Nge Blog Masih Bisa Dapat Uang di Tahun 2019? Yang Ada di Kepret Tribun, Detik, Kompas, dkk

Masih mau nge-blog di tahun 2019? Berharap dapat uang dari Blog melalui Adsense atau apalah? Coba pikir-pikir dulu lah, yang sudah mulai aja sekarang banyak yang ngeluh susahnya dapat traffic (pengunjung) ke blog, karena susah dapat peringkat dari search engine Google. Kecuali gak mikirin duit, cuma sekedar hobi menulis ya silahkan.

Hasil pencarian Google sekarang kebanyakan dikuasai portal-portal berita besar seperti Tribun, Detik, Kompas, Liputan6, dll..


Catatan: Untuk merampingkan pembahasan, yang akan Elppas bahas adalah blogger personal yang berharap dapat uang dari blog melalui Adsense. Karena saya dapat ss diatas juga dari grup Adsense.

Beda Nge-Blog Dulu (Tahun 2007-an) dan Sekarang (Tahun 2019+)


Nge-blog sekarang sudah tidak seperti dulu lagi, dulu tahun 2007-an blog adalah hal yang masih baru, dulu media berita masih berupa koran dan majalah, dulu perusahaan-perusahaan besar belum main website atau blog, dulu gak ada marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak, dulu kebanyakan blogger adalah perorangan, sehingga persaingan masih minimal.

Dulu lahan blog ibarat ladang dan tanah kosong yang bebas untuk diisi dan digarap siapa saja, sedangkan sekarang sudah seperti perkotaan yang padat penduduk dan gedung-gedung tinggi.

Mencari Niche (Topik/Kata Kunci) Buat Blogger Kecil


Mau ngambil niche (tema) apa? Teknologi, kesehatan, kebugaran, gaya hidup, entertaiment, politik sampai agama pun sudah disikat habis sama portal-portal besar seperti Tribun, Detik, Kompas, dll.

Kata kunci utama pencarian sudah dikuasai portal-portal besar, blogger kecil hanya bisa mengambil micro niche, atau topik yang mendalam.

Bagaimana dengan topik produk? Sekarang topik produk juga sudah dikuasai oleh marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dll.

Lagi-lagi buat blogger kecil hanya bisa mengambil micro niche, atau topik yang mendalam jika ingin membahas produk.

Jadi solusi buat blogger kecil, harus pintar-pintar mencari micro niche, atau kata kunci-kata kunci turunan yang tidak tergarap oleh media besar.

Berikut contoh blogger yang masih berjaya di tahun 2019, dengan penghasilan puluhan juta dari Adsense:
  • mastimon.com
    Blog campur (gado-gado)
  • bospedia.com
    Blog tentang pendidikan dan bank soal
Contoh diatas hanya dua saja yang saya tau, sebenarnya masih banyak yang belum saya temukan.

Bagaimana dengan Elppas.com?

Blog Elppas.com sendiri penghasilannya masih minim, masih jauh dibawah UMR. Pembahasan di Elppas masih gak jelas, saya masih mencari niche yang tepat.

Pembahasan memang lebih banyak teknologi seperti spesifikasi HP, unboxing HP, dan niche turunannya, tapi pengunjungnya tidak terlalu banyak, kadang puluhan atau ratusan per artikel.

Selain itu, disini juga membahas pengalaman-pengalaman pribadi, dan kadang malah itulah yang banyak view-nya, seperti tentang pengalaman komplain ke JNE dan pengalaman merubah nama akta lahir. Ya, hal-hal yang umumlah yang malah lebih banyak menarik pengunjung.

Cara Menulis Blog Untuk Mengalahkan Portal Besar


Salah satu rahasia kesuksesan Tribun adalah 1 artikel yang dibelah kedalam 4 bagian sehingga lebih unggul secara SEO (Search Engine Optimization), sehingga pembaca terpaksa meng-klik halaman berikutnya beberapa kali jika ingin membaca artikel secara tuntas. Klik berikutnya setelah klik dari daftar hasil pencarian search engine Google adalah nilai positif.

Rahasia kedua adalah pembahasan yang komprehensif. Di portal-portal besar kalau membahas sebuah kata kunci, misal "Samsung Galaxy S10" maka akan dibahas dari berbagai sudut pandang seperti unboxing-nya, spesifikasinya, beritanya, harganya, dan lain-lainnya. Minimal 3 artikel tentang itu semua, lebih banyak lebih bagus.

Rahasia ketiga adalah menjadi yang tercepat dan terbanyak update-nya. Karena si Google sekarang sering menampilkan berita terbaru di daftar hasil pencarian walaupun sekedar numpang lewat. Jadi, usahakan blog update dan tambah artikel sehari minimal 1, idealnya 5-10, lebih banyak lebih baik.

Jika ingin mengalahkan portal besar, maka Anda harus lebih dari itu! Ingat:
  • Buat artikel secara komprehensif
  • Buat artikel dari berbagai sudut pandang untuk 1 kata kunci (dibuat kata kunci turunannya), lalu dikait-katikan (saling nge-link).
  • Tembak artikel/kata kunci utama dengan artikel pendukung minimal 3 artikel, kalau males bisa translate dari situs luar, atau copas dari portal besar dan spin edit kata-katanya.
Intinya sih sudah tidak jaman bidik satu kata kunci pake satu artikel, di tahun 2019 dan kedepannya menulis blog sudah harus seperti membuat proposal atau bahkan lebih bagus bikin seperti buku.

Pembahasan harus lengkap, tapi jangan lupa dibuat part-part yang padat dan berisi biar pengunjung gak bosan bacanya.

Perkuat Blog dengan Video Youtube


Jaman semakin modern, sekarang ada Youtube yang lebih disukai, orang males baca dan lebih enjoy nonton, kecuali lagi miskin kuota Internet :)

Tapi di masa depan kemungkinan kuota internet akan lebih murah lagi dan Youtube akan lebih banyak dilirik daripada blog. Oleh karena itu perkuat blog dengan video dari Youtube. Bikin video pendukungnya untuk artikel blog Anda, atau kalau tidak memungkinkan bisa disematkan video punya orang lain yang cocok dengan artikel.

Konsisten Membangun Blog


Membangun blog untuk dapat uang dari Adsense atau dari sumber penghasilan lainnya tidaklah instant.

Membangun blog seperti membangun rumah kos-kosan, butuh berbulan-bulan atau tahunan, setelah artikel ratusan atau ribuan dan si Google sudah akrab dengan blog kita barulah biasanya sudah bisa menghasilkan uang rutin bulanan.

Jadi nge-blog juga harus konsisten. Jangan mudah menyerah. Belajar dan terus berkarya!

Update Google Search Soal Dominasi Portal Besar


Google sudah update algoritma, maksimal 1 domain hanya bisa muncul di page one, cuma dua. Marketplace yang rakus di page one seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dll sekarang maksimal cuma 2 tampil di page one dari satu keyword.

Jadi tetap semangat, orang bilang yin dan yang harus seimbang. Jadi ketika ada ketidakseimbangan maka akan muncul perubahan untuk kembali pada keseimbangan.

1 Response to "Nge Blog Masih Bisa Dapat Uang di Tahun 2019? Yang Ada di Kepret Tribun, Detik, Kompas, dkk"