Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Asus Zenfone Max Pro M2

Setelah kita melihat wujud luar di unboxing Asus Zenfone Max Pro M2, sekarang saatnya bongkar-bongkar. Kita lihat bagaimana jeroan smartphone ini.

Di artikel ini kita akan membuka casing belakang untuk melihat sparepart bagian dalam Max Pro M2, dan sekalian juga bongkar baterai.

Baterai berukuran sebesar 5000mAh ini mungkin akan sangat lama umurnya, bisa 2-3 tahun baru akan mulai drop dan menjadi boros. Saat itulah baterai perlu diganti.

Sebelum bongkar, ini beberapa tools kit dan obeng yang akan digunakan:
  • SIM card ejector
  • Opening pick
  • Obeng phillips #00 (obeng plus ukuran 1,5~2.0mm)
  • Spudger
Tools kit dan obeng set bisa dicari di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore.

Langsung aja yuk kita bongkar..

Membuka Casing Belakang Asus Zenfone Max Pro M2


Langkah pertama tentu wajib kita matikan dulu ponselnya (turn off). Lalu keluarkan SIM card tray dulu karena akan menghalangi, gunaakan SIM card ejectool yang biasanya diberikan dalam paket penjualan.. Colok di lubangnya sampai ada yang keluar..


Selanjutnya kita bisa mulai melepaskan casing belakang dengan cara mencongkel antara sisi casing dengan LCD assembly seperti pada gambar berikut.. Gunakan opening pick atau plastik tipis seperti pick gitar..


Geser ke seluruh sudut untuk melepaskan semua klip pengait. Setelah itu maka casing belakang bisa kita buka..


Begitulah cara membuka casing belakang Asus Zenfone Max Pro M2. Standar dan mudah saja tidak seperti Realme U1 yang agak ribet.

Jika ingin mengganti baterai, lanjut ke tutorial berikutnya..

Spesifikasi Baterai Original Bawaan Asus Zenfone Max Pro M2 


Sebelum ganti baterai, ada baiknya kita mengetahui dulu spesifikasi baterainya supaya tidak salah beli. Berikut adalah spesifikasi baterai bawaan original Max Pro M2:


  • Jenis: Li Polymer Battery
  • Model: C11P1706
  • Rating: 3,85V ~ 19,25Wh
  • Capacity: 5000mAh(Typ)/4850mAh(Min)
Kalau mau beli baterai ori Max Pro M2, silahkan coba tanya ke Asus Service Center. Di toko sparepart HP atau marketplace seperti tokopedia atau bukalapak juga mungkin ada tapi biasanya barang palsu/KW/OEM.

Mengganti Baterai Asus Zenfone Max Pro M2


Setelah casing belakang terbuka, kita sudah bisa melihat baterainya, tapi belum bisa langsung dilepas karena konektor tertutup oleh frame plastik bagian atas yang harus kita buka terlebih dahulu.

Untuk membukanya, kita perlu melepas beberapa sekrup/baut dengan menggunakan obeng plus berukuran sekitar 1,5~2,0mm..


Setelah frame plastik bagian atas dibuka, maka kita bisa melepaskan konektor baterai dengan mencongkelnya menggunakan spudger prying tool atau kuku..


Catatan: Lepaskan konektor baterai terlebih dahulu apabila Anda ingin membongkar/memperbaiki part lain agar lebih aman dan menghindari dari konslet yang dapat merusak sparepart.

Selanjutnya tinggal melepas baterai. Tapi baterai merekat ke body dengan dua jalur lem. Satu jalur bisa ditarik pull-tab nya di bagian bawah kiri baterai..


Tarik secara lurus, hati-hati jangan sampai putus di tengah karena akan menyulitkan saat membuka baterai.

Selanjutnya congkel baterai dengan menggunakan prytool atau plastik tipis..



Setelah baterai terlepas, silahkan ganti dengan yang baru. Jangan lupa tes dulu fungsi baterainya. Setelah dipastikan berfungsi dengan baik, silahkan pasang kembali semua part seperti semula.

Demikian tutorial membuka backcover dan mengganti batre Asus Zenfone Max Pro M2. Gunakan panduan ini dengan resiko sendiri :)

Sumber foto: BDC Technology. Selanjutnya Elppas akan bahas tanya jawab ponsel ini dan juga review. Sampai jumpa di artikel berikutnya :)

0 Response to "Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Asus Zenfone Max Pro M2"

Posting Komentar