Iklan Header

Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023/1444H Bahasa Indonesia, Inggris, dan Daerah

Tak terasa bulan Ramadhan 1444 Hijriah akan segera berakhir, dan umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 2023 (1444H).

Lebaran tahun ini diperkirakan akan jatuh pada hari Jum'at atau Sabtu tanggal 21-22 April 2023.

Organisasi Islam Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Jum'at, 21 April 2023. Sementara itu, Kementerian Agama baru akan menggelar sidang isbat atau sidang penetapan 1 syawal pada Kamis 20 April 2023.

Setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan, Hari Raya Idul Fitri menjadi simbol kemenangan bagi umat muslim.

Pada hari kemenangan ini, umat muslim seperti terlahir kembali dengan fitrah kemanusiaan yang suci dan bersih dari dosa.

Hari yang suci ini juga menjadi momen untuk saling memaafkan. Biasanya, setiap orang akan saling berikirim ucapan melalui pesan singkat seperti WhatsApp entah sebelum Lebaran atau saat Lebaran tiba.

Ucapan yang paling umum dan sesuai hadits adalah "Taqabbalallahu minna wa minkum" (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian). Biasanya dilengkapi dengan ucapan selamat dan saling memaafkan..

"Selamat Idul Fitri 1444H. Taqabbalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin!"

Boleh dilengkapi dengan do'a lainnya, nama untuk personalisasi, dan salam kepada seluruh keluarga. Atau kata-kata lain.

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
Perkenankan Kami sekeluarga Mengucapkan : Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah
تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ صِيَامَنَا وَصِيَامَكُمْ تَقَبَّلْ يَا كَرِيْمَ
Taqabbalallohu Minna wa Minkum Shiyaamanaa Washiyaamakum Taqabbal yaa Kariim
"Semoga Allah menerima ibadah kita serta mengampuni dosa-dosa kita. Aamiin" 
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
Elppas & Keluarga

 

Berikut ini kumpulan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 berbahasa Indonesia, bahasa Inggris, Sunda, Jawa, dan bahasa daerah lainnya dirangkum Elppas.com dari berbagai sumber. Kumpulan ucapan ini juga cocok untuk update status di media sosial WhatsApp, Instagram, Facebook, dll.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2020/1441H Edisi Corona Virus (COVID-19)

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Bahasa Indonesia



1.  Jiwa-jiwa kembali putih seakan lahir kembali. Jutaan syukur menggema di langit ilahi. Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan hakiki. Selamat Idul Fitri 1444 H. Mohon maaf lahir dan batin.

2. Bagi hati yang pernah terluka karena lidah yang tajam, bagi hati yang perih karena buruknya laku, bagi perasaan yang hancur karena ego, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Lebaran!

3. Agungkan kebesaran-Nya, syukuri ampunannya, lapangkan hati di hari nan fitri.

4. Bila salah kata terucap, bila hati tergores sikap, maaf dari hati terdalam.

5. Maaf adalah pengakuan atas kesalahan dan memaafkan adalah penghargaan atas pengakuan kesalahan.

6. Untuk hati yang pernah terluka oleh tajamnya lidah. Untuk jiwa yang tersakiti oleh buruknya tingkah dan perilaku. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444H. Mohon maaf lahir batin. Mohon maaf lahir dan batin!

7. Berbuat khilaf adalah sifat, meminta maaf adalah kewajiban, dan kembalinya fitrah adalah tujuan. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

8. Untuk lisan dan sikap yang tak terjaga, mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H!

9. Maaf memang tidak akan mengubah masa lalu, tapi mengubah masa depan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023.

10. Waktu mengalir bagaikan air, Ramadhan suci akan berakhir. Untuk salah yang pernah ada dan khilaf yang sempat terucap, pintu ma'af selalu ku harap. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H!

11. Takbir kemenangan telah berkumandang. Hari yang penuh berkah telah kita tinggalkan. Hanya kelapangan hati tuk memaafkan, Selamat Lebaran!

12. Seiring surya berseri indah dipagi penuh hikmat ini, Kami mohon dbukakan pintu maaf apabila ada kata dan tindak yang tidak berkenan dihati. Selamat Idul Fitri!

13. Tiada gembira yang menggelora, tiada senang yang mengangkasa, selain kita telah kembali pada fitrah dan ampunan-Nya. Selamat Lebaran!

14.  Hati yang seputih kertas jangan dinodai dengan enggan saling memberi maaf. Mari buka hati, julurkan tangan, jabat jemari, saling memberikan maaf di hari nan fitri. Selamat Lebaran!

15. Tiada pemberian yang terindah selain kata maaf. Tiada perbuatan yang termulia selain memaafkan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023!

16. Jika ada ucap yang membekas lara, ada tingkah merangkai duka, ada kata merangkai dusta, mohon maafkan daku lahir dan batin. Selamat Lebaran!

17. Andai jemari tak sempat berjabat, jika raga tak bisa bersua, bila ada kata membekas luka, semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat Idul Fitri 1444 H!

18.  Lidah bisa tajam mengucap kata. Hati bisa salah menuai dengki Tindakan bisa menyakiti. Di hari yang dipenuhi dengan kesucian ini, mohon segala salah dan khilaf dimaafkan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023.

19. Ramadhan telah berlalu, fajar kemenangan telah menyambut. Membawa sinar terang kedamaian dan kesucian. Menebarkan berkah di idul fitri yang suci. Selamat Idul Fitri 1444 H. Mohon maaf lahir dan batin.

20. Orang yang paling mulia adalah orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain. Bersihkan diri, sucikan hati di hari yang Fitri ini.

21. Gema takbir berkumandang, membesarkan dan mengagungkan Yang Maha Suci. Bersihkan hari kembali fitri di hari kemenangan. Selamat Lebaran!

22. Selamat merayakan hari kemenangan, merawat silaturahim, memanjangkan keberkahan, saling maaf memaafkan.

23. Satukan tangan dan teguhkan hati di hari penuh kemenangan ini untuk saling memaafkan dengan ikhlas. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H!

24.  Tidak ada pemberian paling indah dan perilaku yang mulia, selain meminta maaf dan memaafkan di hari yang suci ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H!

25.  Ramadhan membasuh hati yang berjelaga ,saatnya meraih rahmat dan ampunan-Nya. Selamat Hari Raya Idul Fitri!

26. Wajah memang terhalang ruang untuk saling menatap. Tangan terlalu sulit untuk berjabat. Namun, untaian kata tetap bisa tersampaikan sebagai jembatan ukhuwah di hari nan suci yang penuh dengan kemenangan ini. Minal Aidzin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

27. Bila ada kata merangkai dusta, ada ucap berbunga lara, dan ada langkah berbuah dosa, aku mohon maaf yang sebesar-besarnya. Selamat Idul Fitri!

28. Sebening embun di pagi hari, seputih kapas tanpa biji, seperti itu suasana hati. Berharap selamanya seperti ini dengan pribadi positif sepanjang hari. Selamat Hari Raya Idul Fitri!

29. Sucikan hati, bersihkan jiwa, bukakan pintu maaf atas kesalahan, kekhilafan dan kekeliruan yang pernah ada. Selamat Idul Fitri!

30. Ramadhan telah berlalu, hari kemenangan telah datang. Bersihkan hati dan jiwa dari gelimang dosa. Maaf lahir dan batin. Selamat Lebaran!

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Bahasa Inggris dan Terjemahnya



1. Eid Mubarak to all Muslims around the world, and may the blessings of Allah be with you today, tomorrow, and forever."

(Selamat Hari Raya untuk seluruh Muslim di dunia dan semoga berkah Allah menyertaimu hari ini, esok, dan seterusnya.)

2. Some words can be spoken, some feelings can be buried, but a mistake will never be forgotten. On this holy day, please forgive any mistakes. Happy Eid Al-Fitr.

(Beberapa kata bisa diucapkan, beberapa perasaan bisa dikuburkan, namun sebuah kesalahan tidak akan pernah terlupakan. Pada hari suci ini, mohon maafkan segala kesalahan. Selamat Hari Raya Idul Fitri.)

3. The time has come for every soul to purify their hearts. For every believer to start a new life. For all of us to forgive each other and forget every mistake. Happy Eid al-Fitr!

(Telah tiba saatnya bagi setiap jiwa untuk menyucikan hati. Bagi setiap umat untuk memulai hidup baru. Bagi kita semua untuk saling memaafkan dan melupakan setiap kesalahan. Selamat Idul Fitri!)

4. “The noblest person is someone who can forgive the faults of others. On this glorious day, I apologize for any mistakes and ask that we purify our hearts and ourselves. Happy Eid Mubarak!”

(Manusia paling mulia adalah manusia yang dapat memaafkan kesalahan orang lain. Di hari yang mulia ini, saya mohon maaf atas segala kesalahan. Bersihkan hati sucikan diri. Selamat Idul fitri)

5. May Allah's blessings fill your life with happiness and open doors to success now and forever. Happy Eid al-Fitr!.

(Semoga berkah Allah mengisi hidupmu dengan kebahagiaan dan membuka pintu sukses saat ini dan seterusnya. Selamat Idul Fitri!)

6. May Allah's grace light up your heart and bless you and your family loved ones with warmth, happiness, joy, and peace. Wishing you a blissful Eid al-Fitr!

(Semoga rahmat Allah menerangi dan memberkati hatimu dan seluruh keluarga dengan penuh kehangatan, kebahagiaan, sukacita, dan kedamaian. Selamat Idul Fitri!)

7.  It's more than a wish, more than a message too, as it comes with warm and loving thoughts that are meant for you. Happy Eid!

(Bukan hanya sekedar harapan, bukan juga pesan, melainkan dengan segala pikiran dan cinta karena kamu layak mendapatkannya. Selamat Idul Fitri!)

8. May this special day bring peace, happiness and prosperity to everyone. Eid Mubarak.

(Semoga hari spesial ini membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kesejahteraan untuk semua. Selamat Hari Raya)

9.  Sending you best wishes on Eid and wishing that it brings you joy and blessings.

(Doa-doa baik di Hari Raya untukmu dan semoga bahagia dan berkah selalu menyertai)

10. Happy Eid al-Fitr. Let us forget the mistakes of the past by forgiving each other. May Allah grant us abundant happiness and prosperity in the future.

(Selamat hari raya Idul Fitri. Mari kita lupakan kesalahan di masa lalu dengan saling memaafkan. Semoga Allah memberikan kita kebahagiaan dan kemakmuran yang melimpah ke depannya)

11. Wishing you all a very happy and peaceful Eid. May Allah accept our good deeds, forgive our transgressions, and alleviate the suffering of all people around the globe. Eid Mubarak..

(Semoga hari rayamu berbahagia dan damai. Semoga Allah menerima amal baik kita, memaafkan pelanggaran kita dan memudahkan penderitaan semua orang di dunia. Selamat Idul Fitri!)

12. With the passing of Ramadan,
comes the day of victory.
Please forgive my mistakes.
Happy Eid al-Fitr!


(Dengan berlalunya bulan Ramadan,
Datanglah hari kemenangan
Mohon maaf atas kesalahanku.
Selamat Idul Fitri!)

13. When it’s black flip it to white, when it’s dark flip it to light. For every mistake flip it to forgiveness, Happy Eid!

(Saat hitam kembali menjadi putih, saat gelap kembali menjadi terang. Untuk setiap kesalahan, kembali pada pengampunan. Selamat Idul Fitri!)

14. Sorry for all of my bad manners. Happy Eid Al-Fitr for you. Hope we get the best inspiration from this Ramadhan.

(Maaf untuk semua kebiasaan-kebiasaan burukku. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga kita mendapatkan inspirasi terbaik dari Ramadan kali ini)

15. Faith makes all things possible.
Hope makes all things work.
Love makes all things beautiful.
May you have all of the three.
Happy Eid Al-Fitr!

(Keyakinan membuat semua hal menjadi mungkin.
Harapan membuat semua hal bekerja.
Cinta membuat semua hal menjadi indah.
Semoga ketiganya menjadi milikmu.
Selamat Idul Fitri!)

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Bahasa Jawa


"Sugeng Riyadi"

"Kulo nyuwun agunging pangapunten sedanten kalepaten lahir dumugi ning batos boten langkung ngaturaken sugeng Iedul Fitri, mugi Gusti Allah Ingkang Kuoso paring ridho lan rahmatipun dumateng kito sedoyo. Amien…"

“Gilir gumanti padhang tetrawangan ing wayah ratri. Kawula (pengirim) ngaturaken sugeng riaden sugeng karaharjan, rena ing penggalih kawula nyuwun agunging samudra pangaksama lahir trusing batos, mugiya tansah winengku ing karahayon lan widada ing sambikala.”

Ngaturaken sugeng riyadi 1 Syawal 1444H. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Mugi gusti Allah tansah paring hidayah. Maghfiroh saha barokah dumateng kita sedaya. Rahayu ingkang tinemu. Sambada ingkang sinedya. Jumbuh ingkang ginayuh.

Mbok bilih Gusti Pangeran, sampun manungso Kedah mengaten. Mugi woten ing dinten riyoyo meniko sageto sami ngadahi sipat welas asih lan jembar manah. Kangge sangu soten ing akherat mbenjang, nuwun. "Sugeng Riyadi 1 Syawal 1444 H" pareng.

Sucining ati, tumatining laku ngaturaken sugeng riyadi 1444H bilih woten kelepatan kula nyuwun agunging samudro pangaksami.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Bahasa Sunda


"Wilujeng boboran siyam"

"Kedaling rasa nu pinuh ku bangbaluh hate, urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meungpeung wanci can mustari. Taqabalallahu Minna Wa Minkum Wilujeng Idul Fitri 1444 H, sim kuring neda dihapunten samudaya kalepatan.

Kuring neda dihapunten kana samudaya kalepatan, boh bilih aya cariosan anu matak ngarahetkeun kana manah, da sadayana oge mung saukur heureuy, manusa mah teu tiasa lumpat tina kalepatan jeung kakhilafan."

Rumaos diri seueur kalepatan, neda pangapunten anu sa ageung2na tina samudayaning boh nu dihaja atanapi nuteu dihajana WILUJENG BADARAYA LEBARAN.

Niti wanci nu mustari , ninggang mangsa nusampurna , dina Idul Fitri anu ieu.. hayu urang sami-sami ngabersihkeun rereged ati.. tina khilaf sinareng dosa.. Taqqobalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa shiyamakum.

Bilih aya tutur saur nu teu kaukur, reka basa nu pasalia, laku lampah nu teu merenah, wilujeng boboran shiam neda sih hapunten tina samudaya kalepatan lahir sinareng bathin.

Sadaya jalmi tiasa ngiring lebaran……. tapi teu sadaya jalmi tiasa ngiring Idul Fitri…. mugi urang kalebet jalmi nu tiasa ngiring Idul Fitri….. wilujeng boboran shiam 1444 H. Hapunten samudaya kalepatan.

Sadaya jalmi tiasa ngiring lebaran……. tapi teu sadaya jalmi tiasa ngiring Idul Fitri…. mugi urang kalebet jalmi nu tiasa ngiring Idul Fitri….. wilujeng boboran shiam 1444 H. Hapunten samudaya kalepatan.

Batin nu usik nyaliksik diri, bilih kasabit kaciwit ati, karumpak ungkara basa, kadudut kalindu qalbu,mugia rido galih jembar pangampura tina samudayaning kalepatan. wilujeng boboran shiam 1444 H. Hapunten samudaya kalepatan.

Ngahaturakeun wilujeng boboram shiam 1 syawal 1444 H, bilih kantos nyungkelit dina ati, tugenah dina manah, kasiku catur, katajong omong ku pribados, mugi ridho ngahpunten samudaya kalepatan.

Bilih aya langkung saur bahe carek , Kaciwit kulit kabawa daging, Tunggul dirurut catang dirumpak, Nyungkelit ati teugeunah manah, Mudut pangampura , Wilujeung boboran shiam 1444 H.

Ngahaturakeun wilujeng boboram shiam 1 syawal 1444 H, bilih kantos nyungkelit dina ati, tugenah dina manah, kasiku catur, katajong omong ku pribados, mugi ridho ngahpunten samudaya kalepatan.

Bilih aya langkung saur bahe carek , Kaciwit kulit kabawa daging, Tunggul dirurut catang dirumpak, Nyungkelit ati teugeunah manah, Mudut pangampura , Wilujeung boboran shiam 1444 H.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Bahasa Batak


"Horas, Selamat Idul Fitri 1444 H, molo adong pe na sala panghatai on dohot pangalaho nami, mangido ma’af ma hami, sian bagasan roha nami Pauk pauk hudali ma pago pago tarugi, Na tading taulahi, na sala ta pauli…"

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Bahasa Madura


"Abee.. je’ nyamana manongsa ta’enggih …
Den kule paste benyak kalopotan de’ mpiyan sadeje,…
Mik pola den kule ngalakone kasalahan kalaben nyake’agih de’ ate mpiyan…
Pas tepa’ are soce nga’mangken neka tretan…. molae setong Syawal 1444 H.
Deri ate kule sepaleng delmm… Kule nyo’on agih seporana sebenyak ka Ampiyan sadejeh tretan….
Anggep beih den kule kalaben mpiyan pon sobung ganjelan panapa..
.. Ator Sakalangkong Tretan …. Wasslmlkum.."

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Bahasa Minang


"Tapakiak kanaik, tajalepak ka turun, tatilang wakatu bajalan…talamak wakatu talalok..talampau banyak kecek nan mancacek, tagoreh hati, padiah taraso dek dunsanak, basusun jari nan sapuluah sabaleh jo kapalo tisarah sanak kok nio manambahkan jadi duopuluah tigo..Nan jaleh ambo minta maaf bilo ado kato nan indak katuju, kalakuan nan kamari bedo..bisuak urang karayo sorry nan sabana sorry ambo pintokan.."

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Bahasa Bali


"Aturang titiang rahajeng Idul Fitri 1444 H, titiang nunas ampura lahir batin."

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Bahasa Buton


"Selamat Idul Fitri 1444 H, Mani maafu lahir te bathin tomo bari-baria kesalahanku."

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Bahasa Manado


"Selamat Idul Fitri 1444 H, mohon maaf lahir & batin atas samua kita pe kesalahan."

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Bahasa Padang


"Salamaik Hari Rayo Idul Fitri 1444 H, Mohon Maaf Laia Jo Bathin Jiko Ado Salah"

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Bahasa Lombok


"Selamet idul fitri 1444 H tunas ampun lahir dan batin."

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Bahasa Banjar


"Salamat Bahari raya"

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Bahasa Bugis Sulawesi Selatan


"Usalaini esso mapaccing, esso sipakacinnong ati, esso sipakalebbi na sipakario ininnawa madeceng, esso sipakatau. Mamuare, pada naleteiki’ pammase Puang Allahu Ta’ala. Napannennungngi deceng
Atan. Na lettu ri esso rimunri na. Taddampengekka’ sininna ada nennia gau’ pura lalo-e, makkua`toparo maddimunri-e. Amiin, yaa Rabbal ‘Aalaiin. Salamaki mallepe’ fittarah 1444H. Tabe’ pole ri silessurengta Wati"

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 Bahasa Aceh


"Dicong bak lawah na dideung darut,
Diateuh bak krut na ticem pala,
Meunyo na yang salah kalong pubut,
Rayeuk ngeun ubet ,,meuah beu raya.
"Selamat Hari Raya idul Fitri",
Meuah lahee Bathen"

==

Baca Juga: Ucapan Maaf di Akhir Ramadhan Sebelum Hari Idul Fitri

Jika Anda mau menambahkan, silahkan di komentar. Terimakasih. Selamat hari raya Idul Fitri, Mohon Maaf lahir dan bathin.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023/1444H Bahasa Indonesia, Inggris, dan Daerah"