Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Chipset Motherboard dan Bagaimana Cara Kerja Chipset Komputer

Hari ini kami mengambil satu langkah lebih jauh dalam membicarakan tentang internal motherboard pada PC komputer. Jika Anda tahu apa itu motherboard dan info dasar tentang berbagai komponen di dalamnya; maka Anda pasti sudah memiliki sedikit pengetahuan tentang apa itu chipset.

Tapi bagaimanapun, artikel ini untuk semua dan pasti akan mencakup semua yang harus Anda ketahui tentang chipset.

Apa itu Chipset?

Secara singkat, Chipset adalah perekat yang menjembatani CPU (Processor) ke semua komponen lain di motherboard.

Untuk menguraikannya, itu adalah sekumpulan chip yang memiliki fungsi tertentu. Setelah mereka diperkenalkan pada tahun 1986, jumlah chip dalam sebuah chipset menurun secara signifikan dengan kemajuan menjadi dua chip ini: Northbridge dan Southbridge yang menyusun chipset motherboard Anda.

Bahkan sekarang kebanyakan chipset motherboard terintegrasi ke dalam satu chip besar dan merupakan chipset motherboard itu.


Chipset, bagaimanapun, tidak hanya terbatas pada komputer tetapi juga hadir di smartphone, komponen jaringan nirkabel dan banyak perangkat elektronik lainnya yang menyertakan CPU.

Apa Fungsi Chipset Itu?

Sementara CPU dirancang untuk melakukan semua kalkulasi kompleks, chipset bekerja di belakang layar dan mengelola berbagai komponen yang terhubung ke chipnya.

Apapun yang CPU ingin komunikasikan dengan komponennya, pertama-tama harus bergantung pada chipset. Sederhananya, ia mengelola semua interaksi pada motherboard dan bagaimana melakukannya melalui chipnya.

North Bridge:

Jembatan Utara yang biasanya terletak di dekat socket processor terhubung ke CPU melalui FSB (Front Side Bus). Komponen yang dapat memberikan kecepatan transfer mendekati kecepatan CPU juga dipasang di jembatan utara.

Di komputer modern, ini adalah RAM dan bus PCI-Express. Umumnya, sebagian besar permintaan memori dirutekan ke RAM tetapi tidak semuanya.

Pengontrol memori yang ada di Northbridge memutuskan ke mana permintaan memori harus pergi; apakah ke RAM atau bus PCI-e. Keputusan ini dibuat dengan menggunakan peta alamat memori.

South Bridge:

Bus-bus yang jauh lebih lambat terhubung ke jembatan selatan, karena itu operasinya jauh lebih lambat daripada jembatan Utara. Biasanya di antara bus yang terhubung adalah USB, PCI, IDE, LAN, audio, driver dan koneksi hard disk.

Penggabungan Chipset

Belakangan ini, Intel mulai memproduksi CPU yang telah mengintegrasikan North Bridge dan South Bridge ke dalam satu unit yang disebut PCH (Platform Controller Hub).

PCH mulai diperkenalkan pada tahun 2009, jadi untuk mainboard tahun 2010 dan terbaru sudah menggunakan sebuah chipset saja pada mainboard sehingga tidak ada lagi istilah Northbridge-Southbridge.

AMD pun mulai mengintegrasikan chispet dengan istilah FCH (Fusion Controller Hub) pada tahun 2011.

Istilah-istilah chipset mungkin akan terus berkembang, namun fungsinya kurang-lebih akan tetap sama.

Produsen Chipset

Karena sifat desain chipset yang rumit, hanya segelintir perusahaan yang terlibat dalam bisnis ini.

Dulu chipset dibuat oleh beberapa vendor seperti VIA, NVIDIA, ATI sehingga cukup banyak pilihan. Namun sekarang chipset hanya INTEL dan AMD (yang dulunya ATI).

Kesimpulan:

Chipset merupakan IC ukuran kecil yang pada komputer merupakan layaknya "polisi lalu lintas" pada papan induk (motherboard), mengarahkan aliran data dan menentukan peranti apa yang didukung oleh Personal Komputer (PC).

Sebuah chipset mengarahkan data dari CPU ke Chipset.Chipset mengatur lalulintas data antara CPU dengan PCIe, WiFi, LAN, USB, SATA, Audio, dll.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Chipset Motherboard dan Bagaimana Cara Kerja Chipset Komputer"