Cara Membuka Casing Belakang, Fingerprint Sensor dan Mengganti Baterai Samsung Galaxy A9 2018

Membuka casing belakang (backcover) Samsung Galaxy A9 2018 ini hampir sama dengan cara membuka Galaxy A7 2018, perbedaannya hanya di A9 ada sensor sidik jari sedangkan di A7 tidak ada.

Sebelum bongkar, Anda memerlukan beberapa peralatan, tools kit dan obeng berikut ini:
  • SIM card tray ejector
  • Heat gun
  • Opening pick seperti pick gitar atau plastik tipis
  • Suction cup
  • Obeng phillips #00 atau plus ukuran 1,5mm
  • Spudger
Jika belum punya, obeng dan tools kit bisa dibeli di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore.

Kalau sudah siap, langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang & Mid-Frame Samsung Galaxy A9 2018


Seperti biasa sebelum bongkar-bongkar, pastikan HP nya dalam keadaan mati (power off) dan juga keluarkan terlebih dahulu SIM card tray dengan eject tool yang diberikan dalam paket penjualan..


Casing belakang Galaxy A9 2018 ini tidak bisa langsung dicongkel karena desain backcover kaca biasanya menggunakan lem, jadi harus dicopot dulu penutup belakangnya yang merekat dengan lem pada frame backcover. Karena menggunakan lem, maka kita harus memanaskannya terlebih dahulu agar lem meleleh dan mudah membukanya.

Panaskan cover belakang dengan menggunakan heat gun di bagian sisi-sisinya untuk melelehkan lem.. Panaskan setiap sisinya pada suhu 80-100 derajat Celcius sekitar 1 menit untuk melelehkan lem. Lalu masukkan kartu plastik tipis untuk merobek lem..


Atau gunakan suction cup (ceplokan) untuk mengangkat backcover.. Setelah ada celah, Anda bisa memasukkan opening pick atau plastik tipis seperti kartu nama, masukkan dan geser-geser ke seluruh bagian untuk merobek lemnya hingga backcover bisa dilepaskan..


Setelah backcover bisa dibuka, kita bisa melihat baterainya, tapi belum bisa dilepas karena konektor baterai dilindungi mid-frame..


Selanjutnya lepaskan terlebih dahulu modul fingerprint sensor dengan mencongkel konektornya menggunakan spudger..


Lalu, untuk membuka keseluruhan casing belakang, kita harus melepaskan terlebih dahulu 16 buah skrup yang terlihat dengan menggunakan obeng plus ukurang 1,5mm..

Setelah semua sekrup terlepas, barulah kita bisa mencongkel bezel atau pinggiran casing belakang dengan menggunakan opening pick..


Seperti biasa, geser ke seluruh sudut untuk melepaskan semua pengait mid-frame dari body utamanya sehingga mid-frame ini bisa dibuka..


Sampai sini kita telah membuka backcover dan mid-frame Samsung Galaxy A9 2018.

Jika baterai sudah mulai boros, cepat habis, drop atau ada masalah baterai lainnya, mungkin sudah saatnya mengganti baterai. Silahkan ikuti tutorial selanjutnya..

Spesifikasi Baterai Original Samsung Galaxy A9 2018


Sebelum bongkar untuk ganti baterai, kita lihat dulu spesifikasi baterai original bawaan Samsung A9 2018 ini. Pastikan jika ingin mengganti baterai, Anda jangan sampai salah beli baterainya.

Berikut spesifikasi baterai ori Samsung Galaxy A9 2018:


  • Type: Li-ion Battery
  • Model: EB-BA920ABU
  • Limited Charge Voltage: 4.40Vdc
  • Rated Capacity: 3.720mAh/14.33Wh
  • Typical Capacity: 3.800mAh/14.63Wh
  • Nominal Voltage: 3.85Vdc
Dimana membeli baterai Samsung Galaxy A9 2018 yang original? Biasanya Samsung jual baterai originalnya di SSC (Samsung Service Center) dengan harga kisaran sekitar Rp. 300.000,- dan kalau mau langsung ganti baterai disana juga sepertinya bisa, dengan biaya tambahan pastinya. Entah bisa beli baterainya saja atau tidak.

Selain itu, mungkin banyak yang jual di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll., tapi perlu di ingat bahwa baterai yang dijual di marketplace atau toko spareparti umum biasanya baterai tiruan, OEM atau KW, jadi perlu hati-hati karena barang KW suka ada grade-grade nya. Pastikan Anda membeli yang kualitasnya bagus supaya tidak boros atau cepat habis karena kapasitas tidak sesuai.

Saran saya sih kalau tidak beli asli mending OEM pihak ke-3 yang bermerk dan bergaransi.

Lanjut, kita ke tutorial mengganti baterai..

Langkah 2: Mengganti Baterai Samsung Galaxy A9 2018


Melanjutkan Langkah 1, casing belakang telah terbuka dan kita bisa lihat langsung baterainya.

Lepaskan konektor baterai, sub-board, dan display dengan menggunakan spudger atau kuku..


Setelah itu, maka baterai siap untuk dilepaskan. Tapi baterai Samsung ini merekat dengan lem yang sayangnya tidak memiliki pull-tab seperti baterai pada brand iPhone, Xiaomi, atau Oppo. Inilah yang agak menyulitkan. Kita harus merobek lemnya dengan menggunakan kartu plastik lagi..


Setelah baterai terbuka, silahkan ganti dengan baterai baru. Jangan lupa tes nyala terlebih dahulu untuk memastikan baterai penggantinya berfungsi normal. Setelah itu, silahkan pasang kembali semuanya seperti semula.

Demikian tutorial cara membuka casing belakang dan mengganti baterai Samsung Galaxy A9 2018. Gunakan panduan ini secara bijak dan kami tidak bertanggungjawab apabila terjadi masalah pada ponsel Anda. Lakukan itu dengan resiko Anda sendiri. Semoga bermanfaat! Pics source: MovilOne Repair Phone & WitRigs.

0 Response to "Cara Membuka Casing Belakang, Fingerprint Sensor dan Mengganti Baterai Samsung Galaxy A9 2018"

Posting Komentar