Iklan Header

Bongkar Laptop Gaming Lenovo Legion Y540/Y7000, Upgrade HDD/SSD M.2/Intel Optane, RAM, dan Ganti Baterai

Lenovo Legion Y7000, salah satu laptop atau notebook yang dirancang untuk gaming atau desain grafis.

Legion Y7000 ini secara desain internal sama dengan Legion Y530 dan Y540 jadi panduan ini juga berlaku untuk Y540. Boleh juga untuk Y740 walaupun tata letak agak sedikit berbeda tapi intinya sama.

Untuk meningkatkan performa laptop gaming ini ada beberapa pilihan upgrade seperti upgrade RAM hingga 32GB, Harddisk/SSD 2,5", SSD M.2 atau Intel Optane.

Untuk upgrade, tentu kita harus bongkar dulu casing belakang atau backcover laptop ini. Untuk membongkarnya cukup persiapkan alat-alat berikut ini:
  • Obeng set atau obeng plus
  • Opening pick/kartu atm bekas
  • Pinset
Sebelum bongkar, pastikan laptop dalam keadaan mati (shut down) bukan sleep atau hybernate. 

Lepaskan 11 buah sekrup/baut dengan menggunakan obeng plus..


Setelah semua skrup dilepaskan, congkel casing belakang dengan menggunakan opening pick atau kartu kredit/atm bekas, dan geser ke seluruh sudut untuk melepaskan pengait-pengait casing..


Setelah semua pengait casing terlepas, maka casing belakang akan bisa dibuka, dan inilah jeroan Lenovo Legion Y7000..


Ok, saya mau mulai dari membuka baterai dulu, karena disarankan untuk memutus aliran listrik sebelum bongkar pasang komponen lain.

Membuka Baterai Lenovo Legion Y7000 Jika Ingin Diganti


Lepaskan konektor baterai dengan menggunakan jari tangan atau spudger dengan ujung runcing..


Jika konektor baterai sudah dilepas, maka arus listrik akan terputus dan Anda akan lebih aman bongkar pasang komponen lainnya.

Jika ingin membuka baterai dan mengganti dengan yang baru (Spesifikasi: model baterai L17M3PG2, rating 11.52V, kapasitas typ 4955mAh/57Wh), mungkin karena sudah drop, boros, cepat habis atau kembung. Silahkan lepaskan lima buah skrup yang menahan baterai.

Ganti/Upgrade HDD/SSD Lenovo Legion Y7000


Harddisk rusak, mau ganti atau upgrade dengan kapasitas yang lebih besar? Atau mungkin mau ganti SSD 2.5" agar copy-paste dan menjalankan aplikasi lebih cepat?

Lepaskan konektor SATA dari HDD..


Silahkan ganti HDD/SSD dengan melepaskannya terlebih dahulu dari bracketnya. Gunakan obeng plus untuk melepaskan HDD.

Upgrade RAM DDR4 Lenovo Legion Y7000


Laptop gaming ini memiliki RAM bawaan DDR4 2666 MHz sebesar 16GB (8GB x 2) yang ditempatkan pada dua buah slot SoDIMM. Jika Anda mau upgrade, laptop ini memiliki dua buah slot RAM yang dapat menampung kapasitas hingga 32GB (16GB x 2).

Setelah dibuka casing belakang, Anda tinggal membuka bracket aluminium yang menutup slot RAM, dan silahkan pasang RAM untuk menambah kapasitas..


Menambah SSD M.2 atau Intel Optane


Lenovo Legion Y7000 yang dijual di Indonesia biasanya sudah memiliki SSD M.2 sebesar 256GB. Mungkin Anda ingin upgrade kapasitasnya 512GB atau 1TB?

Di sebelah baterai notebook dekat slot HDD/SSD 2,5" ini ada sebuah tempat atau slot M.2 untuk memasang SSD M.2/Intel Optane.

Untuk melepas SSD M.2, Anda hanya perlu melepas sebuah skrup..


Demikian cara meningkatkan performa atau kecepatan laptop Lenovo Legion Y7000/Y540/Y740.

Baca Juga: Bongkar Laptop HP Envy 13 2019, Upgrade SSD dan Ganti Baterai, Bisa Upgrade RAM?

Kalau mau lihat video disassembly-nya, silahkan tonton video berikut dari LaptopMedia:


Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Bongkar Laptop Gaming Lenovo Legion Y540/Y7000, Upgrade HDD/SSD M.2/Intel Optane, RAM, dan Ganti Baterai"