Iklan Header

Bongkar Laptop Gaming Acer Predator Helios 300 i7-10750H (2020), Upgrade HDD/SSD M.2, RAM, dan Ganti Baterai

Acer Predator Helios 300, salah satu laptop baru keluaran tahun 2020 yang dirancang untuk gaming atau desain grafis juga mantap dengan spesifikasi yang mumpuni termasuk warna layar yang akurat dengan aRGB hingga 98%.

Berikut spesifikasi singkat Acer Predator Helios 300 tahun 2020 yang kami review:
  • Processor: Intel® Core™ i7-10750H processor Hexa-core 2.60 GHz
  • VGA: NVIDIA® GeForce RTX™ 2070 Max-Q with 8 GB dedicated memory
  • Display: 15,6" FHD IPS (1920 x 1080), 205-300 nits, 240 Hz, waktu respon 3 milidetik, 75%-100% sRGB, VESA DisplayHDR 400 certified, Dolby Vision™ enabled
  • Memori: 16GB 3200MHz DDR4
  • Storage: 1TB SSD M.2 2280 NVMe TLC
Spek bawaan sebenarnya sudah sangat keren dan mumpuni baik untuk gaming maupun rendring. Tapi kalau mau meningkatkan performanya lagi ada beberapa pilihan upgrade seperti upgrade RAM hingga 32GB, tambah HDD/SSD 2,5" atau SSD M.2 SATA 3/PCIe (NVMe).

Untuk upgrade, tentu kita harus bongkar dulu casing belakang atau backcover laptop ini. Untuk membongkarnya cukup persiapkan alat-alat berikut ini:
  • Obeng set atau obeng plus
  • Opening pick/kartu atm bekas
  • Spudger
Klo belum punya obeng dan tools kit agan bisa cek di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore.

Sebelum bongkar, pastikan laptop dalam keadaan mati (shut down) bukan sleep atau hybernate. 

Lepaskan 10 buah sekrup/baut dengan menggunakan obeng plus..


Setelah semua skrup dilepaskan, congkel casing belakang dengan menggunakan opening pick atau kartu kredit/atm bekas, dan geser ke seluruh sudut untuk melepaskan pengait-pengait casing..

Setelah semua pengait casing terlepas, maka casing belakang akan bisa dibuka, dan inilah jeroan Acer Predator Helios 300..


Ok, saya mau mulai dari membuka baterai dulu, karena disarankan untuk memutus aliran listrik sebelum bongkar pasang komponen lain.

Membuka Baterai Acer Predator Helios 300 Jika Ingin Diganti


Lepaskan konektor baterai dengan menggunakan jari tangan atau spudger.. Kalau agak mepet mungkin baterai harus dilepas terlebih dahulu. Jika ingin membuka baterai dan mengganti dengan yang baru, mungkin karena sudah drop, boros, cepat habis atau kembung. Silahkan lepaskan beberapa buah skrup yang menahan baterai.


Jika konektor baterai sudah dilepas, maka arus listrik akan terputus dan Anda akan lebih aman bongkar pasang komponen lainnya.

Ganti/Upgrade HDD/SSD Acer Predator Helios 300


Acer Predator Helios 300 yang dijual di Indonesia biasanya sudah memiliki SSD M.2 NVMe sebesar 1TB yang menempati slot M.2 (1), tergantung model. Kapasitas sudah cukup besar dan kecepatan read/write juga sudah kencang. Jadi sebaiknya jika perlu tambahan kapasitas tinggal nambah saja di slot lain.

Di sebelah kiri pada gambar dibawah, ada slot kosong 2,5" untuk HDD atau SSD SATA. Silahakan gunakan slot ini jika ingin menambah harddisk atau SSD SATA 2,5".


Di sisi lain sebelahnya RAM ada slot SSD M.2 (2) jika ingin menambah kapasitas SSD..


Slot tersebut tentu sudah mendukung SSD SATA 3 maupun NVMe, silahkan dipilih sesuai budget dan kebutuhan.

Upgrade RAM DDR4 Acer Predator Helios 300


Laptop gaming ini memiliki RAM bawaan DDR4 3200 MHz sebesar 16GB (8GB x 2) yang ditempatkan pada dua buah slot SoDIMM. Jika Anda mau upgrade, laptop ini memiliki dua buah slot RAM yang dapat menampung kapasitas hingga 32GB (16GB x 2).

Setelah dibuka casing belakang, Anda bisa langsung melepas dan memasang RAM yang mau diganti/upgrade..


Demikian cara meningkatkan performa atau kecepatan laptop Acer Predator Helios 300.

Baca Juga: Bongkar Laptop Gaming ROG Zephyrus G14, Pilihan Upgrade SSD M.2 NVMe, RAM, dan Ganti Baterai

Pics source: Nerd Review ID. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Bongkar Laptop Gaming Acer Predator Helios 300 i7-10750H (2020), Upgrade HDD/SSD M.2, RAM, dan Ganti Baterai"