iPhone 11 dan 11 Pro Akan Menampilkan Peringatan jika Mengganti LCD/Baterai (Sparepart) Tidak Asli Apple

Apple iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max akan menawarkan peringatan baru jika teknisi perbaikan menggunakan layar LCD Apple yang tidak asli saat memperbaiki perangkat yang rusak.

"Unable to verify this iPhone has a genuine Apple display" (Tidak dapat memverifikasi iPhone ini memiliki tampilan Apple asli) akan muncul di bagian aplikasi Pengaturan (Setting) > General (Umum) > About (Tentang) aplikasi Pengaturan jika Anda mengganti layar LCD dengan sparepart yang OEM/KW alias bukan asli Apple.


Pesan peringatan diuraikan oleh Apple dalam dokumen dukungan baru yang mengatakan itu akan muncul di perangkat iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Rincian tentang pesan itu juga dimasukkan dalam catatan rilis iOS 13.1, yang menunjukkan bahwa fitur itu diaktifkan dengan pembaruan iOS 13.1.

Apple mengatakan bahwa peringatan itu hanya bersifat informasi dan tidak akan memengaruhi kemampuan untuk menggunakan iPhone atau layar Anda. Pemberitahuan akan ditampilkan pada layar Kunci selama empat hari pertama perangkat digunakan setelah perbaikan, dan setelah itu dalam aplikasi Pengaturan selama 15 hari sebelum dibatasi ke General > About.

Pemberitahuan tambahan juga dapat ditampilkan, memberi tahu pengguna bahwa Apple telah "memperbarui informasi perangkat" untuk iPhone yang dimaksud. Pemberitahuan tersebut berarti bahwa Apple telah memperbarui informasi perangkat yang disimpan untuk iPhone untuk "kebutuhan layanan, analisis keselamatan, dan untuk meningkatkan produk di masa depan."

Mengingat bahwa informasi tersebut ditambahkan ke profil perangkat semacam itu, teknisi perbaikan Apple akan dapat melihat secara sekilas apakah layarnya asli atau tidak.

Dokumen dukungan Apple memperingatkan tentang bahaya mendapatkan perbaikan dari teknisi yang tidak bersertifikat menggunakan bagian perbaikan yang tidak ori. Bagian-bagian yang tidak disediakan oleh Apple dapat mengakibatkan kinerja multi-touch yang terdegradasi, fungsionalitas True Tone yang rusak, penguras baterai yang tidak disengaja, koreksi warna yang salah, kecerahan yang tidak seragam, dan banyak lagi.

"Hanya teknisi yang telah menyelesaikan pelatihan layanan Apple dan yang menggunakan suku cadang dan alat original Apple yang harus mengganti layar iPhone," peringatan dari dokumen dukungan. Apple mengatakan bahwa ini termasuk Apple sendiri, Penyedia Layanan Resmi Apple, dan Penyedia Perbaikan Independen menggunakan suku cadang Apple asli.

Apple pada bulan Agustus meluncurkan Program Penyedia Perbaikan Independen baru yang dirancang untuk menyediakan toko reparasi independen dengan suku cadang, alat, pelatihan, manual perbaikan yang sama, dan diagnostik yang diberikan kepada Penyedia Layanan Resmi Apple.

Apple tahun lalu menerapkan peringatan serupa tentang baterai tidak-asli pada perangkat iPhone XS, XS Max, dan XR, memberi tahu pelanggan apakah iPhone telah diperbaiki dengan baterai yang disediakan Apple. Fitur itu sebenarnya menonaktifkan informasi kesehatan baterai iPhone, yang menyebabkan beberapa kontroversi.

Dokumen dukungan baterai terbaru yang dirilis minggu ini mengatakan bahwa peringatan baterai juga telah diterapkan untuk iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max.


Pada perangkat ini, bersama dengan iPhone 2018, jika baterai Apple non-asli digunakan untuk perbaikan, pengguna akan melihat peringatan tentang baterai yang tidak dapat diverifikasi.

Ketika berbicara tentang baterai, iPhone mengeluarkan peringatan meskipun jika tempat servis non-sertifikasi menggunakan komponen perbaikan Apple asli, dan hal yang sama bisa berlaku untuk perbaikan LCD. Bahkan jika sebuah toko menggunakan komponen Apple yang sebenarnya, proses perbaikan Apple membutuhkan kalibrasi yang tidak tersedia untuk semua bengkel.

Tidak ada fungsi yang terpengaruh dengan menggunakan komponen yang tidak asli (selain dari kesehatan baterai tidak berfungsi), tetapi Apple berpotensi mengubah ini di masa depan. Di masa lalu, Apple telah menonaktifkan beberapa perangkat yang memiliki komponen yang tidak asli, seperti masalah Kesalahan 53 yang merusak iPhone Touch ID yang telah diperbaiki oleh bengkel yang tidak bersertifikat.

Bagaimana menurut Anda, apakah peringatan tersebut membantu atau mengganggu?

0 Response to "iPhone 11 dan 11 Pro Akan Menampilkan Peringatan jika Mengganti LCD/Baterai (Sparepart) Tidak Asli Apple"

Posting Komentar