Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Signal, dan Mengapa Semua Orang Mulai Menggunakannya?

Signal adalah aplikasi perpesanan terenkripsi yang aman. Anggap saja sebagai alternatif yang lebih pribadi untuk WhatsApp, Facebook Messenger, Skype, iMessage, dan SMS. Inilah mengapa Anda harus mempertimbangkan dengan serius untuk beralih ke Signal.


Mengapa Signal Itu Spesial

Signal tersedia untuk Android, iPhone, dan iPad. Ada juga klien desktop Signal untuk Windows, Mac, dan Linux. Untuk bergabung, Anda hanya membutuhkan nomor telepon. Gratis.

Pengalaman pengguna Signal sama seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan aplikasi obrolan populer lainnya. Ini adalah aplikasi perpesanan dengan fitur seperti pesan satu-ke-satu, grup, stiker, foto, transfer file, panggilan suara, dan bahkan panggilan video. Anda dapat melakukan obrolan grup dengan hingga 1000 orang dan panggilan grup dengan hingga delapan orang.

Signal tidak dimiliki oleh perusahaan teknologi besar. Sebaliknya, Signal dikembangkan oleh yayasan nirlaba dan didanai oleh donasi. Tidak seperti Facebook, pemilik Signal bahkan tidak mencoba menghasilkan uang. Signal tidak mencoba mengumpulkan banyak data tentang Anda atau menampilkan iklan kepada Anda.

Meskipun Signal memiliki antarmuka yang sangat familiar, ia sangat berbeda di bagian dalam. Percakapan Anda di Signal dienkripsi dari ujung ke ujung, yang berarti bahkan pemilik Signal tidak dapat memantaunya. Hanya orang-orang dalam percakapan yang dapat melihatnya.

Signal juga sepenuhnya open-source. Kode sumber untuk aplikasi klien proyek dan perangkat lunak server tersedia di GitHub.

Bagaimana (dan Mengapa) Signal Sangat Privat dan Aman

Semua komunikasi di Signal — termasuk pesan satu-ke-satu, pesan grup, transfer file, foto, panggilan suara, dan panggilan video — dienkripsi ujung-ke-ujung. Hanya orang yang terlibat dalam komunikasi yang dapat melihat mereka. Enkripsi terjadi antara perangkat individu yang menggunakan Signal. Perusahaan yang mengoperasikan Signal tidak dapat melihat pesan-pesan ini meskipun mereka menginginkannya. Signal sebenarnya membuat protokol enkripsi sendiri untuk ini.

Ini sangat berbeda dari aplikasi perpesanan tradisional. Misalnya, Facebook memiliki akses ke semua yang Anda katakan di Facebook Messenger. Facebook mengatakan tidak akan menggunakan konten pesan Anda untuk iklan, tetapi apakah Anda yakin itu tidak akan pernah berubah di masa depan?

Tentu, beberapa messenger lain menawarkan pesan terenkripsi sebagai fitur opsional. Tetapi semua yang ada di Signal dienkripsi, selalu dan secara default. Signal juga menawarkan fitur privasi lainnya, termasuk pesan penghancuran diri (menghilang) yang secara otomatis akan dihapus setelah jangka waktu tertentu.

Facebook Messenger juga mengumpulkan banyak data tentang Anda. Sebagian besar perusahaan mengumpulkan banyak data. Signal mencoba untuk tidak melakukannya.

Meskipun Signal tunduk pada panggilan pengadilan pada Anda dan dipaksa untuk mengungkapkan apa yang diketahuinya tentang Anda, perusahaan hampir tidak tahu apa-apa tentang Anda dan aktivitas Signal Anda. Signal hanya dapat mengungkapkan nomor telepon akun Anda, tanggal koneksi terakhir, dan waktu pembuatan akun.

Sebaliknya, Facebook dapat mengungkapkan nama lengkap Anda, semua yang Anda katakan di Facebook Messenger, daftar lokasi geografis tempat Anda mengakses akun — dan seterusnya.

Semua yang ada di aplikasi Signal Anda — pesan, gambar, file, dan sebagainya — disimpan secara lokal di ponsel Anda. Anda dapat mentransfer data antar perangkat secara manual, tapi hanya itu saja. 

Berikut cuitan Signal tentang perbandingan antara beberapa messenger popular mengenai data Anda yang tertaut..

Mengapa Signal Mendadak Begitu Populer?

Enkripsi ujung-ke-ujung Signal adalah fitur besarnya. Itulah mengapa begitu banyak orang menggunakan Signal — karena mereka mengkhawatirkan privasi. Pada awal 2021, ini telah didukung oleh semua orang mulai dari Elon Musk hingga CEO Twitter Jack Dorsey dan telah melesat ke puncak daftar aplikasi gratis paling popular di Apple dan App Store Google.


Tetapi Signal tidak datang begitu saja — ia didirikan pada tahun 2013. Ini adalah perangkat lunak yang dihormati secara luas yang telah lama digunakan oleh pendukung privasi dan aktivis lainnya. Edward Snowden mendukung Signal pada tahun 2015.

Pada awal 2021, Signal telah mencapai penerimaan arus utama yang lebih besar. WhatsApp mengubah kebijakan privasinya untuk berbagi lebih banyak data dengan Facebook, dan banyak orang jelas tidak ingin percakapan mereka dapat "dilihat" Mark Zuckerberg.

Signal Mengidentifikasi Anda dengan Nomor Telepon Anda

Meskipun komunikasi Anda di Signal bersifat pribadi, Anda bukan anonim. Untuk mendaftar ke Signal, Anda memerlukan nomor ponsel. Untuk berbicara dengan seseorang di Signal, nomor telepon Anda adalah pengenal Anda di Signal.

Sesuai desain — Signal dirancang sebagai pengganti SMS. Saat Anda mendaftar ke Signal dan menginstal aplikasi, itu akan meminta akses ke kontak di ponsel Anda. Signal dengan aman memindai kontak Anda untuk melihat siapa di antara mereka yang juga merupakan pengguna Signal — itu hanya memeriksa nomor telepon dan melihat apakah nomor telepon itu juga terdaftar di Signal.

Jadi, jika Anda dan orang lain berkomunikasi melalui SMS, Anda dapat menginstal Signal dan beralih dengan mudah. Jika Anda menginstal Signal, Anda dapat melihat kontak mana yang dapat Anda kirimi pesan melalui Signal alih-alih SMS. Anda tidak perlu bertanya kepada mereka ID Signal mereka — itu hanya nomor telepon mereka. (Namun, Anda dapat memverifikasi nomor keamanan yang terkait dengan percakapan untuk memastikan Anda berbicara langsung dengan orang yang Anda maksud. Itu adalah fitur keamanan berguna lainnya di Signal.)

Jika Anda khawatir orang lain yang Anda ajak bicara di Signal memiliki nomor telepon Anda, Anda dapat mencoba mendaftar dengan nomor telepon kedua. Namun, secara realistis, jika Anda mencari solusi obrolan yang tidak bergantung pada nomor telepon — misalnya, solusi obrolan anonim yang hanya menggunakan nama pengguna alih-alih nomor telepon — maka Signal bukanlah yang Anda cari.

Bagaimana Memulai Signal

Signal mudah untuk dimulai. Cukup download (unduh) aplikasi Signal resmi dari Apple's App Store untuk iPhone dan iPad atau Google Play untuk Android. Ikuti proses penyiapan untuk memberi Signal nomor telepon dan akses ke kontak Anda. (Akses kontak bersifat opsional, tetapi Signal dirancang untuk bekerja paling baik dengannya.)

Anda kemudian dapat memulai percakapan dari dalam aplikasi. Jika ada seseorang di kontak Anda dan nomor telepon orang itu dikaitkan dengan akun Signal, Anda akan melihat bahwa Anda dapat menghubungi mereka di Signal. Ini sangat memudahkan.

Ingin mulai berbicara dengan seseorang di Signal alih-alih aplikasi obrolan yang berbeda? Minta saja mereka untuk mengunduhnya dan mendaftar. Anda bahkan akan mendapatkan pemberitahuan ketika seseorang yang Anda kenal mendaftar ke Signal.

Anda juga dapat mengunduh aplikasi desktop Signal untuk Windows, Mac, atau Linux dari situs web SIgnal Foundation. Ini akan menyinkronkan pesan dari aplikasi Signal di ponsel Anda ke komputer Anda. Namun, ini hanya pilihan.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Signal, dan Mengapa Semua Orang Mulai Menggunakannya?"