Iklan Header

Cara Membuka Casing Belakang, Fingerprint Modul dan Ganti Baterai Oppo A5 dan A9 2020

Di artikel ini Elppas akan membahas bagaimana cara membongkar atau membuka casing belakang hingga mengganti baterai smartphone terbaru yang masuk ke Indonesia di akhir tahun 2019, yaitu Oppo A5/A9 2020.

Oppo A5 2020 dan A9 2020 itu secara desain sama persis ya, hanya beda sedikit spesifikasi saja, jadi untuk bongkarnya sama saja.

Sebelumnya kita juga sudah share unboxing Oppo A9 2020 untuk melihat desain dari luar. Sekarang kita akan melihat bagaimana jeroan ponsel ini.

Sebelum bongkar, kita siapkan dulu alat-alat atau tools kit sebagai berikut:
  • SIM Card tray ejector
  • Heat gun atau heat machine
  • Suction cup
  • Opening pick
  • Obeng phillips #00 (plus ukuran 1,5~2.0mm)
  • Spudger
  • Pinset
Kalau mau bongkar tapi belum punya alatnya, silahkan cari di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore.

Langsung kita bongkar yuk..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Oppo A5/A9 2020


Seperti biasanya, sebelum bongkar pasikan ponsel dalam keadaan mati (turn off) dengan menekan tombol power beberapa detik hingga muncul icon power untuk digeser ke bawah.

Selanjutnya pastikan juga melepaskan terlebih dahulu SIM card tray holder (baki SIM card) dengan menggunakan SIM eject tool..


Karena backcover Oppo A5/A9 2020 ini di lem ke frame jadi kita harus memanaskannya terlebih dahulu di seluruh pinggirnya agar lem meleleh. Gunakan heat gun atau mesin pemanas dengan suhu sekitar 75 derajat Celcius dalam 5 menit.. (hindari bagian kamera)


Setelah kira-kira lem meleleh, maka kita gunakan suction cup untuk mengangkat backcover. Casing penutup belakang ini terbuat dari bahan plastik polycarbonate, jadi tidak akan pecah walau agak sedikit melengkung. Tapi jika takut rusak, bisa juga menggunakan kombinasi suction cup + opening tools + tetesan alkohol untuk melumerkan lem..


Hati-hati! Ada konektor kabel flexible fingerprint sensor yang terhubung dari casing belakang ke mainboard di sisi sebelah kiri kamera belakang (kalau posisi dari belakang, kalau layar menghadadap kita berarti sebelah kanan). Perhatikan gambar untuk lebih jelas..


Untuk melepaskan konektor itu, lepaskan sebuah sekrup dengan menggunakan obeng plus ukuran 1,5~2,0mm. Lalu congkel bracket plastiknya untuk membuka, dan konektor bisa dilepaskan juga..


Setelah itu maka backcover bisa dilepaskan dan dipisah dengan bodi utama.

Selanjutnya kita perlu melepaskan 15 buat baut dengan menggunakan obeng plus 1,5mm..


Setelah itu, maka midframe bisa dilepaskan. Caranya congkel antara midframe dan LCD assembly (body) dengan menggunakan opening pick atau pick gitar untu melepaskan pengait-pengaitnya..


Setelah itu maka kita bisa melihat jeroan ponsel ini termasuk baterainya. Kira-kira begitulah cara membuka casing belakang Oppo A5/A9 2020/AX7.

Untuk Anda yang mau mengganti baterai Oppo A5/A9 2020, yaitu apabila baterai sudah boros, cepat habis, kembung, atau masalah baterai lainnya, silahkan ikuti tutorial berikutnya.

Langkah 2: Mengganti Baterai Oppo A5/A9 2020


Setelah dibuka backcover dan midframe-nya, baterainya sudah bisa kita lihat, dan siap dilepaskan. Untuk membukanya, lepaskan terlebih dahulu konektornya dengan menggunakan spudger ata kuku..


Jika konektor baterai sudah terlepas, maka baterai bisa dilepaskan dengan cara menarik pull-tab atau plastik berwarna hijau.. kelupas juga plastik bening yang menghalangi..

..tarik pull-tab ke atas dengan hati-hati. Jika susah, Anda bisa meneteskan alkohol sekikit (0.2mL) untuk melunturkan lem di sisi baterai ini..


Tunggu beberapa saat, dan Anda akan lebih mudah membuka baterainya..


Baterai sudah terbuka, silahkan ganti dengan baterai baru. Pasang kembali semua part setelah baterai baru dipastikan berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Tanya Jawab Semua Hal Tentang Oppo A9 2020

Demikian tutorial ganti baterai Oppo A5/A9 2020. Do it with your own risk.

Jika ingin membongkar seluruhnya, silahkan lihat video Oppo A5/A9 2020 Dissassembly berikut ini:


Semoga bermanfaat. Video and Pics source: Android Corridor.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Casing Belakang, Fingerprint Modul dan Ganti Baterai Oppo A5 dan A9 2020"