Nasib Pengguna Smartphone Huawei Setelah Google Membatasi Penggunaan Android oleh Huawei

Huawei di ban Google? Tidak bisa lagi menggunakan sistem operasi Android dan aplikasi-aplikasi dari Google termasuk Play Store. Bagaimana nasib pengguna ponsel Huawei?


Google telah melarang pembuat ponsel Huawei dari beberapa pembaruan pada sistem operasi Android, memberikan pukulan bagi perusahaan Cina.

Smartphone Huawei baru juga akan kehilangan akses ke aplikasi Google yang populer.

Langkah ini dilakukan setelah administrasi Trump menambahkan Huawei ke daftar perusahaan yang tidak dapat diperdagangkan dengan perusahaan Amerika kecuali mereka memiliki lisensi.

Dalam sebuah pernyataan, Google mengatakan "mematuhi perintah dan meninjau implikasinya".

Huawei menolak berkomentar.

Apa artinya ini bagi pengguna Huawei?


Huawei tidak akan lagi mendapatkan pembaruan keamanan Google dan dukungan teknis, dan perangkat baru apa pun tidak akan lagi memiliki aplikasi seperti YouTube dan Maps.

Pengguna smartphone Huawei yang ada akan dapat memperbarui aplikasi dan mendorong melalui perbaikan keamanan, serta memperbarui layanan Google Play. Tetapi jika Google merilis versi baru Android, Huawei tidak akan dapat menawarkan pembaruan pada ponselnya.

Huawei masih dapat menggunakan versi sistem operasi Android yang tersedia melalui lisensi sumber terbuka.

Ben Wood, dari konsultan CCS Insight, mengatakan langkah Google akan memiliki "implikasi besar bagi bisnis konsumen Huawei".

Apa yang bisa Huawei lakukan tentang ini?


Rabu lalu, administrasi Trump menambahkan Huawei ke "daftar entitas" yang melarang perusahaan memperoleh teknologi dari perusahaan-perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintah.

Dalam komentar pertamanya sejak ditempatkan dalam daftar, kepala eksekutif Huawei Ren Zhengfei mengatakan kepada media Jepang pada hari Sabtu: "Kami sudah mempersiapkan ini."

Dia mengatakan perusahaan, yang membeli komponen senilai sekitar $ 67 miliar (£ 52,6 miliar) setiap tahun menurut surat kabar bisnis Nikkei, akan terus maju dengan mengembangkan parts sendiri.

Huawei menghadapi serangan balasan yang tumbuh dari negara-negara Barat, yang dipimpin oleh AS, atas kemungkinan risiko yang ditimbulkan dengan menggunakan produk-produknya di jaringan seluler 5G generasi mendatang.

Beberapa negara telah menyuarakan kekhawatiran bahwa peralatan Huawei dapat digunakan oleh China untuk pengawasan, tuduhan perusahaan telah ditolak dengan keras.

Huawei mengatakan pekerjaannya tidak menimbulkan ancaman dan independen dari pemerintah Tiongkok.

Namun, beberapa negara telah memblokir perusahaan telekomunikasi untuk menggunakan produk Huawei di jaringan seluler 5G.

Sejauh ini Inggris telah menahan diri dari larangan resmi.

"Huawei telah bekerja keras untuk mengembangkan Galeri Aplikasi dan aset perangkat lunak lainnya dengan cara yang mirip dengan kerjanya pada solusi chipset. Ada sedikit keraguan bahwa upaya ini adalah bagian dari keinginannya untuk mengendalikan nasibnya sendiri," kata Wood.

Keterangan media Salah satu masalah potensial dengan teknologi 5G mungkin lebih berkaitan dengan kastil daripada yang Anda harapkan

Kerusakan jangka pendek untuk Huawei?


Oleh Leo Kelion, editor desk Teknologi BBC

Dalam jangka pendek, ini bisa sangat merusak bagi Huawei di Barat.

Pembeli smartphone tidak ingin ponsel Android yang tidak memiliki akses ke Google Play Store, asisten virtual atau pembaruan keamanan, dengan asumsi ini adalah salah satu layanan yang akan ditarik.

Namun, dalam jangka panjang, ini dapat memberi vendor smartphone secara umum alasan untuk serius mempertimbangkan perlunya alternatif yang layak untuk sistem operasi Google, terutama pada saat raksasa pencarian itu mencoba untuk mendorong merek Pixel sendiri dengan biaya mereka.

Sejauh yang menyangkut Huawei, tampaknya telah bersiap untuk kemungkinan pemutusan dengan Amerika.

Smartphone-nya sudah ditenagai oleh prosesor miliknya sendiri, dan awal tahun ini kepala perangkat konsumennya mengatakan kepada surat kabar Jerman Die Welt bahwa "kami telah menyiapkan sistem operasi kami sendiri - itu adalah plan B kami".

Meski begitu, langkah ini bisa menghambat ambisinya untuk menyalip Samsung dan menjadi merek smartphone terlaris pada tahun 2020 dengan serius tentunya.

Sumber: BBC.

0 Response to "Nasib Pengguna Smartphone Huawei Setelah Google Membatasi Penggunaan Android oleh Huawei"

Posting Komentar