Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Seller Tokopedia: JNE Cashless dan J&T AWB Otomatis Jarang Ngasih Resi Bukti Pengiriman Barang

Di artikel kali ini Elppas mau berbagi pengalaman mengenai pengiriman barang dengan resi otomatis J&T dan JNE Cashless, beserta permasalahannya.

Jualan di marketplace Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee sekarang sudah sepenuhnya menggunakan metode cahsless alias tanpa bayar ongkir di agen/cabang ekspedisi tersebut, jadi pembayaran ongkos kirim langsung dari marketplace ke pihak ekpedisi.

Bagi penjual hal ini memudahkan karena tidak perlu bayarin dulu ongkos kirimnya, selain itu juga proses pengiriman jadi lebih cepat. Tidak perlu input resi manual juga karena otomatis masuk setelah kode booking dari marketplace diinput oleh pihak ekpedisi.

Masalah yang sering timbul di kalangan seller adalah adanya kebiasaan yang kurang baik diantara operator agen ekspedisi JNE atau J&T yang jadi jarang ngasih resi sebagai bukti bahwa barang sudah diserahkan kepada mereka.

Masalah Suka Menunda Proses dan Jarang Kasih Resi Pengiriman (J&T)

Pengalaman saya pribadi di salah satu agen sekitar rumah saya (kota Bandung) ada yang seringkali pas saya datang ke sana itu sering numpuk barang di meja yang belum di proses, jadi si op nyuruh saya simpan saja paketnya diatas meja.. "simpan di meja aja a.." ya udah saya simpan saja karena barang lain masih numpuk, bisa lama juga klo ditungguin.

Beberapa kali lancar saja sih, tapi ada sekali resi gak masuk-masuk sampai malam, dan ternyata baru masuk di pagi harinya. Artinya itu barang baru diinput besok harinya. Rugi dong kalau dituduh pembeli kita lelet ngirim barang.

Akhirnya pindah ke agen J&T lain yang lebih propesional.

JNE Cashless Tidak Dikasih Resi Pengiriman

Ya entah kenapa sejak JNE cashless saya tidak pernah dikasih lagi resi pengiriman, tapi alhamdulillah saya pribadi tidak pernah ada masalah karena langsung di input juga setelah diserahkan jarang ada penundaan seperti kasus diatas.

Tapi ada kasus di grup Keluarga Tokopedia yang barangnya hilang tapi mau komplain bingung karena ga ada bukti resi pengiriman..


"Mohon di approve admin
Akhirnya paket saya hilang di AGEN JNE BRATANG SURABAYA akibat JNE CASHLESS yang Tidak di beri bukti cetak resi dan Karyawan nya sering menunda paket untuk di input keslip selip paket lain dan akhirnya DUAARR ilang.
Di mintai bukti cctv juga mereka gak mau.
Ini lah akibat cashless gajelas dari JNE dan tokopedia .
Memang beberapa agen di kota lain mungkin mau memberikan bukti cetak resi
tapi di surabaya Hampir semua agen saya samperin tidak lagi memberikan bukti cetak resi. Sekarang ga ada yang mau tanggung jawab dari tokopedia dan jne."

Itulah yang saya takutkan ketika paket hanya disimpan dimeja, ditunda (tidak langsung diproses), dan tidak diberi resi bukti pengiriman.

Solusi saya pribadi saat ini sih, sering foto sebelum kasih ke agen, dan ditunggu di tempat sampai benar-benar diproses.

Saran buat pihak Tokopedia dan JNE sebaiknya lebih diperketat lagi prosedurnya supaya tidak terjadi masalah-masalah diatas.

Terakhir biar adil buat para seller juga tolong kalau kirim barang usahakan jangan cuma nulis kode booking saja, karena ini juga bisa menghambat pekerjaan operator di agen yang harus mengetikkan kode booking karena tidak bisa scan dan juga mencocok-cocokan kode karena tidak ditulis alamatnya. Ada baiknya langsung di print untuk mempermudah semua pihak.

Posting Komentar untuk "Seller Tokopedia: JNE Cashless dan J&T AWB Otomatis Jarang Ngasih Resi Bukti Pengiriman Barang"