Cara Meningkatkan Kinerja dan Menambah VRAM Pada Laptop/PC AMD APU A10

Mau main games tapi cuma punya laptop dengan processor AMD APU (Accelerated Processing Unit) dimana "VGA" nya terintegrasi di processor. Seperti A6, A8, A9 ,A10, dan A12 yang memiliki graphic terintegrasi. Bukan VGA dedicated yang terpisah dari processor.

Contoh, laptop saya Acer Aspire Z3-451 dengan processor AMD A10 5757M yang memiliki VGA terintegrasi Radeon HD 8650g. Ini tidak memiliki Video RAM khusus, tapi VRAM ngambil dari RAM utama.

Sehingga kinerjanya juga dipengaruhi oleh RAM.

Mari kita bahas bagaimana cara memaksimalkan kinerja AMD APU ini..

Meningkatkan Kinerja AMD APU


Salah satu cara yang pasti dapat meingkatkan performa AMD APU adalah dengan menggunakan RAM dengan speed tertinggi dan menambah ram menjadi 2 keping (dual-channel). Hal ini dapat meningkatkan kierjanya hingga 30%.

Jadi pastikan dulu upgrade RAM menjadi 2 keping, disarankan minimal 4GB x 2 (8GB). Saya sendiri menggunakan RAM 4GB + 8GB (12GB). Karena RAM utama akan kepotong juga oleh VRAM.

Menambah VRAM Pada Laptop AMD APU


Selanjutnya yang mempengaruhi kinerja integrated graphic adalah Video RAM.

Yang jadi masalah sebenarnya VRAM pada integrated graphic tersebut secara default hanya dibagi VRAM sekitar 512MB atau 479MB kalau di laptop saya. Dan sisanya hanya masuk sebagai shared memory, walaupun RAM yang saya install sudah 12GB.

Jumlah VRAM bisa dilihat di DirectX Diagnostic Tool (dxdiag)..


VRAM yang sedikit menjadi masalah kalau kita coba main game yang berat seperti GTA V, di bagian settings graphics nya terdeteksi VRAM sesuai jumlah yang bisa dilihat di dxdiag, sedangkan shared memory tidak dianggap. Jadi settingan mentok tidak bisa dinaikkan atau diubah.

Selain itu, kapasitas VRAM yang kecil juga dapat menghambat jalannya permainan, selain kualitas gambar yang kurang bagus juga sering terjadi penurunan framerate.

Jadi, adakah cara untuk menambah VRAM pada laptop AMD APU A10? Setelah cari-cari info di mbah Google, ternyata ada satu cara menaikkan jumlah VRAM yaitu melalui settingan di BIOS.

Carannya (kalau di laptop saya ini):

Masuk ke BIOS, lalu ke tab ADVANCED, ada opsi Integrated Graphic dengan pilihan (Force/Auto). Secara default pilihan sudah di set ke Force. Jadi saya ubah ke Auto. Setelah itu Exit and Save Setting.


Hasilnya ternyata VRAM bertambah menjadi 735MB. Ya lumayan lah walaupun cuma sedikit bisa nambah untuk detailnya dan mengurangi lag karena kekurangan video RAM.


Selain itu tidak ada cara lain lagi setau saya walaupun sudah ubek-ubek berbagai artikel di Google. Tinggal pasrah aja, atau upgrade laptop.

Menambah VRAM di PC Desktop AMD APU


Bagaimana kalau di PC desktop?

Untuk menambah VRAM AMD APU sama juga melalui BIOS:


  • Integrated Graphics: (Auto, Disable, Force), jika mode Auto tidak memberikan VRAM yang cukup, coba di set ke mode Force
  • UMA Frame Buffer Size: (256M, 512M, 1G, 2G), dengan mode Force, Anda bisa set VRAM ke 2G atau size maksimal yang ada di settingat tersebut.

Video-nya:


Kesimpulannya untuk menambah jumlah VRAM pada procesor AMD APU baik di laptop maupun di PC desktop bisa dilakukan di BIOS. Selain itu setau saya tidak ada cara lain lagi, kecuali untuk PC ya tinggal ditambah saja pake VGA card external/dedicated.

Jika Anda tahu cara lain, silahkan tambahkan di komentar. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Cara Meningkatkan Kinerja dan Menambah VRAM Pada Laptop/PC AMD APU A10"

Posting Komentar