Ponsel Baru Google Pixel 4 Spesifikasi vs Harga: Terlalu Lemah, Terlambat, dan Terlalu Mahal?

Apakah Pixel 4 mengecewakan terlalu mahal jika dibandingkan dengan perangkat saingan dari Apple dan Samsung?

Google telah meluncurkan smartphone Pixel 4 dan Pixel 4 XL setelah berbulan-bulan bocor, yang hampir tidak ada artinya.


Spesifikasi


Acara antiklimaks mengkonfirmasi semua yang sudah kita ketahui: Perangkat ini didukung oleh platform Snapdragon 855 dari Qualcomm dan memiliki sistem kamera yang ditingkatkan yang menjadikannya setara dengan Samsung Galaxy S10 / S10 Plus dan Apple iPhone 11.

Jika Anda membandingkan spesifikasi Google Pixel 4 dan Galaxy S10, mereka sangat mirip, dengan beberapa perbedaan kecil. Pixel 4 XL memiliki layar dengan kecepatan refresh 90Hz, yang membuatnya sedikit lebih unggul dari S10 Plus, dengan kerapatan piksel 534ppi (dibandingkan dengan S10 pada 522ppi) dan resolusi layar yang sama pada 1440x3040.

Galaxy S10 Plus memiliki tiga kamera utama, sedangkan Pixel 4 XL hanya memiliki dua. Pixel 4 dan S10 Plus sama-sama menggunakan chip yang memiliki mesin pintar khusus dan perangkat lunak untuk membantu dalam pemrosesan gambar, seperti untuk fotografi cahaya rendah.

Sensasi gerak dan penguncian wajah


Perbedaan utama antara Pixel 4 dan para pesaingnya adalah bahwa perangkat Google menggunakan sistem pembuka kunci wajah yang memiliki fungsionalitas yang sama - walaupun tidak dalam implementasi teknologi - untuk ID Wajah iPhone 11. Ini dilakukan dengan menggunakan susunan radar miniatur, yang disebut Project Soli, untuk pengindraan gerak, dikombinasikan dengan proyeksi titik buka kunci wajah dan sensor inframerah. Itu berarti menghindari tradisi sensor sidik jari di bawah layar seperti pada S10 (dan perangkat lain seperti Huawei P30 dan OnePlus 7) sepenuhnya untuk pengenalan wajah.

Project Soli Sensor Array di Google Pixel 4
Gambar: Google

Dari segi memori, kedua varian Pixel 4 memiliki RAM 6GB dan hanya ditawarkan dalam versi 64GB dan 128GB. Mereka tidak memiliki kartu ekspansi SD seperti Samsung Galaxy S10 dan fitur perangkat Android lainnya. Sebagai gantinya, Google menyediakan penyimpanan Cloud tanpa batas kepada end user untuk Foto Google, dengan kualitas tinggi. Pada tahun-tahun sebelumnya, Google menawarkan ini untuk perangkat Pixel dengan kualitas asli yang tidak terkompresi. Samsung menawarkan Galaxy S10 dalam berbagai konfigurasi memori, dengan varian RAM 8GB dan 12GB, dan dengan tingkat penyimpanan dasar 128GB.

Berikut adalah spesifikasi resmi Pixel 4 dan Pixel XL, menurut Google:

Spesifikasi Google Pixel 4
  •     Layar: Full HD 5,7 inci + Layar Halus (hingga 90Hz OLED) - Ambient EQ
  •     Baterai: 2,800mAh
  •     Prosesor: Qualcomm Snapdragon 855, Pixel Neural Core
  •     Memori: RAM 6GB
  •     Penyimpanan: 64GB, 128GB
  •     Kamera: 12MP Dual-Pixel dan 16MP Telephoto
  •     Audio: Speaker stereo
  •     Keamanan: Modul Keamanan Titan M
  •     Fitur: Face unlock, Motion Sense
  •     OS: OS Android dengan keamanan selama tiga tahun dan pembaruan OS

Spesifikasi Google Pixel 4 XL
  •     Layar: Quad HD 6,3 inci + Layar Halus (hingga 90Hz OLED) - Ambient EQ
  •     Baterai: 3,700mAh
  •     Prosesor: Qualcomm Snapdragon 855, Pixel Neural Core
  •     Memori: RAM 6GB
  •     Penyimpanan: 64GB, 128GB
  •     Kamera: 12MP Dual-Pixel dan 16MP Telephoto
  •     Audio: Speaker stereo
  •     Keamanan: Modul Keamanan Titan M
  •     Fitur: Face unlock, Motion Sense
  •     OS: OS Android dengan keamanan selama tiga tahun dan pembaruan OS

Harganya Google Pixel 4 dan 4XL


Pixel 4 5,7-inci dengan kapasitas memori internal 64GB dibandrol mulai dari $ 799, dan versi 128GB seharga $ 899 (komparatif, peningkatan peningkatan penyimpanan Apple dilakukan pada $ 50). Pixel 4XL mulai dari $ 899 dengan memori internal 64GB dan naik menjadi $ 999 untuk ROM 128GB.

Samsung Galaxy S10 yang sebanding dengan 8GB RAM dan 128GB penyimpanan, yang berada di pasaran dengan harga di bawah $ 859, dan Samsung Galaxy S10 Plus dengan 8GB RAM dan 128GB penyimpanan dapat dibeli dengan harga di bawah $ 959.

iPhone 11 64GB dengan sistem kamera kembar yang sangat baik adalah $ 699, dan iPhone 11 64GB Pro adalah $ 999. Ini sebelum trade-in iPhone yang berlaku, yang akan dilakukan sebagian besar pembeli iPhone. Ya, Google memiliki program trade-in yang setara, tetapi kurang agresif dalam nilai trade-in dibandingkan Apple dan Samsung. Google adalah yang tertindas, dengan pangsa pasar hanya 2,23% di Utara seharusnya bisa lebih agresif dalam menentukan harga.

Pixel 4 dan Pixel 4 XL sama mahal - dan, dalam konfigurasi basis mereka, bisa dibilang, kurang gahar - dari tingkat dasar Samsung Galaxy S10 dan S10 Plus, masing-masing. Tidak peduli berapa jauh lebih mahal daripada ponsel Qualcomm Snapdragon 855 lainnya, seperti OnePlus 7 Pro, yaitu $ 829. Oh ya, dan S10 dikirim tujuh bulan lalu pada Maret 2019.

Pixel 4 yang baru saja diluncurkan menggunakan teknologi yang sudah keluar, karena Qualcomm Snapdragon 865 baru saja diumumkan dan diperkirakan akan diluncurkan pada bulan November.

Apa Alasan Membeli Pixel 4/4 XL?


Ya, itu karena Google telah membuat ekosistem OEMnya sangat lengkap. Hellstew beracun.

Serius, apa gunanya Google merilis perangkat keras Android sendiri jika bisa membuat OEM memperbarui perangkat mereka tepat waktu? Samsung S10 baru saja memasuki versi beta untuk Android 10. Dan itu merupakan andalan perusahaan jika Anda tidak menghitung Note 10, yang baru saja mulai dikirimkan pada akhir Agustus. Tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke S9, atau bahkan S8, yang tidak mungkin untuk mendapatkan pembaruan ke versi terbaru.

Itu hanya Samsung, mitra top OEM Google. Itu belum termasuk LG, Lenovo / Motorola, OnePlus, Huawei, ZTE, dan sejumlah OEM tingkat kedua. Tentu, Google meluncurkan program Android One - yang, jika semua orang ada di dalamnya, akan menghilangkan kebutuhan akan perangkat Pixel. Tetapi tidak ada orang lain selain beberapa perusahaan, seperti Nokia dan Xiaomi, yang ingin menjadi anggota klub itu atau meluncurkan perangkat papan atas mereka di dalamnya. Anda tidak akan menemukan Galaxy S10 atau Note10 di atasnya.

Jika Anda ingin melihat inovasi dan nilai dari peluncuran Pixel 4, lupakan saja. Apa yang kami dapatkan malah mahal, kurang bertenaga, dan terlambat diluncurkan. Perusahaan dapat melakukan yang lebih baik, tetapi jelas, itu berpikir pelanggannya lebih suka membayar premi sehingga mereka bisa mendapatkan pembaruan perangkat lunak tepat waktu. Betapa arogan dan bodohnya itu?

Saya mengerti perlunya membangun platform referensi. Microsoft melakukan ini dengan perangkat keras Surface-nya untuk menginspirasi mitra OEM untuk berinovasi. Namun, Google tampaknya tidak dapat melakukan hal yang sama dengan Pixel - mitranya melakukan apa pun yang mereka sukai, dan bahkan tidak mengimbangi pembaruan perangkat lunak penting. Jika ada, Pixel akan datang di tempat terakhir dalam perlombaan perangkat Android tahunan. Ini bukan "yang terbaik dari jenisnya," dan itu bukan perangkat yang akan dipilih orang daripada produk OEM lainnya berdasarkan spesifikasi saja.

Satu-satunya hal yang terjadi adalah selalu diluncurkan dengan versi Android terbaru dan terhebat, dan tetap ditambal dan diperbarui selama tiga tahun. Apakah itu bernilai premium? Saya kira tidak.

Tentu. Daftarkan saya untuk Pixel 4 XL baru. Satu-satunya alasan mengapa saya membeli satu adalah karena saya menulis tentang sampah ini; Saya perlu mengikuti perkembangan di OS Android, dan saya sudah memiliki Pixel 3 yang bisa saya tukarkan dengan harga $ 250 - yang kurang dari apa yang mereka berikan kepada saya untuk Pixel 2 tahun lalu. Saya tidak merekomendasikan ponsel ini kepada siapa pun yang serius mempertimbangkan perangkat Android. Itu bukan nilai yang baik.

Apakah Pixel 4 merupakan kekecewaan yang terlalu mahal ketika Anda membandingkannya dengan pesaingnya? Silahkan membacot di komentar.

Source.

0 Response to "Ponsel Baru Google Pixel 4 Spesifikasi vs Harga: Terlalu Lemah, Terlambat, dan Terlalu Mahal?"

Posting Komentar