Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Review Obeng Jakemy: Bahan Baja Apa? Tingkat Akurasi? Harga Murah/Mahal? Bagus Gak?

Hallo bray.. kali ini Elppas mau review obeng Jakemy dari pengalaman jualan produk ini selama lebih dari 3 tahun.

Saya sudah mencoba beberapa model obeng set dari tahun 2017 sampai saat saya menulis artikel ini di awal tahun 2021.

Tentu saya juga sudah menjual ribuan obeng, dan dari situ mendapatkan berbagai feedback positif,  negatif, sehingga saya tau kelebihan dan kekurangan obeng Jakemy.

Obeng Jakemy Seri 61xx dan 81xx


Dua seri tersebut mungkin yang banyak beredar di pasaran. Sudah tau perbedaannya di mana?

 



Seri 61xx itu biasanya dirancang untuk kebutuhan "household" atau kebutuhan bongkar pasang baut peralatan rumah tangga seperti komputer, mesin cuci, kulkas, daun pintu, TV, rak, dan sejenisnya. Secara fisik yang terlihat jelas biasanya dari gagang obeng yang agak besar dengan ukuran kepala obeng yang cukup besar.

Sedangkan seri 81xx dirancang untuk kebutuhan gadget walaupun Jakemy lebih menyebutnya "telecomunication" tapi itu lebih kepada perangkat seperti HP, tablet, laptop, console, PC, dan perangkat gadget yang kecil-kecil. Secara fisik, gagang obeng-nya pun biasanya kecil dilengkapi dengan kepala obeng berukuran kecil-kecil.

Bahan Obeng Jakemy: Baja CR-V vs S2


Dua bahan baja yang kerap digunakan Jakemy adalah baja CRV (Chromium Vannadium) dan S2. Biasanya tercantum di box produk. Jadi perhatikan sebelum beli.

Baja CRV ini memiliki tingkat kekerasan HRC 50-52, bisa dibilang standar untuk bahan obeng. Keras? ya tentu saja, gak lembek tapi bukan yang paling keras. Warna bits berbahan baja ini biasanya berwarna chrome atau silver.

Baja S2 paling keras dengan HRC 60. Warna bits berbahan baja ini biasanya coklat atau abu-abu. Jenis ini cocok buat profesional atau yang pekerjaannya sering berhubungan dengan bongkar pasang menggunakan obeng.

Namun perlu diingat juga, bahan baja apapun suatu saat pasti bisa aus atau rusak, apalagi yang ukuran kecil-kecil seperti obeng HP yang biasanya berukuran dibawah 2mm.

Saya pernah dikirimi foto obeng Jakemy berbahan S2 yang slek kalah sama baut Macbook yang susah dibuka.

Jadi sekali lagi saya tekankan, bahan baja paling keras juga bisa rusak jika ukurannya kecil. Kalau ketemu sekrup yang menempel susah dibuka, lebih baik tetesi dengan alkohol atai WD40 terlebih dahulu agar lebih mudah dibuka.
 

Akurasi Mata Obeng Jakemy


Mata obeng atau kepala obeng itu disebutnya ya. Pokoknya itu lah, dengan berbagai bentuk dan ukuran, tentu akurasi merupakan hal yang penting, karena gak enak juga udah beli ternyata obengnya tidak masuk ke sekrup/baut sehingga tidak bisa dibuka.

 


Nah, Jakemy ini menurut saya sekarang sudah lebih bagus, bisa dikatakan 95% akurat. Dulu, awal-awal produk Jakemy muncul, setelah namanya Jackly kalau tidak salah, kualitasnya tidak sebagus sekarang. Akurasinya mungkin di angka 80-90%-an. Karena dulu sering sekali menemukan mata obeng yang tidak masuk ke skrup, terutama jenis dan ukuran yang kecil-kecil, seperti bintang 5 0.8mm yang buat iPhone, dan beberapa ukuran lain dibawah 3mm.

Jadi kalau mau beli obeng Jakemy, pastikan yang lebih kekinian. Jakemy yang baru-baru biasanya memiliki box berwarna hitam, sedangkan yang dulu, box-nya berwarna orange/jingga. Selain itu juga perhatikan seri-nya. Anga kelbih tinggi biasanya lebih baru. Misal, yang seri 81xx, yang baru-baru itu diatas seri 8170.

Harga Obeng Jakemy


Soal harga murah atau mahal? 

Untuk yang seri (81xx/61xx) lama dan masih dijual biasanya sih harganya udah murah-murah, di kisaran 150rb kebawah. Sedangkan untuk seri baru dan terbaru biasanya ada di range harga 100-250rb. Dengan harga segitu sih bisa dibilang antara murah dan standar lah, sesuai dengan apa yang didapat.

Obeng Jakemy Terbaik?


Khusus untuk seri 81xx aja sih, ada beberapa pilihan yang menurut saya bagus, diantaranya:

  • JM-8169. Karena harga terjangkau, bahan baja S2, dan desain menarik.
  • JM-8172/8173. Bahan baja S2, mata obeng cukup lengkap, dilengkapi dengan tools kit yang berguna sebagai alat bantu bongkar gadget.
  • JM-8176/JM-8177. Harga cukup baik, mata obeng lengkap dan ada beberapa yang double untuk cadangan.

bersambung.. dah malam.

Posting Komentar untuk "Review Obeng Jakemy: Bahan Baja Apa? Tingkat Akurasi? Harga Murah/Mahal? Bagus Gak?"