Oppo A9 2020 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 3,8 Jutaan!

Review Singkat Oppo A9 2020


Sebelumnya Elppas sudah share spesifikasi dan unboxing HP Oppo A9 2020 ini, sekarang saya mau share review singkat HP Oppo A9 2020 rangkuman dari berbagai sumber..

Display/Layar



Oppo A9 2020 dilengkapi dengan layar IPS LCD 6,5 inchi dengan poni minimalis tetesan air. Resolusinya HD+ 720 x 1600 pixels pada aspek rasion 20:9 yang menghasilkan kerapatan pixel sekitar 270 ppi. 

Walaupun layarnya masih HD dengan ppi dibawah 300 tapi menurut saya pribadi layarnya cukup tajam dan bening-bening aja jika dilihat pada jarak pandang normal, kecuali kalau kita deketin dan dilihat lebih jeli tentu ada terlihat sedikit kurang kurang kerapatannya.

Visibilitas luar ruang tidak spektakuler, biasa saja, asalkan layar dalam keadaan bersih maka tidak akan menjadi masalah.

Reproduksi warna secara default layak, warnanya terlihat hidup walaupun tidak super akurat.

Secara keseluruhan tak ada masalah yang signifikan dengan layar.

Memang sayang sekali HP 3 jutaan dengan resolusi masih HD. Tapi tentu pengorbanan ini akan menghasilkan kelebihan di sektor lain. Karena tidak semua orang bisa merasakan perbedaan resolusi layar, tapi dapat dengan jelas mengagumi memori besar.

Design



Kalau soal design sih ini sebenarnya relatif, tergantung pandangan masing-masing. Tapi kalau menurut saya pribadi desainnya sudah wah, cakep dan elegan. Walaupun bahan body dari plastik polycarbonate, tapi finishingnya jadi bikin terlihat seperti kaca.

Untuk feel genggamannya di tangan enak, cuma agak berat dengan bobot 195 gram dan juga agak tebal dengan ukuran 9,1 mm jadi agak bulky tapi juga jadi terasa kokoh. Ya harap maklum karena untuk menampung baterai sebesar 5000 mAh, yang penting build quality ponsel ini sangat baik.

Masa Pakai dan Kecepatan Pengisian Baterai Oppo A9 2020



Oppo A9 2020 ditenagai oleh baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh, ini cukup monster dan daya tahannya bener-bener saya suka.

Untuk pemakaian sehari-hari saya yang sering buka sosmed, chatting, browsing, youtube dan sedikit bermain games karena saya jarang main games, baterainya ini bisa bertahan 1 sampai 2 harian.

Pokoknya untuk urusan baterai, ini menjadi nilai positif banget lah. Kebanyakan orang pasti tidak akan kecewa lah dengan ketahanan baterainya. Tapi tentunya ini relatif, tergantung penggunaan masing-masing. Semakin banyak aplikasi diinstal biasanya baterai semakin boros.

Sayangnya Oppo A9 2020 ini belum mendukung teknologi fast charging VOOC Flash Charge khas Oppo, jadi mengisi baterai 5000mAh lumayan agak lama, yaitu sekitar 2 jam 30 menit.

Performa/Kecepatan



Oppo A9 2020 ditenagai oleh chipset Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm) - SoC kelas menengah. SoC ini dapat mencetak skor Antutu sebesar 107.801. Score yang kurang optimal sebenarnya untuk Snapdragon 665.

Selain chipset yang cukup kencang, hal yang sangat menonjol dari A9 ini adalah RAM sebesar 8GB dan ROM atau memori internal sebesar 128 GB. Cocok banget buat yang suka ngoleksi foto pribadi atau video. Dan hal ini pastinya membuat A9 2020 ini lebih futureproof alias jika masih digunakan di 3-4 tahun kedepan juga mungkin masih akan sangat layak menjalankan aplikasi-aplikasi masa depan.

Untuk performa secara keseluruhan kalau buat saya yang kebanyakan main sosmed, chat, browsing, dan aplikasi sehari-hari sih sudah termasuk sangat lancar.

Untuk main game seperti Mobile Legend juga lancar pada setting high, dan PUBG juga secara default sudah mendapatkan setting Smooth dengan frame rate Medium, yang bisa diatur hingga Balance Medium atau Smooth High.

Kualitas Foto


Oppo A9 2020 memiliki kamera Quad yang terdiri dari 48 MP, f/1.8, (wide) sebagai lensa utama + 8 MP, f/2.3, 13mm (ultrawide), + 2 MP, f/2.4, + 2 MP, f/2.4 depth sensor.

Hasil foto Oppo A9 2020 bisa dibilang lumayan bagus, sesuai harga lah. Paling bagus tentu dari kamera utama 48 MP nya yang menghasilkan banyak detail yang ditangkap dan tidak banyak noise sebagai alasan mengeluh.

Kamera wide-angle nya yang sangat berguna untuk mengambil foto di ruang sempit sehingga dapat mengambil bingkai yang lebih luas. Selain itu juga ada kamera Macro yang berguna untuk memotret objek kecil.

Quad atau empat kamera di sepertiga akhir tahun 2019 ini sudah mulai populer, tapi perlu diingat bahwa resolusi kamera macro-nya masih kecil (2MP) jadi belum bisa dibilang mengesankan hasilnya.

Potret


Oppo A9 2020 mengambil potret objek manusia yang bagus dengan deteksi subjek yang kompeten dan keburaman latar belakang yang meyakinkan. Walapun seperti pada umumnya, potongan rambut terkadang suka ada yang kena blur sebagian sehingga terlihat berantakan dengan latar belakang cahaya karena blur tidak dibuat hanya oleh optik, sehingga hasil akan sangat tergantung pada subjek dan latar belakang.

Selain itu Oppo A9 2020 juga memberikan hasil bidikan latar belakang blur dengan baik pada objek benda atau bukan manusia.

Selfie Oppo A9 2020



Kamera selfie Oppo A9 2020 mengemas sensor 8 MP di belakang lensa aperture f/1.8. Ada berbagai fitur AI Face Beauty.

Pokoknya, selfie dengan Oppo A9 2020 banyak detail dan noise tetap terkontrol. Warna juga sangat baik.

Potret/bokeh selfie juga cukup bagus, pemisahan subjek cukup kompeten, tidak ada telinga yang terpotong dan blur juga tampak alami. Hanya di bagian rambut terkadang terbawa blur sedikit.

Rentang dinamis tidak begitu menakjubkan dan pada kondisi kontras akan mengakibatkan detail hilang, jadi Anda harus menempatkan pada posisi cahaya yang lebih seimbang agar hasil lebih baik, karena jika salah posisi maka akan kebanyakan putih di latar belakang.

Yang menjadi kekurangan adalah seperti ada sedikit lag pada saat pengambilan foto bokeh. Mungkin ini karena processor yang digunakan kurang bertenaga, atau mungkin karena software belum optimal, semoga ada update kedepan jika ini masalah software. 

Rekaman video


Oppo A9 2020 dapat merekam video hingga 4K pada 30fps. Tidak ada fitur stabilisasi OIS ataupun EIS pada ponsel ini.

Kualitas gambar pada video sudah cukup bagus, dan juga sudah ada EIS (Electronic Image Stabilization) pada resolusi FHD yang bekerja dengan baik untuk menstabilkan hasil rekaman.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A9 2020


Secara keseluruhan smartphone ini sudah OKE banget, kamera oke, baterai super awet, performa stabil, dan memori yang lega. Hanya saja layarnya belum Full HD.


Kelebihan:
  • Daya tahan baterai termasuk yang terbaik di kelasnya, dengan kemampuan reverse charging.
  • Quad camera dengan lensa Super Wide-angle dan Macro.
  • Hasil kamera secara keseluruhan oke 
  • Kamera selfie bagus 
  • Desain yang biasa terlihat cakep, mewah dan elegan dengan skema warna yang menarik.
  • Speaker stereo dan dukungan Dolby Atmos.
  • Performa stabil. 
  • Sudah ada EIS untuk rekaman video yang lebih stabil.
  • RAM dan ROM besar.
  • Triple slot (dual SIM + MicroSD).

Kekurangan:
  • Resolusi layar masih HD.
  • Belum mendukung VOOC fast charging.
  • Tidak ada NFC.

Jadi kesimpulan menurut saya sih, ini ponsel lebih cocok buat Anda yang mencari baterai besar 5000mAh dengan daya tahan yang baik, kamera quad yang mendukung super-wide angle dengan hasil yang baik, kamera macro yang layak dan kamera selfie yang bagus, serta RAM dan memori internal yang lebih dari cukup untuk multi tasikng dan menyimpan banyak foto.

Walaupun memiliki RAM dan ROM besar, tapi menurut saya ponsel ini bukan ditujukan untuk gamer, walaupun buat bermain games berat juga masih ok, apalagi di ColorOS 6 sudah ada fitur untuk meningkatkan performa gaming.

You know lah, target market Oppo kebanyakan cewek yang tidak begitu peduli dengan resolusi HD yang mungkin tidak begitu terasa pebedaannya dengan FHD di mata pengguna awam. Yang penting bisa nyimpen banyak koleksi foto, video, lancar jaya bermain sosmed, dan baterai bisa dipake seharian penuh.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya tentang bongkar casing belakang dan ganti baterai Oppo A9 2020.

0 Response to "Oppo A9 2020 Bagus Gak? Review Kelebihan dan Kekurangan di Harga 3,8 Jutaan!"

Posting Komentar