Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Melihat Product Key (Kode Lisensi) Windows 8/10 yang Aktif di PC/Laptop Anda

Sebelumnya Elppas sudah membahas bagaimana cara mengembalikan (me-restore) lisensi/product key Windows 10 bawaan laptop.

Di artikel tersebut dijelaskan cara untuk mengetahui Product Key Windows 8/10 yang tercatat dalam hardware (mainboard) pada laptop/komputer yang memang sudah include memiliki Windows pada saat pembelian. 

Sekarang, di artikel ini kita akan melihat Product Key Windows yang sedang terinstall pada laptop/PC kita. Jadi product key itu ada yang tercatat di motherboard (yang bawaan laptop/PC pas beli), ada juga yang tercatat di Windows Registry (software).

Misal kalau Anda rakit PC kan biasanya tidak termasuk Windows, jadi kita install Windows sendiri lalu kita beli lisensi Windows-nya. Ketika kita memasukan kode lisensi maka Windows akan mencatatnya di Registry.

Setelah kode dimasukan dan Windows menjadi Activated, terkadang kita melupakannya. Dan suatu saat misal mau upgrade HDD ke SSD atau ganti SSD ke kapasitas lebih besar dan speed lebih kencang, lalu kita mau install ulang Windows maka akan memerlukan lagi Product Key nya untuk aktifasi ulang.

Jika lupa product key, maka sebelum install ulang, Anda bisa melihat dulu product key Windows yang sedang terinstall. Begini caranya:

1. Buka Notepad

2. Copy dan Paste teks berikut:

Set WshShell = CreateObject("WScript.Shell")
MsgBox ConvertToKey(WshShell.RegRead("HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\DigitalProductId"))

Function ConvertToKey(Key)
Const KeyOffset = 52
i = 28
Chars = "BCDFGHJKMPQRTVWXY2346789"
Do
Cur = 0
x = 14
Do
Cur = Cur * 256
Cur = Key(x + KeyOffset) + Cur
Key(x + KeyOffset) = (Cur \ 24) And 255
Cur = Cur Mod 24
x = x -1
Loop While x >= 0
i = i -1
KeyOutput = Mid(Chars, Cur + 1, 1) & KeyOutput
If (((29 - i) Mod 6) = 0) And (i <> -1) Then
i = i -1
KeyOutput = "-" & KeyOutput
End If
Loop While i >= 0
ConvertToKey = KeyOutput
End Function

3. Klik File> Save As dan simpan file ke desktop Anda dengan nama productkey.vbs. Penting untuk menyertakan ekstensi .vbs karena ini adalah file Windows Scripting Host.

4. Tutup Notepad dan jalankan/klik dua kali file tersebut. Tunggu beberapa detik, dan kemudian Anda akan disajikan dengan popup yang menampilkan product key Windows Anda:

Tinggal Anda catat, dan siap menginstall ulang Windows Anda tanpa kehilangan lisensi-nya.

Posting Komentar untuk "Cara Melihat Product Key (Kode Lisensi) Windows 8/10 yang Aktif di PC/Laptop Anda"