Perlukah NFC di Smartphone Kelas Mengengah Kebawah? Buat Apa?

Seberapa pentingnya teknologi NFC harus ada di dalam smartphone dengan harga menengah ke bawah? (5 juta atau yang lebih murah).

Apa Itu NFC?


Near Field Communication (NFC) yang artinya Komunikasi Jarak Dekat adalah metode untuk berbagi data/informasi secara nirkabel/wireless di perangkat Anda dengan cara mendekatkan atau menempelkan ke perangkat target. Pesan NFC akan muncul secara otomatis ketika ponsel Anda berada satu inci dari perangkat target.

Apa fungsi NFC?

Gunakan NFC untuk berbagi kontak, situs web, dan gambar. Anda bahkan dapat melakukan pembayaran/transaksi di lokasi yang memiliki dukungan NFC.

NFC adalah teknologi yang berguna utk mengetahui saldo kartu (e-toll, e-money, flazz, dll) atau bahkan mengisinya. NFC juga bisa jadi sarana bertukar data cepat antar hp. NFC bisa untuk konektivitas cepat antar perangkat (hp ke speaker, ke kamera, dll).

Apakah NFC menguras baterai saya?

Mirip dengan Wi-Fi dan Bluetooth, NFC dapat menguras baterai Anda jika selalu diaktifkan. Untuk menghemat masa pakai baterai, pastikan NFC dimatikan saat tidak digunakan.

Perlukah NFC? Buat Apa?


Yuk kita poling agar para produsen juga tahu kebutuhan para penggunanya.


Di sebuah grup tentang ponsel dilakukan sebuah polling pada 28 Juni 2019 dan dalam 1 jam sudah terhitung pemilih sbb:
  1. 284 memilih NFC baiknya ada, tapi kalau tidak ada juga tidak apa-apa
  2. 247 orang memilih NFC wajib ada di ponsel harga menengah dan bahkan yang lebih murah
  3. 9 orang vote NFC itu tidak penting. Tidak perlu ada.

Dan berikut beberapa komentar dari para pengguna facebook menanggapi pooling tersebut.

Agus Fitriyana Mengingat trend kedepan akan semakin masif penggunaannya, so pasti wajib ya jadinya...
2

    Like
     · Reply · 1h

Dedy Irvan
Dedy Irvan Inget2... Polling ini diperhatikan oleh para produsen. Jawaban kalian bisa berpengaruh.
6

    Like
     · Reply · 1h

Yahya Kurniawan
Yahya Kurniawan Saya vote wajib karena kartu pembayaran elektronik sudah makin banyak dan lazim digunakan
1

    Like
     · Reply · 1h

Titis Andito
Titis Andito Kalo kedepan nya NFC bisa di pake secara masif di indo.sih enak, sekarang belom kepake banget buat NFC di indo, paling cuma buat cek.salo e money, kalo bisa all in one pake NFC sih enak banget.ga perlu bawa kartu banyak2

    Like
     · Reply · 1h

    Dedy Irvan
    Dedy Irvan Titis Andito kalo dijawab ga perlu, hp tahun depan kemungkinan ga pake nfc.. Krn tahun ini dijawab ga perlu 😂

        Like
         · Reply · 1h

Dwi Mukti
Dwi Mukti Saya vote wajib

    Like
     · Reply · 1h

Muhammad Midz Hery
Muhammad Midz Hery NFC tidak terlalu banyak terpakai kalau buat pembayaran, karena kebanyakan penyedia jasa e-wallet menggunakan barcode sebagai metode pembayaran.

    Like
     · Reply · 1h

    Handi Sepdika
    Handi Sepdika Muhammad Midz Hery klo di perkotaan berguna bgt

    Like
     · Reply · 1h

Awan
Awan di jabodetabek, ABG pun udah pada pegang e-money, karna buat naik TJ, KCJ, MRT..
1

        Like
         · Reply · 1h

Aji Prihantoro
Aji Prihantoro berhubung saya pake fb lite dan gak bisa ngisi vote, saya pilih : PENTING. terutama bagi orang yg mobile dalam urusan sehari-hari lewat jalur darat (konteks tol).

    Like
     · Reply · 1h

    Dedy Irvan
    Dedy Irvan Aji Prihantoro yah.. Ga keitung dong..

        Like
         · Reply · 54m

RE RA N U
RE RA N U Dari kelas menengah wajib ada NFC, Sudah seharusnya jika memang ingin lebih maju dalam pemanfaatan teknologi
1

    Like
     · Reply · 1h

Ariesta Wahyd
Ariesta Wahyd wajib pak krn kita kan butuh kemajuan utk kedepannya.dan NFc di negara tetangga udah mulai d gunakan
1

    Like
     · Reply · 1h

Handi Sepdika
Handi Sepdika wajib ada di HP menengah lah minimal

    Like
     · Reply · 1h

Awan
Awan penting sih.. terutama buat di jabodetabek atau kota2 yang sistem pembayaran trasnportasi umumnya /jalan tol menggunakan kartu.. buat isi ulang / cek saldo e-money.. cuma sekarang baru bank mandiri doang yang bisa update saldo setelah top-up..

    Like
     · Reply · 1h

Lukas William
Lukas William Saya rasa hp harga diatas 4jt udah wajib ada NFC, karna ya repot juga kalo mau cek saldo e-money harus ke minimart atau atm

    Like
     · Reply · 1h

Gilang Febrian
Gilang Febrian Untuk M-BANKING itu perlu hp yang dukung NFC ga?

    Like
     · Reply · 1h

    Awan
    Awan tergantung mau dipake apa.. di m-banking kepake buat cek, top-up, dan update saldo e-money. cuma baru bank mandiri aja yang udah bisa update saldo.. kalo bank lain, fiturnya belum lengkap.. ada yang bisa isi tapi gak bisa update, BCA malah cuma bisa cek saldo doang..

    Like
     · Reply · 1h

Gilang Febrian
Gilang Febrian Kalo sekedar cek saldo doang bisa ya?

        Like
         · Reply · 1h

View 1 more reply
Rengga Aditama Vicky
Rengga Aditama Vicky NFC juga berguna buat usaha top up saldo e-money

    Like
     · Reply · 1h

Dhimas Radityo Kuncoro
Dhimas Radityo Kuncoro Tolong dibantu vote yang kedua please, kali aja ini buat masukan ke xiaomi 🙏😂

    Like
     · Reply · 1h

    Awan
    Awan darah missqueen mendadak berontak.. :v

        Like
         · Reply · 1h

Florentino Kevin Gavino
Florentino Kevin Gavino Sangat berguna sih fitur NFC ini, dulu pake Sony z3+ dan Zenfone 2 yang ada nfcnya terus ganti ke renote 5 ai gak ada nfcnya hampa rasanya...
1

    Like
     · Reply · 1h

Daniel Setiawan
Daniel Setiawan Kedepan wajib NFC, karena kedepan kemungkinan juga semakin banyak App yang menggunakan NFC..
Semakin memudahkan user juga kalau ada perlu², top up emoney, dll
Mungkin kedepan akan lebih banyak manfaat nya
1

    Like
     · Reply · 1h

    Guzz
    Guzz saya setuju

        Like
         · Reply · 1h

Finnian Ray Lan
Finnian Ray Lan Nfc belum signifikan di kehidupan kita di Indonesia menurutku. Mungkin nunggu sampe google pay atau sejenisnya masuk ke Indo. Saat ini juga pembayaran digital mayoritas pakenya QR Code. Mungkin klo Go pay beralih ke NFC baru lebih signifikan

    Like
     · Reply · 1h · Edited

    Dedy Irvan
    Dedy Irvan Finnian Ray Lan utk pembayaran langsung terpaksa QR Code, karena hp menengah ke bawah ga punya NFC....
    Jangan kebalik liatnya...

        Like
         · Reply · 1h

Ade Kusworo
Ade Kusworo Di jakarta nfc penting , soalnya beberapa parkir harus make emoney~

    Like
     · Reply · 1h

Biaggi Alhuda
Biaggi Alhuda kalo sistem transportasi jkt udah bisa bayar pake NFC wajib ada di smartphone mid diskitar 2jtan

    Like
     · Reply · 1h

Rafif
Rafif Kalo yg tiap hari naik krl, lewat tol wajib banget sih, pernah saldo tinggal 7rb pas masuk krl, di kereta lgsg isi jd gk repot2 nyari atm/vendor isi emoney

    Like
     · Reply · 1h

Hanux
Hanux Wajib. Minimal utk kelas menengah. Itu teknologi ud 5 thn kenapa masih jadi monopoli flagship?

    Like
     · Reply · 1h

    Dedy Irvan
    Dedy Irvan Hanux karena user bilang: ga butuh nfc

    Like
     · Reply · 1h

Hanux
Hanux Dedy Irvan gak butuh karena gak ngerti dibuat apa.

        Like
         · Reply · 58m

Pattrick Levin
Pattrick Levin buat saya sih penting, biar headphone wireless bisa langsung connect lewat nfc

    Like
     · Reply · 1h

Boz Edy
Boz Edy Hp 2 jtan hrs ada nfc

    Like
     · Reply · 1h

Ahmad Rifqi Baidhowi
Ahmad Rifqi Baidhowi pengennya kalo semua smartphone minimal low end semua sudah memilikinya, bukan tidak mungkin nantinya kita naik TJ, KRL, MRT, dan sebagainya tidak perlu lagi membawa kartu bank untuk melakukan tap in tap out, cukup hanya dengan smartphone yg dibawa

    Like
     · Reply · 1h

Aditya Rakhman
Aditya Rakhman wajib,biar future proof..siapa tau kan dalam 1 atau 2 tahun ada vendor yang berani menggebrak pake itu..ex : stiker nfc nya telkomsel

    Like
     · Reply · 1h

Gun
Gun Penting sih meski jarang pake buat emoney klo di daerah2, tp butuh juga buat konek ke perangkat lain

    Like
     · Reply · 59m

Bagus Perwira
Bagus Perwira Sering bolak balik tol perlu banget lah 🤔

    Like
     · Reply · 57m

Rakha Aditya Pramadita
Rakha Aditya Pramadita NFC ini harusnya ibarat horsepower tinggi di mesin mobil, gak selalu kepake tapi selalu ada ketika dibutuhkan

    Like
     · Reply · 57m

    Maulana
    Maulana NOS

        Like
         · Reply · 49m

Budi Prasetyo Utomo
Budi Prasetyo Utomo setuju ada NFC. minimal untuk harga 2 jutaan ke atas wajiblah 🙂

    Like
     · Reply · 51m

Maulana
Maulana Nokia aja diem2 bae kelas menengah nya punya NFC.. wkwk

    Like
     · Reply · 48m

Adi Daniel
Adi Daniel NFC membantu banget buat topup saldo e-money...

    Like
     · Reply · 44m

Adia Damar Syamsuri
Adia Damar Syamsuri salah satu alasan saya minang Zenfone 5 kemaren karena NFC nya.
kalo gak peduli atau model2 ada sukur tapi kalo gak ada gak apa2 mungkin saya udah ambil seri dibawah nya yang lebih murah.(maaf saat itu pilihan saya cuma liat merk asus, gak liat merk la…See More

    Like
     · Reply · 41m

Muhammad Razi
Muhammad Razi Nfc cuma buat emoney doang klo sekarang

    Like
     · Reply · 39m

Triyan Wicah Sono
Triyan Wicah Sono apa ini brarti bakal ada bocoran hp baru seharga 2 jt & punya fitur NFC ????

    Like
     · Reply · 38m

Stefanus Tan
Stefanus Tan baiknya ada, tapi ga ada juga ga apa sih. blm masif juga penggunaannya(blm se massive e wallet)

    Like
     · Reply · 29m

Earphane
Earphane G*me U7 apakah bener udah ada NFC nya?

    Like
     · Reply · 28m

Muhammad Khoirun Aziz
Muhammad Khoirun Aziz Utk kedepanya saya kira bakal jadi kebutuhan wajib. Emoney, cashless, produk2 digital / elektronik dan semacamnya smakin berkembang dan diminati.
Tentunya teknologi akan mengiringi kebutuhan masyarakat yg jg trus berkembang salah satunya teknologi NFC.

    Like
     · Reply · 27m

Rizal Prasdiyanto
Rizal Prasdiyanto Kalo saya sendiri, NFC belum kepake , isi e money malah mampir indo/alfa sekalian beli rokok.. jadi ada ato nggaknya NFC di hp saya ya ga masalah, kalaupun ada ya itu fitur bonus

    Like
     · Reply · 23m

Ignatius Adrian Pamungkas
Ignatius Adrian Pamungkas menurut saya wajib, karena dizaman yg modern ini pengunaan seperti emoney sangat penting terlebih untuk orang yang biasanya naik kendaraan umum. Hal ini juga bisa diimplementasikan sebagai alat bantu bayar alternatif selain qr code bila terjadi masala…See More

    Like
     · Reply · 19m

David MA NA
David MA NA Wajib ada

    Like
     · Reply · 18m

SandiIrfan
SandiIrfan Hp gw ada Nfc nya tapi gk ngerti cara pakenya wkwkwk Sampe saat ini gk pernah tersentuh sama sekali

    Like
     · Reply · 17m

    Rifki Adnan
    Rifki Adnan nfc kalo saya pake buat cek sisa saldo brizzi dan sejenisnya

        Like
         · Reply · 9m

Rifki Adnan
Rifki Adnan wajib dong, memang di tahun ini belum banyak dipake tapi dimasa depan? who know?

    Like

     · Reply · 9m

Reyhan Ahmaniar
Reyhan Ahmaniar Sebagai pengguna NFC, saya vote Wajib ada om ded.

    Like

     · Reply · 4m

Romie Mocka
Romie Mocka penting sih buat saya pribadi

Baca Juga: 2 Jutaan! Spesifikasi, Unboxing, dan Fitur-fitur Unggulan HP Nokia 4.2, Ada NFC?

Bagaimana menurut Anda? Seberapa penting NFC buat Anda?

0 Response to "Perlukah NFC di Smartphone Kelas Mengengah Kebawah? Buat Apa?"

Posting Komentar