Membongkar, Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Oppo F11 Pro

Sebelumnya sudah Elppas bahas tentang spesifikasi dan unboxing Oppo F11 Pro. Sekarang kita lihat jeroan ponsel terbaru 2019 dari Oppo ini.

Buat Anda yang mau beli mungkin bisa lihat dulu build quality jeroannya terlebih dahulu. Atau mungkin suatu saat butuh panduan bagaimana cara membongkar casing belakang (backcover) Oppo F11 Pro untuk mengganti baterai atau memperbaiki/mengganti sparepart lainnya.

Sebelum membongkar, berikut adalah beberapa tools kit dan obeng yang diperlukan:
  • SIM ejector
  • Heat gun atau heating machine
  • Suction cup
  • Kartu plastik tipis
  • Opening pick
  • Obeng phillips #000 atau plus ukuran 1,5mm
  • Spudger/prying tool
  • Pinset
Jika belum punya tools kit dan obeng bisa cek di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore.

Langkah 1: Membuka Casing Belakang (Backcover) Oppo F11 Pro


Hal pertama yang harus dilakukan sebelum bongkar-bongkar ponsel tentunya matikan terlebih dahulu (power off). Setelah itu, keluarkan juga SIM card tray holdernya dengan menggunakan SIM ejector yang biasanya diberikan di paket penjualan..


Penutup/body belakang Oppo F11 Pro ini terbuat dari bahan plastik yang ditempel menggunakan lem karet seperti doubletape. Jadi kita harus memansakannya terlebih dahulu agar lem tersebut meleleh sehingga lebih mudah membuka backcover-nya.

Gunakan heatgun untuk memanaskan di sekeliling backcover, atau dalam hal ini kami menggunakan mesin plat pemanas pada suhu 70 derajat Celcius selama 5 menit. Jika menggunakan mesin pemanas, posisikan kamera diluar plat..


Setelah kira-kira lem agak meleleh, gunakan suction cup (ceplokan kaca) untuk mengangkat backcover sehingga membuat celah untuk memasukkan kartu plastik..


Angkat backcover dengan suction cup lalu masukkan kartu plastik untuk merobek-robek lem, terus geser ke seluruh bagian sehingga backcover dapat dibuka seluruhnya.

Selain dengan kartu plasti, juga bisa menggunakan cairan alkohol untuk melumerkan lem sehingga lebih mudah membuka backcover hanya dengan suction cup (lihat video).

Setelah backcover terbuka, singkirkan tape hitam di bagian bawah mid-frame..


Setelah itu lepaskan 22 buah sekrup yang mengencangkan mid-frame dengan menggunakan obeng plus ukuran 1,5mm..

Lalu congkel plastik yang menutupi konketor kamera depan dengan menggunakan prying tool..


Selanjutnya lepaskan konektor kamera depan..


Lanjut dengan membuka mid-frame. Gunakan opening pick atau pick gitar untuk mencongkel frame..


Geser ke seluruh bagian untuk melepaskan pengait-pengait mid-frame. Setelah semua pengaitnya terlepas, maka mid-frame bisa dibuka seluruhnya dan kita bisa melihat jeroan ponsel ini.

Jika ingin membuka dan mengganti baterai, silahkan lanjut ke tutorial berikutnya.

Spesifikasi Baterai Original Oppo F11 Pro


Sebelum bongkar untuk ganti baterai, kita lihat dulu spesifikasi baterai original bawaan Oppo F11 Pro ini. Pastikan jika ingin mengganti baterai, Anda jangan sampai salah beli baterainya.

Berikut spesifikasi baterai ori Oppo F11 Pro:
  • Type: Li-ion Polymer Battery
  • Model: BLP697
  • Limited Charge Voltage: 4.40Vdc
  • Rated Capacity: 3900mAh/15.01Wh
  • Nominal Voltage: 3.45Vdc
  • Typical Capacity: 4000mAh/15.40Wh
Dimana membeli baterai Oppo F11 yang original? Saya sendiri kurang tahu. Mungkin Anda bisa coba tanya ke Service Center Oppo.

Selain itu, mungkin banyak yang jual di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll., tapi perlu di ingat bahwa baterai yang dijual di marketplace atau toko spareparti umum biasanya baterai tiruan, OEM atau KW, jadi perlu hati-hati karena barang KW suka ada grade-grade nya. Pastikan Anda membeli yang kualitasnya bagus supaya tidak boros atau cepat habis karena kapasitas tidak sesuai.

Lanjut, kita ke tutorial mengganti baterai..

Langkah 2: Membuka dan Mengganti Baterai Oppo F11 Pro


Jika baterai sudah mulai boros, drop, kembung atau masalah baterai lainnya, mungkin sudah saatnya ganti baterai.

Melanjutkan langkah 1, lepaskan modul fingerprint sensor dengan menggunakan prying tool atau kuku..


Lalu singkirkan bracket atau plat besi yang menutupi konektor baterai..


Dan lepaskan konektor baterai..


Setelah itu maka kita bisa melepaskan baterinya. Gunakan pull-tab berwarna hijau untuk mengangkat baterai, jangan lupa kelupas dulu plastik bening yang menghalanginya. Hati-hati saat mengangkat baterai, karena baterai merekat cukup kuat. Anda boleh menggunakan sedikit cairan alkohol untuk melumerkan lem baterai (lihat video)..


Selesai melepas baterai, silahkan ganti dengan yang baru.

Baca Juga: Tanya Jawab Oppo F11 Pro - Kapasitas Baterai, OIS/EIS, NFC, IR Blaster, LED Notification, Antutu Score?

Bongkar Total (Disassembly/Teardown) dan Memasang Kembali (Reassembly) Oppo F11 Pro


Buat yang mau membongkar semuanya, atau melepas dan mengganti part lainnya silahkan lihat video disassembly dibawah ini..


Di video tersebut Anda bisa melihat bagaimana melepas berbagai komponen, mulai dari fingerprint sensor, baterai, mohterboard, modul speaker dan mic, antena, port charger, dan sparepart lainnya.

Sealin membongkar juga di video ini diperlihatkan cara memasangnya kembali (reassembly) hingga menjadi ponsel yang utuh kembali dan berfungsi kembali dengan benar.

Video & pics source: Android Corridor.

0 Response to "Membongkar, Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Oppo F11 Pro"

Posting Komentar