Cara Membuka Backcover, Modul Wireless Charger, Speaker dan Mengganti Baterai Xiaomi Mi 9

Di bulan Februari 2019 lalu Xiaomi telah meluncurkan smartphone flagship terbarunya yaitu Xiaomi Mi 9, sekarang kita bongkar-bongkar seperti biasa untuk mengetahui bagaimana cara membuka backcover (casing belakang) dan mengganti baterainya.

Baca Juga: Unboxing, Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 9 Global Version

Sebelum bongkar tentu kita perlu obeng dan tools kit yang diperlukan, berikut peralatan yang harus dipersiapkan:
  • SIM card tray ejector
  • Heat gun
  • Kartu plastik
  • Prying tool/spudger
  • Obeng phillips #000 atau plus ukurang 1,5mm
Kalau belum punya peralatannya bisa cek di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore.. Jika sudah siap, langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Backcover Xiaomi Mi 9


Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membongkar tentu kita pastikan ponsel dalam keadaan mati (turn off) supaya tidak terjadi konslet yang dapat merusak komponen.

Selanjutnya kita keluarkan juga SIM card tray agar lebih aman.

Ini boleh di lewatkan apabila Anda hanya akan membuka casing belakang hingga mengganti baterai. Tapi jika Anda ada rencana mau membongkar motherboard maka mengeluarkan SIM card tray diwajibkan..


Xiaomi Mi 9 ini memiliki backcover (penutup belakang) berbahan kaca Gorilla Glass 5 yang direkatkan menggunakan lem ke bagian frame atau body. Sehingga untuk membukanya kita perlu memanaskan lem backcover agar melunak dan lebih mudah dibuka.

Gunakan heat gun untuk melelehkan lem..


Setelah kira-kira lem backcover melunak, angkat sedikit backcover bagian bawah dekat port charger dengan menggunakan suction cup atau iSclack untuk membuat celah dan masukkan kartu plastik tipis..


Selanjutnya tinggal di geser-geser kartu plastiknya ke seluruh sudut untuk merobek lemnya. Kalau susah, coba panaskan lagi dengan heat gun agar lemnya melunak dan gunakan lagi plastik tipis sampai backcover bisa terbuka seperti ini..


Bisa kita lihat di foto itu, pada sekeliling backcover terdapat lem berwarna putih disekelilingnya.

Sejauh ini kita sudah membuka backcover atau casing belakang Xiaomi Mi 9. Juga kita bisa melihat ada kumparan berwarna coklat keemasan yang merupakan modul receiver wireless charging.

Jika ingin membuka baterai, lanjutkan ke tutorial berikutnya (Langkah 2)..

Spesifikasi Baterai Original Xiaomi Mi 9


Sebelum bongkar untuk ganti baterai, kita lihat dulu spesifikasi baterai original bawaan Xiaomi Mi 9 ini. Pastikan jika ingin mengganti baterai, Anda jangan sampai salah beli baterainya.

Berikut spesifikasi baterai ori Xiaomi Mi 9:

  • Type: Lithium-ion polymer Battery
  • Model: BM3L
  • Limited Charge Voltage: 4.40Vdc
  • Rated Capacity: 3200mAh/12.3Wh
  • Nominal Voltage: 3.85Vdc
  • Typical Capacity: 3300mAh/12.7Wh
Dimana membeli baterai Xiaomi Mi 9 yang original? Kalau sparepart Xiaomi yang ori biasanya sih hanya dijual di Xiomi Authorized Service Center. Tapi entah bisa dibeli baterainya saja atau harus langsung diganti baterainya ditempat.

Selain itu, mungkin banyak yang jual di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll., tapi perlu di ingat bahwa baterai yang dijual di marketplace atau toko spareparti umum biasanya baterai tiruan, OEM atau KW, jadi perlu hati-hati karena barang KW suka ada grade-grade nya. Pastikan Anda membeli yang kualitasnya bagus supaya tidak boros atau cepat habis karena kapasitas tidak sesuai.

Lanjut, kita ke tutorial mengganti baterai..

Langkah 2: Membuka dan Mengganti Baterai Xiaomi Mi 9


Melanjutkan Langkah 1, untuk mengganti baterai kita harus melepaskan terlebih dahulu bracket plastik penutup motherboard dengan cara melepaskan 9 buah baut/sekrup dengan menggunakan obeng plus ukuran 1,5mm..

Perhatian! Ada sebuah skrup yang tertutupi oleh sticker segel "Mi" yang akan menghanguskan garansi apabila Anda merusak segel tersebut.


Setelah semua skrup dilepas, Anda bisa membuka plastik penutup motherboard tersebut bersama dengan modul wireless charging..

Setelah terbuka, maka baterai bisa dilihat dan siap dibongkar. Lepaskan terlebih dahulu konektor baterai untuk memutus arus listrik dengan menggunakan prying tool..



Body baterai menempel menggunakan perekat karet yang memiliki ujung (pull tab) di bagian bawah yang bisa Anda tarik untuk melepaskannya. Ada 2 buah pull-tab di bagian bawah baterai tetapi yang satu terhalangi, sehingga lebih baik kita melepaskan terlebih dahulu bingkai plastik (modul speaker + antena) yang menutupi sub-board..


Ketika membuka plastik penutup, hati-hati ada kabel antena yang tehubung ke modul tersebut

Setelah modul tersebut dibuka, maka kita akan lebih leluasa untuk menarik pull-tab perekat baterainya.

Tarik secara lurus jangan sampai terputus ditengah..


Setelah kedua buah perekatnya disingkirkan maka baterai bisa dilepas dengan mudah. Silahkan ganti baterainya dengan yang baru.

Baca Juga: FAST CHARGER Wireless 20 Watt dan Power Adaptor 27W Xiaomi Mi 9

Begitulah kira-kira cara membuka backcover dan mengganti baterai Xiaomi Mi 9.

0 Response to "Cara Membuka Backcover, Modul Wireless Charger, Speaker dan Mengganti Baterai Xiaomi Mi 9"

Posting Komentar