Mengenal Chipset MediaTek Helio P35 yang Dipakai di Xiaomi Mi Play, Bagus Gak?

Yang perlu Anda ketahui tentang Helio P35

Smartphone Mi Play Xiaomi diluncurkan di akhir Desember 2018 lalu dan sebagai otaknya ia menggunakan prosesor MediaTek Helio P35. Di bawah ini adalah rincian lengkap chipset menurut situs web MediaTek sendiri.

Helio P35 adalah chipset octa-core yang dibangun di atas simpul FinFET 12nm canggih milik TSMC. Delapan core-nya semua core Cortex-A53 yang memiliki clock 2.3GHz. Snapdragon 630 Qualcomm juga menggunakan jenis dan jumlah inti yang sama tetapi memiliki clock lebih rendah pada 2.2GHz. Namun, Helio P35 akan dapat menawarkan kinerja yang lebih baik dan daya tahan baterai yang lebih lama karena merupakan chipset 12 nm dibandingkan dengan desain 14nm Snapdragon 630.

GPU P35 adalah PowerVR GE8320, GPU yang sama di dalam Helio P22 tetapi clock lebih tinggi pada 680MHz di Helio P35. MediaTek mengatakan Helio P35 mendukung tampilan FHD+ dan rasio aspek 20:9.

Prosesor ini mendukung RAM LPDDR3 dan LPDDR4x (4GB dan 6GB) dan eMMC 5.1. Chipset ini juga mendukung dual kamera 13MP atau kamera tunggal 25MP. Selain itu, ia memiliki hardware depth engine untuk mengolah dan menghasilkan gambar bokeh tingkat profesional, Electronic Image Stabilization (EIS) dan Rolling Shutter Compensation (RSC) yang menghapus "efek jello" (efek condong sebagian) saat merekam objek yang bergerak cepat.

Helio P35 juga mendukung AI Face ID (Face Unlock), album foto pintar, dan pengurangan noise multi-frame. Ini juga memiliki Wi-Fi dual-band, Bluetooth 5.0, VoLTE, dan ViLTE.

Belum ada berita tentang produsen lain yang telah mendaftar untuk chipset tetapi kemungkinan merek seperti OPPO dan Vivo akan meluncurkan ponsel yang ditenagai oleh prosesor ini pada tahun 2019.

MediaTek Helio P35 Cocok Untuk Anda?


Prosesor ini merupakan kelas menengah-bawah. Kelasnya sama dengan Helio P70 (P = Performance), tapi P35 lebih rendah kinerjanya.

Idealnya ponsel dengan processor Helio P35 ini adalah untuk ponsel-ponsel kelas murah dengan harga kisaran Rp. 1,5~2,5 jutaan.

Untuk gamer? Kurang disarankan untuk Anda yang intens bermain game, apalagi game-game berat yang kompleks. Ponsel dengan prosesor ini akan lebih cocok untuk Anda yang hanya bermain sedikit games dan lebih banyak browsing internet atau main social media.

Kelebihan Helio P35 untuk saat ini, awal 2019, tentu chipset ini masih segar dengan membawa teknologi-teknologi yang masih baru, seperti:
  • Perbaikan di sektor kamera.
  • AI yang lebih pintar.
  • Lebih cepat dan efisien, dengan pabrikasi 12nm yang akan lebih hemat baterai.
  • Dukungan 4G LTE pada kedua SIM card
  • Tangkapan sinyal yang lebih baik dan lebih cerdas.
Jadi jangan hanya terpaku pada membandingkan kecepatan saja, bisa saja dalam bencmark memiliki score yang relatif sama, tapi belum tentu dari segi teknologinya.

0 Response to "Mengenal Chipset MediaTek Helio P35 yang Dipakai di Xiaomi Mi Play, Bagus Gak?"

Posting Komentar