Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Xiaomi Redmi 7A

Di artikel kali ini Elppas akan membahas bagaimana cara membuka casing belakang Xiaomi Redmi 7A. Selain itu juga akan dilanjutkan dengan panduan mengganti baterai apabila suatu saat baterai sudah drop, boros, cepat habis, kembung atau bermasalah silahkan gunakan tutorial ini sebagai gambaran.

Sebenarnya cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Redmi 7A ini kurang lebih sama dengan cara mengganti baterai Redmi 6A yang merupakan pendahulunya. Jadi kalau sudah pernah bongkar 6A pasti sudah kebayang.

Sebelum bongkar-bongkar, kita bahas dulu alat yang diperlukan serta spesifikasi baterainya.

Obeng dan tools kit untuk membongkar Xiaomi Redmi 7A:
  • SIM Card Tray ejector, biasanya disertakan dalam kotak penjualan
  • Opening pick atau pick gitar atau spudger
  • Obeng phillips (plus) ukuran 1.5mm
  • Pinset (optional)
Kalau belum punya obeng dan tools kit bisa beli di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore.

Spesifikasi baterai original Xiaomi Redmi 7A: 

  • Jenis: Lithium-ion Polymer Battery
  • Model: BN49
  • Charging Voltage Limit: 4.40VDC
  • Rated Capacity: 3900 mAh 15.0/15.4Wh(min/typ) 3900/4000mAh (min/typ)
  • Rated Voltage: 3.85VDC
Kalau baterai ori bisa datang ke Xiaomi Service Center, bukan Mi Store karena gak jual spare parte. Tapi di service centernya, tapi entah bisa beli baterainya aja atau harus langsung diganti disana, karena sebenarnya lumayan mahal juga biaya service-nya.

Di toko biasa atau online shop mungkin banyak yang jual tapi biasanya KW atau OEM. Hati-hati beli baterai KW karena biasanya kapasitas tidak real jadi cepat habis juga baterainya. Lebih baik kalau tidak bisa beli ori minimal yang OEM dan bermerk seperti Hippo, Rakkipanda, Remax dan sejenisnya karena ada garansinya dan kapasitas dan keawetannya mirip dengan ori.

Setelah siap langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Xiaomi Redmi 7A


Seperti biasa, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mematikan dulu smartphone-nya dengan menekan tombol power beberapa detik lalu tap "turn off".

Jangan lupa juga keluarkan SIM card tray holdernya dengan menggunakan SIM card ejector yang diberikan di paket penjualan..


Selanjutnya congkel antara LCD dengan casing belakang dengan menggunakan opening tools seperti pick gitar atau disini kami menggunakan spudger..


Geser ke seluruh bagian untuk melepas pengait-pengait casing belakang ke body. Setelah itu, maka casing belakang akan bisa dibuka dan dipisahkan dengan body-nya..


Tidak ada kabel flexible yang menghalangi, karena Redmi 7A tidak memiliki fingerprint sensor di bagian belakang.

Backcase sudah terbuka, jika ingin mengganti baterai silahkan lanjutkan ke tutorial selanjutnya..

Langkah 2: Mengganti Baterai Xiaomi Redmi 7A


Baterai sudah terlihat, namun belum bisa langsung dilepas karena konektor dilindungi plat plastik (bracket), dan baterai bawaan juga menempel ke body dengan perekat khusus.

Lepaskan terlebih dahulu bracket yang menutupi konektor baterai dengan melepas 8 buah sekrup/baut. Gunakan obeng phillips (plus) dengan ukuran #00 atau 1.5~2.0mm.

Perhatian: Ada salah satu sekrup yang ditutupi stiker segel Xiaomi, merusak segel tersebut berarti membatalkan garansi. Tapi biasanya baterai umurnya lebih dari satu tahun jadi garansi sudah habis pas ganti baterai.


Setelah plat plastik tersebut dibuka, maka kita bisa melepaskan konektor baterai dengan menggunakan spudger.. Lepaskan juga konektor LCD dan konektor sub-board karena menghalangi baterai..


Selanjutnya kita akan menarik perekat baterai yang merekatkan baterai ke body. Cara melepasnya sekarang agak sedikit berbeda dari ponsel-ponsel Xiaomi sebelumnya, ini lebih mirip dengan cara membuka baterai Oppo, Realme atau Vivo.

Ada plastik pull-tab berwarna orange yang menempel ke baterai yang bisa kita tarik untuk melepaskan baterai.

Jika pull-tab sobek, bisa gunakan metal/plastic spudger untuk membukanya..


Setelah baterai terlepas, silahkan ganti baterainya dengan yang baru. Pasang kembali konektor-konektornya. Tes nyala. Pasang kembali semua sparepart jika sudah dipastikan baterai berfungsi normal.

Next akan kita bahas harga-harga sparepart dan aksesoris original Redmi 7A, tunggu update di artikel selanjutnya.

Disclaimer: Do with your own risk. Pics source: HU Technology.

0 Response to "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Xiaomi Redmi 7A"

Posting Komentar