Iklan Header

Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Huawei Y6 2018

Huawei Y6 2018 ini memiliki baterai dengan kapasitas yang cukup besar, yaitu 3000 mAh. Perkiraan masa pakai baterai bisa hingga 1,5-2 tahun baru akan terasa penurunan performanya.

Bagaimanapun suatu saat mungkin Anda perlu mengganti baterinya ketika baterai rusak, boros, drop atau kembung, dan masalah baterai lainnya.

Pada artikel ini Elppas akan memberikan tutorial bagaimana cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Huawei Y6 2018.

Peralatan, obeng, dan tools kit yang diperlukan untuk membongkar ponsel ini:
  • SIM Card tray ejector
  • Opening tools
  • Spudger
  • Obeng phillips #00 atau plus ukuran 1,5mm
  • Pinset
Peralatan bisa dibeli di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore. Kalau sudah siap tools nya, yuk kita bongkar..

Langkah 1: Cara Membuka Casing Belakang Huawei Y6 2018


Seperti biasa, sebelum bongkar-bongkar, pastikan ponsel dalam keadaan mati (power off). Lalu keluarkan terlebih dahulu SIM card tray dengan menggunakan ejector yang biasanya diberikan di paket penjualan..


Selanjutnya bisa mulai congkel-congkel casing belakang dengan menggunakan opening pick atau pick gitar seperti ini..


Seperti biasa, congkel dan geser ke sekeliling frame untuk melepaskan pengait-pengait casing sampai casing bisa dibuka..


Casing belakang sudah terbuka dan bisa dipisahkan dengan body-nya.

Untuk mengganti baterai, silahkan lanjut ke tutorial berikutnya..

Spesifikasi Baterai Original Huawei Y6 2018


Sebelum bongkar untuk ganti baterai, kita lihat dulu spesifikasi baterai original bawaan Huawei Y6 2018 ini. Pastikan jika ingin mengganti baterai, Anda jangan sampai salah beli baterainya.

Berikut spesifikasi baterai ori Huawei Y6 2018:

  • Type: Lithium-ion Polymer Battery
  • Model: HB366481ECW-11
  • Limited Charge Voltage: 4.40Vdc
  • Rated Capacity: 2900mAh/11.08Wh
  • Nominal Voltage: 3.85Vdc
  • Typical Capacity: 3000mAh/11.46Wh
Dimana membeli baterai Huawei Y6 2018 yang original? Saya sendiri kurang tau, silahkan coba ke Huawei Service Center.

Selain itu, mungkin banyak yang jual di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll., tapi perlu di ingat bahwa baterai yang dijual di marketplace atau toko spareparti umum biasanya baterai tiruan, OEM atau KW, jadi perlu hati-hati karena barang KW suka ada grade-grade nya. Pastikan Anda membeli yang kualitasnya bagus supaya tidak boros atau cepat habis karena kapasitas tidak sesuai. Kalau saya biasanya beli yang OEM saja yang bermerk seperti Hippo, Vizz, dll.

Lanjut, kita ke tutorial mengganti baterai..

Langkah 2: Mengganti Baterai Huawei Y6 2018


Melanjutkan Langkah 1, casing belakang telah terbuka dan kita bisa lihat langsung baterainya. Namun baterai belum bisa dilepas karena konekotrnya dilindungi bracket metal. Selain itu juga ada kabel flexible yang menghalangi baterai perlu kita singkirkan terlebih dahulu.

Untuk membukanya, lepaskan tiga buah skrup yang mengencangkan dua buah bracket itu dengan menggunakan obeng plus ukuran 1,5mm..


Setelah bracket atau plat besi tersebut dibuka, maka kita bisa melihat konekotr baterai, kabel sub-board dan lainnya. Lepaskan ketiga konektor itu dimulai dari konektor baterai dengan menggunakan spudger agar lebih aman..


Setelah itu, singkirkan kabel yang menghalangi baterai dengan sedikit menekuknya.

Baterai merekat ke frame ponsel, untuk melepaskannya kita bisa sodok dari pinggir dengan menggunakan opening tool atau kartu plastik tipis, angkat dan sayat lemnya dengan hati-hati jangan sampai merusak bagian dari ponsel..


Setelah lem baterai terkoyak maka baterai akan bisa dibuka, silahkan ganti dengan baterai baru. Jangan lupa tes nyala terlebih dahulu untuk memastikan baterai penggantinya berfungsi normal. Setelah itu, silahkan pasang kembali semuanya seperti semula.

Demikian tutorial cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Huawei Y6 2018. Gunakan panduan ini secara bijak dan kami tidak bertanggungjawab apabila terjadi masalah pada ponsel Anda. Lakukan itu dengan resiko Anda sendiri.

Terakhir, untuk lebih jelasnya silahkan lihat video cara mengganti baterai Huawei Y6 2018 berikut ini:

Perhatian: Dalam video ini ada dua hal yang kurang tepat, yaitu tidak mematikan ponsel sebelum dibongkar dan sebaiknya melepaskan konektor baterai dituamakan sebelum membuka konektor lainnya.


Semoga bermanfaat! Pics source: HowtoFixitAnon.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Huawei Y6 2018"