Review Oppo Reno 10x Zoom, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Review Singkat Oppo Reno 10x Zoom


Sebelumnya Elppas sudah share spesifikasi dan unboxing HP Oppo Reno 10x Zoom ini, sekarang saya mau share review singkat smartphone kelas Oppo Reno 10x Zoom ala orang awam..

Display/Layar



Modul pop-up sirip hiu diperlukan untuk menjaga jarak dari layar. Dan karenanya, Oppo Reno 10x zoom dapat menerapkan layar AMOLED 6,6" yang bebas dari gangguan apa pun. Ia dilindungi dengan Gorilla Glass 6 dan jika itu tidak cukup, Oppo juga menerapkan pelindung layar tambahan yang sudah ditempel dalam kotak penjualannya.

Layar AMOLED memiliki resolusi 1080p atau 1.080 x 2.340 piksel, sehingga mencapai rasio aspek 19.5:9 dan kepadatan 387ppi. Matriks di bawahnya adalah Diamond PenTile, tetapi Anda tidak bisa mengatakannya kecuali jika Anda melihatnya di bawah mikroskop (seperti yang kami lakukan).

Layar Reno cukup cerah untuk AMOLED pada 440 nits, tetapi tidak bisa melampaui seperti Samsung OLED. Tidak ada peningkatan kecerahan dalam mode Auto, jadi 440 nits adalah apa yang akan Anda dapatkan dalam mode manual dan auto brightness.

Oppo tidak menawarkan banyak opsi tampilan - Anda dapat memilih Vivid (ruang warna DCI-P3) dan Gentle (ruang warna sRGB). Ada juga slider suhu warna yang berada di antara Cool, Default, dan Warm.

Layarnya cukup akurat untuk DCI-P3 dan sRGB dengan deltaE rata-rata 3,5 dan deviasi maksimum 9,7 pada titik putih (warna biru yang terlihat). Jika Anda menyeret penggeser suhu di Pengaturan Tampilan ke Warm (Hangat), Anda akan mendapatkan satu presentasi warna yang sangat akurat dengan deltaE rata-rata 2,4 dan deviasi maksimum 5 sehingga dapat menghilangkan warna kebiruan pada layar putih.

Design



Tahun ini pop-up berkembang untuk membuat layar penuh tanpa poni atau takik tetesan air. Dan walaupun zoom Reno 10x bukan yang pertama kali menggunakan pop-up bermotor, solusinya mewakili pandangan yang sama sekali baru pada teknologi penyebaran yang cepat.

Perusahaan ini memiliki sejarah yang kaya dengan bagian-bagian yang bergerak dimulai dengan kamera yang berputar secara manual dari Oppo N1 pada tahun 2013 dan kamera rotating yang berputar dari motor Oppo N3 tahun 2014. Find X dan F11 Pro keduanya memiliki pop-up bermotor yang berbeda - bagian atas Find X meluncur naik untuk mengungkapkan semua kamera, sementara F11 Pro memiliki pop-up kecil untuk kamera selfie saja. Namun setahun kemudian Oppo Reno 10x Zoom membawa solusi baru.

Ponsel ini terlihat seperti flagship biasa. Bagian depan adalah semua kaca layar, takik; bagian belakang semua kaca dengan banyak kamera; dan satu bingkai logam menyatukan semuanya.

Seluruh bagian depan ditempati oleh layar 6.6"AMOLED dengan sudut-sudut yang bulat dan bezel minimalis. Tidak ada penghalang di sekitar, baik itu poni atau lubang punch. Ini mendalam seperti pada kebanyakan ponsel kelas atas saat ini.

Pelindung panel OLED agar tetap aman adalah Gorilla Glass 6 terbaru, juga dikenal sebagai kaca terberat di Bumi sesuai klaim PR Apple. Ini hampir sepenuhnya datar, selain dari tepi 2.5D yang hampir tidak terlihat untuk memastikan mulusnya pergeseran jari Anda hingga ke tepi.

Di bagian bawah layar terdapat pembaca sidik jari optik, yang merupakan yang tercepat yang pernah kami coba. Ini super akurat dan cepat seperti sensor fingerprint konvensional. Sepertinya sama dengan yang digunakan pada OnePlus 7 Pro, meskipun dalam pengalaman kami responya sedikit lebih baik pada Reno.

Potongan pop-up memiliki bentuk segitiga seperti sirip dan mengambil sebagian besar bagian atas Reno. Disitu terdapat juga lubang suara yang juga berfungsi sebagai speaker, kamera selfie 16MP, dan lampu kilat LED yang sangat baik. Jangan khawatir - Anda tidak perlu menaikkan pop-up untuk setiap panggilan karena suara merembes masuk melalui celah kecil yang hampir tidak terlihat.

Menariknya, di bagian belakang pop-up ini ada flash lain - dual-LED yang digunakan oleh kamera utama. Kita dapat memahami mengapa Oppo meletakkannya di sana - karena ada fitur Night Mode untuk memotret dalam gelap, lampu kilat akan lebih sedikit digunakan sehingga disembunyikan dari pandangan sampai dibutuhkan.

Modul pivoting yang digerakkan motor terbuka dalam 0,8 detik - itu cukup cepat bahkan dapat digunakan sebagai face unlock meskipun itu bukan solusi tercepat. Oppo menjamin hingga 200.000x naik turun tanpa gagal, itu cukup banyak seandainya Anda menggunakannya 50x sehari maka akan bertahan 11 tahun.

Mekanisme ini juga memiliki beberapa kecerdasan yang salahsatunya akan menutup secara otomatis jika ponsel terjatuh, melindungi sirip hiu dari benturan. Selain itu, ia tidak akan mencoba untuk membuka jika terdeteksi ada yang menghalangi dan sebagai gantinya akan mencoba lagi beberapa saat kemudian.

Bagian belakang Reno 10x Zoom juga sangat menarik. Ia terbuat dari Gorilla Glass 5 dan sedikit melengkung ke arah sisi yang enak digenggam.

Reno 10x tersedia dalam dua warna, yaitu Ocean Green dan Jet Black. Kedua opsi memiliki beberapa lapisan khusus yang menambahkan efek gradien di bawah cahaya yang berbeda, sehingga Reno terlihat cukup keren.

Tidak ada tonjolan kamera di belakang Reno. Ketiga lensa kamera rata dengan kaca, yang jarang terjadi saat ini. Anda dapat dengan mudah melihat aksen glossy di sekitar lensa kamera dan garis tipis dengan logo Oppo.

Pengaturan kamera itu sendiri mencakup sensor 48MP di atas, shutter ultra-wide angle 8MP di tengah, dan terakhir lensa periskop 130mm untuk sensor 13MP.

Ada lingkaran kecil yang dikelilingi oleh cat hijau. Kami pikir itu murni untuk dekorasi, tetapi kami menyadari itu memang memiliki tujuan - cukup menonjol untuk menjaga lubang mic tidak tersumbat dan kaca di bagian kamera tidak tergores ketika Reno berbaring di permukaan yang datar.

Bingkai Oppo Reno 10x Zoom terbuat dari logam dan cocok dengan cat hijau di bagian belakang. Ini memiliki lapisan beku yang sama dan beberapa ukiran yang lebih tajam, yang tidak hanya meningkatkan tampilannya, tetapi juga pegangannya.

Oppo Reno 10x Zoom memiliki speaker stereo - lubang suara untuk telpon berfungsi sebagai speaker, sedangkan yang lain memiliki gril di bagian bawah ponsel, di sebelah port USB-C. Juga di bagian bawah adalah slot SIM-hybrid.

Tidak ada jack audio 3.5mm pada Reno, atau blaster IR.

Reno 10x Zoom berukuran 162 x 77,2 x 9,3 mm - cukup kompak untuk ponsel dengan layar 6,6". Lebih tinggi 4mm dan lebih lebar 4mm dari Huawei P30 Pro dengan layar 6,47". beratnya 210g, sekitar 20g lebih berat dari P30 Pro.

Oppo Reno 10x Zoom adalah ponsel besar. Tetapi juga menawarkan salah satu pengalaman paling mendalam yang bisa Anda dapatkan hari ini berkat layar AMOLED.

Menggengam Reno 10x Zoom cukup nyaman bahkan tanpa kasing yang disediakan, Reno tidak licin dan secara keseluruhan kami tidak pernah merasa tergelincir saat mengambil gambar, bermain game atau hanya browsing.

Masa Pakai dan Kecepatan Pengisian Baterai Oppo Reno 10x Zoom


Oppo Reno 10x zoom ditenagai oleh baterai 4.065 mAh. Ponsel ini mendukung pengisian cepat 20W VOOC 3.0 dari Oppo yang disertakan di dalam kotak penjualan. Mengisi ulang sekitar 52% dari 0 dalam 30 menit, dan sekitar 1 jam 24 menit untuk mengisi hingga full.

Kami menjalankan tes baterai kami, dan Oppo Reno 10x zoom membukukan skor keseluruhan yang sangat baik daya tahannya. Itu salah satu yang terbaik untuk ponsel flagship, terutama yang memiliki layar besar.

Loudspeaker/Pengeras suara dan Kualitas Audio



Reno adalah smartphone Oppo kedua yang memiliki pengeras suara stereo, dan sudah lebih dari lima tahun sejak kami bertemu yang pertama - Oppo Find 7. Berbeda dengan Find 7 dan dua speaker besarnya, Reno menggunakan cara baru dalam menyampaikan fitur tersebut. - artinya satu speaker di bagian bawah telepon dan lubang suara telpon berfungsi sebagai yang kedua.

Tidak seperti Apple iPhone terbaru, lubang suara Reno tidak cukup kuat untuk menyamai speaker bawah. Suara yang berasal dari lubang suara telpon itu tenang, datar, dan sering berderit, dan sebagian besar digunakan untuk menciptakan nuansa stereo dan tidak ada yang lain. Sayangnya, karena kualitasnya yang buruk, kadang-kadang itu mungkin menjadi perusak daripada penguat.

Berita baiknya adalah speaker bawahnya cukup keras dengan output suara yang luar biasa. Kami telah mendengar pengeras suara seluler lainnya tampil sedikit lebih baik di posisi terendah, tetapi Reno 10x zoom tentu tidak mengecewakan. Sejauh menyangkut kenyaringan, ponsel ini mendapat peringkat Sangat Bagus.

Oppo Reno tidak datang dengan adaptor USB-C ke 3.5mm. Ini berarti kami tidak dapat menguji kualitas audio karena sangat tergantung pada jenis headphone atau adaptor yang Anda miliki - masing-masing memiliki DAC sendiri dan harus diuji secara individual.

Performa/Kecepatan



Oppo Reno 10x Zoom menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 855 yang merupakan kelas atas. Ada versi 5G dan model 4G reguler. Ada juga model Oppo Reno (tanpa zoom 10x) dengan chip Snapdragon 710 bukan 855.

Snapdragon didasarkan pada simpul 7nm dari TSMC dan menggabungkan CPU octa-core yang disebut Qualcomm Kryo 485. Ada satu core Gold yang paling kuat (turunan Cortex-A76) yang memiliki clock 2,84 GHz, kemudian ada tiga core Gold dengan clock 2,42 GHz dan sekelompok 4x Silver core (turunan Cortex-A55) berdetak pada 1,79 GHz.

Arsitektur prosesor yang tidak biasa ini menggunakan arsitektur ARM's DynamIQ yang menggabungkan berbagai core dengan clock yang berbeda bekerja secara mulus dalam satu paket.

GPU-nya adalah Adreno 640 dari Qualcomm yang merupakan prosesor grafis terbaik yang dapat menangani hampir semua yang Anda lakukan, terutama pada layar 1080p.

Oppo Reno 10x zoom memiliki 8GB RAM dan 256GB penyimpanan.

Kami menjalankan benchmark tradisional kami dan chip Snapdragon 855 di dalam Oppo Reno melakukan seperti yang diharapkan - setara dengan perangkat S855 lainnya seperti LG G8.

Prosesor Qualcomm terbaru memang yang terbaik yang tersedia di Android mana pun saat ini dan hanya Exynos terbaru Samsung yang dapat menandingi. Reno biasa memiliki prosesor yang sama dengan Oppo RX17 Pro dan Anda dapat melihat Snapdragon 855 mencapai dua kali lipat nilainya.

Adreno 640 adalah binatang buas seperti yang dibuktikan oleh tes offscreen dan onscreen. Dan Reno yang memiliki layar 1080p membuatnya sangat siap untuk menangani setiap permainan mutakhir yang tersedia pada tahun 2019 ini dan mungkin yang akan diluncurkan dalam beberapa tahun mendatang.

Terakhir, tes gabungan AnTuTu mendapat skor sekitar 364220, menegaskan fitur Reno 10x zoom merupakan perangkat keras yang tepat sesuai banderol harga yang memang salah satu yang terbaik yang ditawarkan pasar Android.

Jadi, sejauh menyangkut kinerja, Oppo Reno 10x zoom tidak akan mengecewakan Anda. Dan itu mengelola panas dengan baik - mungkin menjadi sedikit hangat di sana-sini, tetapi tidak ada yang mengkhawatirkan dan pelambatan jarang menjadi masalah bahkan dengan menjalankan benchmark berulang atau sesi gaming yang lama.

Menu Kamera



Terlepas dari namanya, Oppo Reno 10x zoom bukan hanya tentang kamera tele. Pengaturan triple camera-nya memiliki shutter biasa, lensa ultra-wide angle, dan terakhir kamera telefoto. Dan sementara yang terakhir jelas yang paling langka dan dijamin dimasukkan dalam nama, dua lainnya bisa dibilang akan lebih banyak digunakan.

Kamera utama mengandalkan sensor Sony IMX586 Quad Bayer 48MP yang semakin populer yang menghasilkan gambar 12MP secara default. Ini imager besar - tipe 1 / 2.0 "dengan piksel individu 0,8 μm. Lensa 26mm di depannya cukup cerah, menampilkan aperture f / 1.7 dan juga menawarkan OIS (Optical Image Stablization).

Lalu ada kamera ultra wide. Ini memiliki sensor 8MP di belakang lensa setara 16mm dengan aperture f / 2.2. Sekarang, bidang pandang manusia dianggap setara 120 derajat, yang biasanya sama dengan lensa 12-an milimeter sedangkan 16mm memberi Anda sudut pandang 107 derajat. Kami menganggap 16mm adalah output mengikuti koreksi distorsi.

Dibandingkan dengan Huawei P30 Pro 16mm, Reno memiliki cakupan yang sama, dan seperti halnya P30 Pro, Reno 10x Zoom tidak menawarkan opsi untuk menonaktifkan koreksi dan mendapatkan bidang tampilan penuh. Tentu saja bukan berarti 16mm /107 derajat tidak cukuop lebar.

Dan yang dijagokan - kamera tele - fitur optik periskop mirip dengan Huawei P30 Pro. Lensa pada Reno sedikit lebih panjang (setara 130mm vs 125mm) dan lebih terang (f / 3.0 vs f / 3.4), serta sensor memiliki piksel lebih banyak (13MP vs 8MP). Namun, tidak ada detail ukurannya, tapi kemungkinan ukura Oppo lebih kecil mengungat lensa kameranya tidak membuat tonjolan besar.

Sayangnya, Oppo membuat beberapa keputusan yang sangat dipertanyakan yang menodai pengalaman telefoto. Ini terkait dengan fakta bahwa antarmuka aplikasi antara mode lebar 1x-2x-6x-10x dan tidak ada yang sesuai dengan panjang fokus lensa telefoto (5x). Baik pengaturan 6x dan 10x adalah zoom 'hibrida', sedangkan 2x adalah zoom digital.

Ada perbedaan nyata dalam kualitas antara tingkat zoom 5x, yang hanya dapat Anda capai dengan gerakan mencubit dan mode 6x di mana zoom digital masuk. Mungkin Oppo memutuskan untuk mengalahkan Huawei dan menempatkan 6x alih-alih 5x berpikir bahwa perbedaan dalam kualitas gambar tidak masalah.

Aplikasi kamera menawarkan AI pengenal scene - Anda akan melihat ikon kecil ketika scene berhasil dikenali, dan perangkat lunak akan menyesuaikan semua pengaturan. Makanan, salju, hewan peliharaan (anjing dan kucing), matahari terbenam, rumput diatur dengan benar.

Aplikasi ini memiliki tiga mode utama Foto, Potret dan Video. Sedangkan Dazzle Color ada di menu atas, disertai dengan pengaturan HDR dan lampu kilat. Saklar kamera ultra-wide-angle ada di samping Dazzle Color, meskipun Anda juga dapat mengaksesnya melalui pintasan zoom - mereka 10x, 6x, 2x, 1x, dan ultra lebar.

Ada juga menu "garis tiga" dengan beberapa mode pemotretan lainnya - Expert (pengaturan manual), Pano, Time-lapse, Slow-mo, dan Night Mode (juga dikenal sebagai Nightscape). Yang terakhir adalah apa yang disebut mode genggam eksposur lama untuk foto malam, yang merupakan hal yang harus dimiliki saat ini.
 

Kualitas Foto



Sensor 48MP Sony IMX586 menggunakan array Quad-Bayer dan pixel binning - menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu, sehingga gambar yang dihasilkan dikurangi menjadi bidikan 12MP yang berkualitas lebih tinggi.

Dan bidikan 12MP yang kami ambil pada siang hari sangat bagus. Ada banyak detail, rentang dinamis tinggi, sebagian besar warna yang akurat, kontras yang baik, dan keseluruhan proses yang sangat bagus. Foto-foto memiliki jumlah yang tepat dari penajaman yang diterapkan sehingga detail disorot, tetapi tidak ada terlalu banyak lingkaran penajaman.

Kami memperhatikan pola kasar di beberapa area warna seragam. Ini bukan pertama kalinya kami mengamati keanehan dari sensor Quad-Bayer, tetapi ini hanya terlihat setelah memperhatikan pixel lebih dalam, jadi seharusnya tidak ada banyak perbedaan untuk sebagian besar aplikasi. Secara keseluruhan, foto siang hari 12MP layak menjadi unggulan.

Memotret dalam 48MP dimungkinkan, gambar yang Anda dapatkan memiliki detail ekstra - cukup layak dipertimbangkan walau ukuran file lebih besar.

Pindah ke periskop, Reno 10x Zoom tidak dapat benar-benar menawarkan zoom 10x. Panjang fokus dari tiga kamera Oppo Reno adalah masing-masing 16mm - 26mm - 130mm. Apapun settingannya, tidak ada faktor zoom 10x yang nyata di sana.

Tetapi angka-angka itu pada akhirnya dapat menjelaskan pilihan matikan 6x dan 10x, lebih dari 5x lebih tepat. Foto 6x zoom melaporkan panjang fokus 160mm. Dan itu 10x lebih dari 16mm kakap ultra-wide-angle.

Panjang fokus sebenarnya hanya 130mm, yang membuat faktor zoom optik pada ponsel ini 5x langsung (5x di atas kamera utama 26mm). Hanya tidak ada tombol langsung untuk beralih ke tingkat zoom di jendela bidik kamera. Dan penjelasan Oppo yang kami dapatkan adalah bahwa zoom 6x hybrid ini memberikan kualitas yang sangat baik sehingga mereka dapat menawarkannya sebagai mode zoom utama pada ponsel.

Berita baiknya adalah Anda dapat memotret dengan zoom 5x asli, tetapi ini membutuhkan sedikit jepitan yang membuat frustrasi. Kemudian lagi, kami akan mengatakan itu layak kerumitan karena dalam cahaya yang baik kualitasnya sangat baik - tingkat detail yang layak, dan warna sangat akurat, dan bahkan jika sensor kecil membatasi rentang dinamis itu tidak terlalu buruk sama sekali.

Anehnya, sementara tele foto adalah 13MP, foto yang disimpan dalam 12MP. Itu bukan perbedaan besar, tapi kami masih kesulitan menjelaskannya.

Foto 6x tidak buruk dengan cara apa pun, tetapi tidak menawarkan detail ekstra dibandingkan dengan foto 5x - zoom digital hanya dapat melakukan banyak hal. Ini berarti bahwa ketajaman per-pixel lebih rendah daripada yang asli 5x dan sementara Anda mendapatkan pengukuran yang lebih baik dan paparan yang lebih akurat pada beberapa kesempatan, itu adalah hasil yang sama dengan memotong bidikan 5x di pasca-pemrosesan.

Potret (Bokeh)


Oppo Reno 10x Zoom mampu memotret foto bokeh dengan sangat baik walaupun bukan yang terbaik dikelasnya. Pemisahan subjek sangat baik, tidak ada transisi tiba-tiba, dan algoritme cukup cerdas untuk tidak tertipu oleh lingkungan yang kompleks.

Selfie


Mekanisme bermotor Reno muncul untuk mengekspos kamera selfie 16MP. Ini memiliki lensa aperture f / 2.0 dan fokus tetap. Di sisi perangkat lunak, ada segala macam opsi peningkatan beatifikasi seperti perataan kulit dan pembesaran mata dan penipisan wajah - banyak.

Ketika ada cukup cahaya, Anda akan mendapatkan narsis super detail dan tajam. Dalam kondisi yang bahkan lebih redup yang membutuhkan, katakanlah, pengaturan ISO di atas 400, ada penurunan ketajaman yang disebabkan oleh pengurangan noise yang agresif. Bagaimanapun, warna ditampilkan dengan baik, dan jangkauan dinamis cukup lebar.

Ada juga mode HDR Otomatis yang sangat bagus. Ini melakukan pekerjaan yang sangat baik di malam hari paparan dan mengembalikan highlight, tetapi mereka datang dengan harga beberapa detail dan ketajaman yang baik.

Potret selfie agak biasa-biasa saja seperti yang sering terjadi. Dengan kurangnya kamera kedua dan kamera utama yang cukup mendasar (dibandingkan dengan kamera belakang), pemisahan subjek adalah masalah hit dan miss.
 

Rekaman video


Oppo Reno 10x zoom merekam video hingga 4K pada 60fps dengan kamera utamanya. Sayangnya, itu tidak dapat menggunakan telepoto atau ultra wide untuk mengambil video.

Ada stabilisasi video optik (OIS) yang selalu aktif, tentu saja, tetapi ketika memotret dalam 1080p @ 30fps rekaman juga akan mendapat manfaat dari stabilisasi elektronik.

Oppo Reno 10x merekam suara stereo, tetapi juga menawarkan dua opsi yang lebih canggih - perekam 3D untuk suara surround 360 derajat, dan Audio Fokus - untuk ketika melakukan zoom (secara digital, jangan lupa) pada subjek tertentu.

Oppo bersikap sangat murah hati dengan bit rate yang digunakannya untuk menyandikan video. Rekaman 4K (baik 30 dan 60 fps) mendapatkan 50Mbps sementara 1080p (baik 30 dan 60 fps) dialokasikan di atas rata-rata 20Mbps. Maka agak aneh bahwa bit rate audio stereo hanya 96kbps.

Video 4K dikemas dengan detail, bebas noise, dan dengan beberapa rentang dinamis yang terpuji. Rendition warnanya juga tepat dan kontrasnya adalah yang terbaik. Klip 1080p sama-sama brilian, tanpa menghitung jumlah piksel, tentu saja.

Video 60fps dalam resolusi 4K dan 1080p memiliki bitrate yang sama dengan rekan-rekan 30fps mereka dan kami mengharapkan penurunan nyata dalam kualitas video. Namun kami tidak melihat satu pun dari itu dan kami masih mendapatkan rekaman yang sangat detail dengan warna-warna yang bagus.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 10x Zoom


Pengalaman kamera Oppo Reno 10x Zoom tidak semulus Huawei P30 Pro. Beberapa pilihan aneh dibuat, angka lebih dipentingkan daripada pengalaman pengguna. Sayang sekali, untuk mendapatkan bidikan yang mengesankan Anda harus mengatur terlebih dulu. Semoga ada update software kedepannya.

Layar AMOLED-nya sangat bagus, dan masa pakai baterai yang mengesankan.

Oppo tidak takut untuk berinovasi dan melakukan hal-hal dengan caranya sendiri - strategi berisiko yang sering menjadi bumerang, tetapi itu terbayar dengan baik dengan zoom 10x Reno.


Kelebihan:

  • Desain yang brilian Gorilla Glass dan aluminium frame
  • Layar AMOLED luar biasa, besar dan bebas takik
  • Pop-up sirip tajam yang menarik
  • Masa pakai baterai terdepan di kelasnya, pengisian cepat VOOC
  • Kinerja mutakhir
  • Secara keseluruhan kualitas foto dan video sangat baik
  • Fitur flagship NFC dan Dolby Atmos Hi Res Audio

Kekurangan:

  • Tidak ada jack 3.5mm atau adaptor di dalam kotak penjualan
  • Camera UI tidak memiliki pilihan 5x, yang sejajar dengan panjang fokus, malah menyarankan zoom digital
  • Rekaman video terbatas hanya pada kamera utama

Demikian review Oppo Reno 10x Zoom, mohon maaf jika banyak kekurangan. Jika Anda ingin menambahkan silahkan tambahkan di kolom komentar.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya tentang bongkar casing belakang dan ganti baterai Oppo Reno 10x Zoom.

Sumber: GSMArena, DHIARCOM, Inspire2Hindi.

0 Response to "Review Oppo Reno 10x Zoom, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?"

Posting Komentar