Memberi Kelomang (Kepiting Pertapa) Makan Yang Baik dan Sehat

Makanan apa yang harus diberikan kepada Kelomang Anda?

Di alam liar, Kelomang atau  Kepiting Pertapa memakan berbagai makanan: buah jatuh, kayu lapuk, serasah daun, tanaman dan rerumputan, dan barang-barang yang terdampar di pantai saat air pasang. Mereka pemakan banyak jenis makanan dan bahkan telah diamati makan kotoran!



Umang-umang menemukan makanan dengan dua cara, dengan menciumnya dan dengan melihat Kelomang lainnya sedang makan. Salah satu cara Anda dapat menguji ini adalah dengan mengatur hidangan dari salah satu opsi 'suguhan' lebih manis yang tercantum di bawah ini ke dalam crabitat mereka.

Awasi saat mereka keluar, dan langsung menuju sajian hidangan. Ini adalah perilaku yang menarik untuk ditonton.

Apa yang mereka butuhkan untuk menjadi sehat?

Kami tidak begitu yakin dengan kebutuhan nutrisi yang tepat dari kelomang, tetapi ilmu pengetahuan mengalami banyak kemajuan. Sebagai contoh, kita sekarang tahu bahwa Kelomang membutuhkan kalsium, karoten, dan antioksidan seperti halnya manusia.

Kepiting yang makannya kekurangan karoten akan memudar warnanya setelah berganti kulit, dari warna kemerahan atau oranye yang bagus menjadi cokelat kecoklatan atau abu-abu.

Untuk memastikan kelomang Anda mendapatkan karoten yang cukup, tambahkan makanan mereka dengan sayuran berwarna cerah, seperti jagung dan wortel. Anda juga bisa menambahkan kelopak marigold organik kering ke dalam makanan kepiting Anda.


Anda harus benar-benar yakin bahwa marigold ditanam tanpa pestisida sebelum menambahkannya ke makanan kelomang. Misalnya, kelopak dari marigold yang Anda pilih di rumah kaca mungkin dirawat dengan pestisida dan karenanya tidak cocok untuk makanan kepiting pertapa.

Diet terbaik untuk Kelomang adalah apa yang akan Anda makan jika Anda hanya makan apa yang orang tua dan dokter Anda katakan untuk Anda makan. Yaitu, buah-buahan segar, sayuran, daging, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dll.

Makanan alami dan sehat tanpa melibatkan pengolahan. Kepiting pertanahan adalah omnivora dan karena itu memakan apa saja.

Kepiting juga menyukai makanan kaya tanin, seperti daun ek dan kulit pohon. Sebelum memberikan kepiting Anda hal-hal ini sebagai makanan, pastikan semuanya sudah dibersihkan dengan membilasnya dengan air (tanpa sabun) dan biarkan kering - kepiting suka daunnya yang renyah.

Kebijaksanaan saat ini adalah bahwa makanan kepiting komersial tidak diperlukan jika Anda memberikan Kelomang Anda dengan makanan yang bervariasi dari makanan "kelas manusia".

Anda dapat melakukan hampir semua makanan Umang Anda berbelanja di toko kelontong biasa. Barang-barang khusus yang Anda beli dari toko hewan peliharaan harus bebas dari bahan-bahan asing (kecuali tokoferol, yang merupakan pengawet alami).

Pastikan untuk memeriksa semua label dengan sangat hati-hati dan jangan membeli produk yang mengandung etoksiin atau tembaga sulfat.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah situs khusus makanan pertapa bermunculan secara online. Mereka menawarkan berbagai macam makanan pokok organik, camilan dan suplemen.

Di toko makanan hewan juga dijual Cacing Cacing Organik yang bagus sebagai makanan kelomang. Cacing cacing penuh dengan nutrisi dan juga sangat disukai oleh Kelomang.

Makanan Alami Kelomang bin Umang-umang

Kelomang suka mencoba makanan yang berbeda. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa mereka lebih suka memiliki makanan yang berbeda setiap kali mereka makan. Tentu saja, ini tidak selalu memungkinkan, tetapi Anda harus menawarkan kepiting berbagai makanan. Beberapa makanan lain yang harus dinikmati kepiting Anda adalah:


  • Buah, terutama buah tropis yang ditemukan kelomang di habitat asli mereka: mangga, kelapa, pepaya, apel, anggru, semangka, dll.
  • Sayuran dari segala jenis
  • Daging. Tidak masalah apa kondisinya, pastikan tidak ada saus atau mentega pada daging yang dapat menyebabkan masalah. Secara khusus, kelomang suka mengambil daging dari tulang. Mereka juga menikmati udang kukus

Makanan Alami Dari Toko Hewan Peliharaan

Ada sejumlah camilan alami yang sehat di toko hewan peliharaan lokal Anda. Inilah beberapa di antaranya:


  • Buah beku dan makanan iguana nabati
  • Escargot (sangat baik dengan spirulina)
  • Udang kering dan plankton kering
  • Rumput Laut (biasanya dijual untuk membuat sushi atau di toko makanan kesehatan)
  • Udang air asin (dikeringkan terlebih dahulu dari air garam)
  • Serpihan makanan ikan
  • Fish Vegetable flakes atau Sayuran ikan tanpa pengawet

Memberi Makan Kelomang dengan Tangan

Dengan sedikit latihan, Anda bisa memberi makan kepiting pertapa Anda dengan tangan. Ambil sepotong apel atau anggur dan pegang di tangan kiri Anda. Dengan menggunakan tangan kanan Anda, bujuk kepiting keluar dari cangkangnya dan letakkan makanan di dekat klomang, di bawah kedua penjepitnya.

Biasanya kelomang akan melakukan 'uji rasa' terlebih dahulu, dengan memasukkan antena ke dalam makanan dan kemudian memasukkan antena ke dalam mulutnya. Dengan sabar menunggu kepiting untuk mencicipi makanan, dan kemudian lihat apakah dia menggunakan capit kecilnya untuk memecahkan sepotong makanan.

Dia melewati makanan ke set ketiga maxillipeds (bagian mulut) dan kemudian ke dalam mulut. Jika kepiting tidak tertarik makan, ia akan mencubit makanan dan memindahkannya, tetapi tidak membawa makanan ke mulutnya.

Taruh kelomang jika tidak tertarik; kelomang hanya beroperasi pada metabolisme saja, dan Anda tidak bisa 'meyakinkan' untuk makan jika tidak lapar, apakah itu makanan kesukaannya atau tidak!
Kepiting Anda akan bahagia dan akan berkembang jika diberi makan berdasarkan makanan yang baik, bebas bahan pengawet, dan berkualitas manusia.

Baca Juga: Panduan Perawatan Kelomang, Rumah dan Makanan Umang-umang

Agak ribet sebenarnya memelihara Kelomang karena kita harus menyediakan rumah yang sesuai habitatnya, memberi makanan yang baik dan sehat, serta menyediakan cangkang yang lebih besar ketika kelomang tumbuh besar. Oleh karena itu, bagi yang belum membeli kelomang, sebaiknya baca dulu 7 Alasan untuk tidak membeli kelomang.

0 Response to "Memberi Kelomang (Kepiting Pertapa) Makan Yang Baik dan Sehat"

Posting Komentar