Cara Membuka Casing Belakang dan Ganti Baterai Oppo A7/AX7

Di artikel ini Elppas akan membahas bagaimana cara membongkar atau membuka casing belakang hingga mengganti baterai smartphone terbaru yang masuk ke Indonesia di akhir tahun 2018, yaitu Oppo A7.

Sebelumnya kita juga sudah share unboxing Oppo A7 untuk melihat desain dari luar. Sekarang kita akan melihat bagaimana jeroan ponsel ini.

Sebelum bongkar, kita siapkan dulu alat-alat atau tools kit sebagai berikut:
  • SIM Card tray ejector
  • Opening pick
  • Obeng phillips #00 (plus ukuran 1,5~2.0mm)
  • Spudger
  • Pinset
Kalau mau bongkar tapi belum punya alatnya, silahkan cari di tokopedia.com/elppastore atau bukalapak.com/elppastore.

Langsung kita bongkar yuk..

Langkah 1: Membuka Casing Belakang Oppo A7


Seperti biasanya, sebelum bongkar pasikan ponsel dalam keadaan mati (turn off) dengan menekan tombol power beberapa detik hingga muncul icon power untuk digeser ke bawah.

Selanjutnya pastikan juga melepaskan terlebih dahulu SIM card tray holder (baki SIM card) dengan menggunakan SIM eject tool..


Setelah itu, maka casing belakang siap untuk dibongkar. Caranya congkel antara backcase dan LCD assembly (body) dengan menggunakan opening pick atau pick gitar atau plastik tipis seperti ini..


Geser ke seluruh sudut untuk melepaskan klip-klip pengait casing ke body.

Setelah semua terlepas, hati-hati ada kabel flexible fingerprint sensor yang terhubung dari casing belakang ke mainboard yang menempel di body.

Lepaskan terlebih dahulu konektor flexible fingerprint sensor. Gunakan obeng phillips #00 untuk melepaskan sebuah sekrup..


Setelah baut dilepas, maka kita bisa membuka plat yang melindungi konektor sensor sidik jari itu. Dan kita bisa melepas konektornya dengan mencongkel menggunakan spudger atau kuku..


Setelah itu maka casing belakang bisa dibuka karena sudah terpisah dari body. Kira-kira begitulah cara membuka casing belakang Oppo A7/AX7.

Untuk Anda yang mau mengganti baterai Oppo A7, yaitu apabila baterai sudah boros, cepat habis, kembung, atau masalah baterai lainnya, silahkan ikuti tutorial berikutnya.

Langkah 2: Mengganti Baterai Oppo A7


Setelah dibuka backcover, baterainya sudah bisa kita lihat, tapi belum bisa dilepaskan karena konektor masih tertutup oleh plat besi. Untuk membukanya, lepaskan terlebih dahulu beberapa sekrup dengan menggunakan obeng plus ukuran 2.0mm atau 1.5mm..


Setelah semua skrup terlepas, kita bisa angkat bracket atau plat besinya. Lalu lepaskan konektor baterai dengan menggunakan spudger atau kuku..


Jika konektor baterai sudah terlepas, maka baterai bisa dilepaskan dengan cara menarik pull-tab atau plastik berwarna hijau.. kelupas juga plastik bening yang menghalangi..


..tarik pull-tab ke atas dengan hati-hati. Jika susah, Anda bisa meneteskan alkohol sekikit (0.2mL) untuk melunturkan lem di sisi baterai ini..


Tunggu beberapa saat, dan Anda akan lebih mudah membuka baterainya..


Baterai sudah terbuka, silahkan ganti dengan baterai baru. Pasang kembali semua part setelah baterai baru dipastikan berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Tanya Jawab Semua Hal Tentang Oppo A7

Demikian tutorial ganti baterai Oppo A7. Do it with your own risk.

Jika ingin membongkar seluruhnya, silahkan lihat video Oppo A7 Dissassembly berikut ini:


Semoga bermanfaat. Video and Pics source: Android Corridor.

0 Response to "Cara Membuka Casing Belakang dan Ganti Baterai Oppo A7/AX7"

Posting Komentar