Seberapa Cepat Pengisian Baterai Realme U1? Apakah Fast Charging?

Sebelumnya kita sudah melakukan unboxing Realme U1, sekarang kita sedikit review dari sektor kecepatan pengisian baterai. Tentu karena saat ini kecepatan pengisian baterai juga merupakan hal yang sangat penting.

Selain itu juga kita akan cari tahu apakah HP ini support fast charging?

Pada unboxing, smartphone ini dilengkapi dengan charger yang memiliki ouput 5V~2A dengan kabel data Micro USB.

Dan sebagai catatan, Realme U1 memiliki kapasitas baterai sebesar 3500 mAh.

Tes Kecepatan Pengisian Baterai Realme U1 Dengan Charger Bawaan


Langsung aja kita tes pengisian baterai Realme U1 dari 0% sampai 100% menggunakan charger original bawaannya..


Dan stelah 15 menit di cas dalam keadaan stand-by ponsel ini dapat mengisi baterai sebanyak 16%..


Pengisian baterai selanjutnya:
  • 30 menit = 31%
  • 1 jam = 60%
  • 1 jam 30 menit = 80%
  • 2 jam = 95%
  • 2 jam 24 menit = 100%
Dengan kapasitas baterai 3500 mAh, Realme U1 berhasil mengisi baterai hingga penuh 100% dengan catatan waktu sekitar 2 jam 24 menit.


Pengisian baterai dari 80% hingga 100% melambat seperti pada umumnya, dan bahkan 99-100% diisi dalam waktu lebih dari 10 menit. Jadi kalau mau cepat sih cas dari low batt 20%-80% saja, karena idealnya memang begitu supaya umur baterai awet. Lakukan full charge hingga 100% hanya 1 bulan sekali saja.

Catatan: setiap perangkat mungkin bisa berbeda kecepatan pengisian baterainya, tergantung banyak faktor juga, jadi ini hanya kisaran saja.

Apakah Realme U1 Support Fast Charging (VOOC, Rapid Charging, Quick Charge)?


Bagaimana jika kita menggunakan charger yang sudah mendukung fast charging seperti VOOC, Rapid Charging/PumpExpress, atau Quick Charge?


Smartphone ini menggunakan Chipset Mediatek Helio P70, sedangkan Quick Charge itu merupakan trade mark Qualcomm jadi kemungkinan besar tidak mendukung teknologi fast charging Quick Charge. Dan memang benar setelah kami tes dengan power bank berteknologi QC3, ponsel ini hanya bisa di cas pada 5V.

Teknologi fast charging dari MediaTek adalah Rapid Charging atau PumpExpress. Helio P70 sebenarnya sudah memiliki tekologi PumpExpress namun mungkin karena ini HP murah jadi fitur ini tidak diaktifkan.

VOOC yang merupakan teknologi fast charging dari Oppo juga tidak didukung Realme U1. Ya sangat wajar karena VOOC biasanya hanya disertakan pada ponsel Oppo kelas atas seperti Oppo F9 dan Find X.

0 Response to "Seberapa Cepat Pengisian Baterai Realme U1? Apakah Fast Charging?"

Posting Komentar