Cara Memperbaiki Samsung Galaxy A50 Tidak Mau Nge-cas dan Masalah Charging Lainnya

Salah satu ponsel kelas menengah populer di tahun 2019 ini, kami menemukan Galaxy A50 cukup dapat diandalkan dan mengesankan untuk harganya. Setelah beberapa bulan dirilis, kami menerima laporan bahwa beberapa pengguna sudah memiliki masalah pengisian daya dengannya.

Jika Anda adalah salah satu dari sedikit pengguna kurang beruntung yang memiliki Galaxy A50 yang tidak bisa nge-cas, silahkan baca sampai selesai. Di bawah ini adalah langkah pemecahan masalah yang harus Anda ikuti untuk memperbaiki Galaxy A50 Anda yang tidak mau ngecas

Jika Galaxy A50 Anda tidak bisa mengisi baterai tanpa alasan yang jelas, Anda harus melakukan sejumlah langkah pemecahan masalah untuk mengetahui dari mana masalah itu berasal. Inilah langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

Cek 1, Galaxy A50 tidak bisa ngecas: Periksa aksesori pengisian daya


Jika Galaxy A50 Anda masih belum menyala pada saat ini, ada baiknya untuk memeriksa apakah ada masalah dengan kabel dan adaptor pengisian daya. Anda harus melakukan ini bahkan jika tidak ada tanda-tanda kerusakan pada kabel dan adaptor USB.

Cobalah pinjam satu set kabel dan adaptor Samsung asli atau yang kompatibel untuk Galaxy A50. Atau coba cas ponsel lain dengan charger dan kabel Anda, apakah berfungsi dengan baik? Jika ya, maka bukan masalah charger/kabel. Coba cek hal lain..

Cek 2, A50 tidak mau ngecas: Coba di outlet lain


Kadang-kadang, masalah pengisian semua bisa menjadi masalah stopkontak yang sederhana. Jika Anda telah mengisi daya di stopkontak yang sama sejak masalah dimulai, ada kemungkinan bahwa masalahnya mungkin bukan pada perangkat Anda melainkan pada outlet tersebut. Coba gunakan yang lain saat mengisi daya untuk melihat apakah masalahnya di stop kontak atau bukan.

Solusi 3, Galaxy A50 tidak mau hidup dan tidak ngecas: Periksa port pengisian daya


Satu hal mendasar lain yang harus Anda lakukan jika Galaxy A50 Anda tidak mau hidup adalah memeriksa port pengisian daya secara visual. Ini adalah bagian yang paling sering terkena kotoran, serat, atau benda asing yang biasanya tidak dipedulikan pengguna.

Jika ada sesuatu di port yang menghalangi kabel pengisian untuk membuat kontak dengan konektor, pengisian daya ponsel mungkin lambat atau tidak masuk sama sekali. Jika A50 Anda telah habis baterainya dan ada masalah dengan port pengisian, tidak dapat mengisi mungkin menjadi akar penyebab masalah.

Jika Anda merasa port pengisian daya kotor, coba bersihkan dengan sekaleng udara terkompresi. Jangan memasukkan apa pun di dalamnya untuk menghindari kerusakan sistem.

Jika port jelas dan tidak ada kerusakan yang terlihat sama sekali, maka coba pemecahan masalah berikutnya.

Cek 4, A50 tidak bisa mengisi baterai: Gunakan komputer untuk mengisi daya


Kadang-kadang, mengisi daya perangkat dengan komputer dapat menghapus bug sistem yang mencegah pengisian daya.

Saat melakukan langkah pemecahan masalah ini, pastikan komputer Anda dinyalakan dan memiliki driver yang diperlukan. Cobalah untuk menginstal pembaruan sistem operasi terbaru untuk mesin Anda jika itu tidak akan mendeteksi Galaxy A50 Anda.

Solusi 5, A50 tidak bisa mengisi daya: Lakukan soft reset


Hal berikutnya yang perlu Anda coba lakukan adalah melakukan soft reset. Ini mungkin dapat menyingkirkan bug juga. Untuk melakukan itu, cukup tekan dan tahan tombol Daya dan Volume Turun selama sekitar 10 detik. Setelah ponsel dihidupkan ulang, lepaskan tombol. Ini biasanya efektif dalam membersihkan bug yang muncul ketika suatu sistem dibiarkan berjalan selama beberapa waktu.

Kami menyarankan Anda me-restart A50 Anda menggunakan metode ini setidaknya sekali seminggu untuk mengurangi kemungkinan bug.

Untuk beberapa Galaxy A50, mungkin ada cara yang sedikit berbeda untuk sampai pada metode yang sama. Begini caranya:
  1. Tekan dan tahan tombol Daya + Volume Turun selama sekitar 10 detik atau hingga melakukan restart perangkat. Biarkan beberapa detik hingga layar Mode Pemeliharaan Boot muncul.
  2. Dari layar Maintenance Boot Mode, pilih Boot Normal. Anda dapat menggunakan tombol volume untuk menelusuri opsi yang tersedia dan tombol kiri bawah (di bawah tombol volume) untuk memilih. Tunggu hingga sekitar 90 detik hingga reset selesai.

Cek 6, Galaxy A50 tidak bisa ngecas: Cek baterai


Apakah baterai ponsel Anda sudah berumur lama? Baterai ada umurnya, ada saatnya baterai drop dan rusak. Jika baterai sudah tidak berfungsi lagi, mungkin tidak akan bisa diisi sehingga ponsel tidak mau ngecas.

Coba cek baterai jika sudah berumur, Anda perlu mengganti baterai ponsel biasanya setelah pemakaian 1,5~2 tahun. Untuk mengganti baterai bisa datang langsung ke Samsung Service Center, atau ganti sendiri. Silahkan baca artikel: Cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Samsung Galaxy A50.

Solusi 7, Galaxy A50 tidak dapat mengisi baterai

Solusi 7, Galaxy A50 gak bisa ngecas: Masalah Hardware


Salah satu penyebab kerusakan yang mengakibatkan kegagalan pengisian baterai adalah rusaknya bagian tertentu pada perangkat keras.

Sub board Samsung Galaxy A50 - Modul sparepart Mic, Port charging, Headphone Jack.

Jika Galaxy A50 Anda hanya bermasalah di bagian pengisian baterai (tidak bisa di cas), mungkin terjadi kerusakan pada IC charging atau port charging. Coba ganti sub-board nya.

Solusi 8, Galaxy A50 tidak bisa ngecas: Dapatkan bantuan dari Samsung


Jika semua pengecekan sudah Anda lakukan, namun masalah masih berlanjut. Sebaiknya Anda minta bantuan saja ke Service Center Samsung, apa lagi jika masih dalam cover garansi resmi, mungkin tidak akan terkena biaya sparepart dan service.

Kunjungi Samsung Service Center di sekitar Anda untuk melakukan pemeriksaan lanjut pada ponsel Anda.

0 Response to "Cara Memperbaiki Samsung Galaxy A50 Tidak Mau Nge-cas dan Masalah Charging Lainnya"

Posting Komentar