. 52.999.000,- (Februari 2021)

disertai dengan bundling yang istimewa..

Worth gak ya dengan harga 50 jutaan dengan berbagai aksesoris tersebut? GPU eksternal RTX 3080, headset ROG, mouse ROG, pen, dll.? Au ah gak punya duit.

Selain kemewahan eksterior seperti itu, bagaimana dengan desain internalnya? Dan, dengan spesifikasi seperti itu, masih perlukah di upgrade? Yuk kita bongkar..

Seperti laptop gaming pada umumnya saat ini, untuk membongkarnya dimulai dari casing belakang. Lepaskan 11 buah sekrup/baut, lalu congkel pinggiran casing dengan menggunakan opening pick atau pick gitar, atau plastik tipis bekas kartu kredit.

Dan inilah jeroan Asus ROG Flow X13..

Laptop gaming kecil ini ternyata dalamnya sangat ringkas ya.

Di bagian atas ada sepaket cooling system dengan dua jalur heatpipe yang terhubung ke tiga buah heat spreader yang ditiup dua buah kipas.

Yang sebelah kiri itu GPU NVIDIA GeForce GTX 1650 4GB GDDR6, dan sebelah kanan pasti CPU AMD Ryzen 9 5900HS. 

Karena processor pastinya selalu posisinya lebih dekat dengan RAM. Chip RAM yang berjejer 4 buah itu jenis LPDDR4X yang disolder ke motherboard sebesar 32GB dual-channel, yang pastinya tidak bisa di-upgrade!

Satu-satunya yang bisa di upgrade di laptop ini adalah SSD M.2 (NVMe). SSD bawaan di laptop ini ada yang 512GB ada juga yang 1TB. Kalau kurang, silahkan di upgrade. Tidak ada slot tambahan, jadi hanya bisa ganti yang sudah ada.

Dan perlu diingat, ukuran slotnya M.2 2230 (30mm), yang paling pendek..


Nah, jadi kalau soal upgradability, laptop gaming ini sangat minimalis ya. Tapi mengingat spesifikasinya yang sudah mentok sih sepertinya tidak ada masalah.

Btw, bagaimana menurut kalian laptop ini di harga 50 jutaan?

Menurut saya sih kalau buat yang punya duit, ya asik-asik aja. Dia punya target market tersendiri, mengingat laptopnya cukup unik, dengan layar kecil cuma 13 inch, powerfull, gaming oke, siap diajak bisnis juga karena layar touchscreen, dan buat conent creator juga pasti bisa mengingat laptop ini sudah memiliki layar dengan tingkat akurasi warna yang sangat tinggi.

Sumber foto: LaptopMedia.

Posting Komentar untuk "Bongkar Laptop Gaming Mini 50 jutaan, Asus ROG FLOW X13 (GV301Q), Bisa Upgrade RAM & SSD?"