Memperbaiki Samsung Galaxy A50 yang Sering Terputus Koneksi dari Jaringan WiFi

Ketika ponsel kelas menengah seperti Samsung Galaxy A50, atau smartphone apa pun, terus memutus koneksi dari jaringan WiFi atau tidak mau terhubung, Anda selalu dapat mengharapkannya sebagai masalah kecil lebih dari apa pun. Meskipun kami telah melihat banyak masalah terkait jaringan di masa lalu, sebagian besar disebabkan oleh masalah firmware, gangguan atau masalah kecil dengan perangkat jaringan.

Tetapi ada juga kasus di mana masalah terjadi setelah pengguna menginstal custom ROM pada perangkat. Ini agak rumit karena ternyata, ini masalah firmware dan kami benar-benar tidak tahu apa masalahnya tanpa harus melihat daftar perubahan pengembang. Sebagian besar waktu masalahnya mungkin karena modding yang belum selesai tetapi solusi yang paling efektif adalah mem-flash kembali ke firmware stock.

Asalkan integritas firmware ponsel Anda masih utuh, maka pos ini mungkin dapat membantu Anda karena saya akan memandu Anda dalam memecahkan masalah Galaxy A50 Anda yang terus memutus koneksi atau yang koneksinya terus menurun. Kami akan mencoba mempertimbangkan setiap kemungkinan dan mengesampingkannya satu per satu sampai kami dapat menentukan masalahnya dan mudah-mudahan memperbaikinya. Jadi, teruskan membaca karena artikel ini mungkin dapat membantu Anda.

Hanya ada beberapa prosedur yang akan saya berikan kepada Anda dalam panduan ini karena saya menghilangkan yang tidak benar-benar membantu. Berdasarkan pengalaman, ini hanya masalah kecil dan harus diperbaiki dengan salah satu prosedur di bawah ini. Inilah yang perlu Anda lakukan:

Solusi pertama: Paksa restart ponsel Anda yang terus memutus koneksi


Selalu disarankan untuk melakukan prosedur ini terlebih dahulu karena masalahnya bisa disebabkan oleh kesalahan kecil atau masalah firmware. Lagipula, ini sangat mudah dilakukan dan sangat efektif dalam memperbaiki masalah kecil. Ini dapat menyelamatkan Anda dari melakukan semua prosedur lain di bawah ini. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah ini:
  1. Tekan dan tahan tombol volume bawah dan tahan.
  2. Sambil menahan tombol volume, tekan dan tahan juga tombol daya/power.
  3. Tahan kedua tombol bersama-sama selama 15 detik atau hingga logo Galaxy A50 muncul.
Setelah ponsel berhasil reboot, cobalah untuk melihat apakah masih sama masalahnya. Jika masih, lanjutkan ke prosedur selanjutnya.

Solusi kedua: Restart modem/router Anda


Selalu mungkin bahwa penyebab masalah ini adalah perangkat jaringan Anda. Ada kalanya hal-hal ini juga crash dan sebentar-sebentar berhenti menyiarkan sinyal. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyegarkan kembali koneksi antara telepon Anda dan perangkat jaringan Anda dengan merestartnya.
  1. Cabut modem atau router Anda dari stopkontak.
  2. Biarkan tanpa daya selama satu atau dua menit.
  3. Setelah itu, hubungkan perangkat kembali ke stopkontak di dinding dan tunggu sampai mulai menyiarkan sinyal.
  4. Biarkan ponsel Anda terhubung kembali ke jaringan.
Amati perangkat Anda dengan seksama untuk mengetahui apakah masih memutuskan koneksi dari jaringan. Jika masih, coba solusi berikutnya.

Solusi ketiga: Reset pengaturan jaringan


Jika Galaxy A50 Anda tetap terputus dari jaringan setelah dua prosedur pertama, maka sudah waktunya untuk menghapus semua koneksi nirkabel di telepon Anda dan menyegarkan semua layanan nirkabel. Anda dapat mencapai ini dengan mengatur ulang pengaturan jaringan telepon Anda.
  1. Geser ke bawah dari atas layar untuk menarik panel notifikasi ke bawah.
  2. Sentuh ikon Pengaturan di sudut kanan atas layar.
  3. Setelah Pengaturan dibuka, gulir ke bawah untuk menemukan Manajemen umum dan kemudian ketuk.
  4. Sentuh Reset.
  5. Ketuk Reset pengaturan jaringan.
  6. Ketuk Atur ulang pengaturan.
  7. Masukkan PIN, kata sandi, atau pola Anda.
  8. Ketuk Atur Ulang.
Setelah ini, hanya data seluler yang diaktifkan jadi nyalakan WiFi sehingga akan memindai jaringan yang tersedia dan kemudian biarkan ponsel Anda terhubung kembali ke jaringan Anda. Jika masalah masih belum dapat diperbaiki, maka tidak ada pilihan lain selain mengatur ulang ponsel Anda.

Solusi keempat: Cadangkan file Anda dan reset ponsel Anda


Master reset dapat memperbaiki masalah perangkat lunak apa pun termasuk yang ini. Ini solusi terakhir bila semua solusi diatas tidak dapat mengatasi. Pada titik ini, Anda tidak punya pilihan lain. Karena itu, pastikan untuk membuat cadangan file dan data penting Anda. Setelah itu, hapus akun Google dan Samsung Anda sehingga Anda tidak akan dikunci. Setelah semuanya beres, ikuti langkah-langkah ini untuk mengatur ulang ponsel Anda:
  1. Matikan perangkat.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume Naik dan tombol Bixby, lalu tekan dan tahan tombol Daya.
  3. Saat logo Galaxy A50 muncul, lepaskan ketiga tombol.
  4. Galaxy A50 Anda akan terus boot ke Mode Pemulihan. Setelah Anda melihat layar hitam dengan teks biru dan kuning, lanjutkan ke langkah berikutnya.
  5. Tekan tombol Volume bawah beberapa kali untuk menyoroti ‘menghapus data / reset pabrik’.
  6. Tekan tombol Daya untuk memilih.
  7. Tekan tombol Volume turun sampai ‘Ya’ disorot.
  8. Tekan tombol Daya untuk memilih dan memulai reset master.
  9. Ketika master reset selesai, 'Reboot sistem sekarang' disorot.
  10. Tekan tombol Daya untuk memulai ulang perangkat.
Saya harap kami dapat membantu Anda memperbaiki Galaxy A50 Anda yang terus memutus koneksi dari jaringan WiFi.

Solusi terakhir: Mencari bantuan dari seorang teknisi


Jika cara 1-4 tidak berhasil menyelesaikan masalah sambungan ke jaringan WiFi Anda, maka saatnya Anda mencari bantuan dari teknisi atau bawa ke Samsung Service Center terdekat, karena kemungkinan besar itu adalah masalah hardware seperti komponen rusak atau konektor wifi terlepas.


Baca Juga: Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Samsung Galaxy A50

Semoga bermanfaat! Kami akan sangat menghargai jika Anda membantu kami menyebarkan berita, jadi silakan bagikan posting ini jika Anda merasa terbantu. Terima kasih banyak telah membaca!

0 Response to "Memperbaiki Samsung Galaxy A50 yang Sering Terputus Koneksi dari Jaringan WiFi"

Posting Komentar