Cara dan Syarat Membuat Surat Rekomendasi Untuk Umroh di Kemenag Bandung

Beberapa waktu lalu sekitar tanggal 23 Agustus 2018, saya harus ke Kemenag (Kementrian Agama) untuk membuat surat Rekomendasi.

Di arteikel ini saya mau berbagi pengalaman tentang cara membuatnya untuk Anda yang ingin membuat surat rekomendasi supaya ada gambaran.

Untuk keperluan membuat paspor umroh sekarang diperlukan surat rekomendasi dari Kemenag. Hal ini dikarenakan banyak yang menyalahgunakan pasport, bilangnya untuk umroh ternyata malah jadi TKI. Selain itu juga untuk melindungi jamaah agar berangkat melalu travel resmi dan menghindari dari penipuan travel dan sejenisnya.

Syarat Membuat Surat Rekomendasi Untuk Umroh


Sebelumnya, siapkan dulu beberapa persyaratan dokumen yang dibutuhkan, diantaranya:
  • Surat Rekomendasi dari Travel (asli, bukan fotocopy)
  • Fotocopy SK Izin operasional Travel
  • Fotocopy KTP
  • Surat kuasa dari jamaah jika mewakilkan pengurusan (jika mengurus sendiri maka tidak perlu)
  • Jadwal keberangkatan umroh (kalau ini diingat saja karena cuma ditanya saja) 
Setelah siap semua, siap berangkat menuju kantor kemenag. Jangan lupa pakai pakaian yang rapih dan sopan, hanya saran untuk etika saja.

Alamat Kantor Kemenag di Bandung


Di Bandung ada beberapa kantor Kemenag, jangan salah datang karena waktu itu saya malah ke Kantor Kemenag Provinsi Jawa Barat yang di Jl. Jend. Sudirman No.644, Dungus Cariang, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40183, karena cukup dekat dari rumah saya, tapi bukan disini membuat surat rekomendasi.

Ada 3 kantor untuk membuat surat rekomendasi, silahkan datang sesuai tempat tinggal. Untuk yang tinggal di kotamadya datang ke Kemenag Kota, yang tinggal di kabupaten datang ke kantor Kemenag Kabupaten.

Kantor Kemenag Kota Bandung:

Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.498, Batununggal, Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40212
Provinsi: Jawa Barat
Telepon: (022) 7505925

Kantor Kemenag Kabupaten Bandung:

Address: Jl. Adipati Agung No.42, Baleendah, Bandung, Jawa Barat 40375
Province: West Java
Phone: (022) 5947264

Kantor Kemenag Kabupaten Bandung Barat:

Alamat: Jl. Letkol. GA Manulang, Jayamekar, Padalarang, Bandung Barat, Jayamekar, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40553
Telepon: (022) 6804455

Jam buka:
  • Senin, Selasa, Rabu, Kamis: 7:30AM–4PM
  • Jum'at: 7:30AM–4:30PM
  • Sabtu-Minggu: Libur

Waktu cukup flexibel kalau menurut saya tidak perlu datang pagi banget karena tidak antri, yang penting jangan di luar jam kerja dan jam istirahat kerja.

Proses Membuat Surat Rekomendasi Kemenag


Cara membuat surat rekomendasi di kantor Kemenag berdasarkan pengalaman saya tidak terlalu ribet dan tidak terlalu ngantri.

Datang ke kantor Kemenag.

Tanya ke satpam tempat membuat surat rekomendasi (bag. umroh dan haji). Kalau di kantor Kemenag kota Bandung, masuk gerbang (parkir) belok kiri naik ke lantai 2. Biasanya ada tanda tulisan "Pelayanan Terpadu Kementrian Agama ... "

Kantor Kemenag Kota Bandung

Di bagian dalam ruangan ada kursi untuk menunggu giliran. Tidak ada no antrian, jadi tinggal liat situasi saja, kalau kosong biasanya kita pas duduk di kursi tunggu juga langsung ditanya mau daftar haji atau apa..

Ini foto untuk pendaftaran haji, sementara untuk pembuatan surat rekomendasi ada di sebelah kanan (tidak saya foto lupa)..

Ruang bagian Urusan Haji dan Umroh Kemenag Kota Bandung

Setelah dapat giliran, tinggal menyerahkan persyaratan dan hanya ditanya nama travel dan jadwal keberangkatan. Setelah itu disuruh balik lagi keesokan harinya untuk mengambil surat rekomendasi. Ya prosesnya 1 hari, jadi harus 2x datang ke kantor Kemenag.

Keesokan harinya..

Datang lagi ke kantor Kemenag untuk mengambil surat rekomendasi sesuai waktu yang dijanjikan, pas datang ternyata di kantor tersebut sedang ada gangguan listrik, dan ternyata surat belum beres karena belum ditandatangani.

Tunggu lagi beberapa menit, dan akhirnya beres juga. Surat rekomendasi diserahkan dan kita mengisi data di buku daftar pembuat surat rekomendasi.

Surat Rekomendasi Umroh dari Kemenag

Ucapkan terimakasih jazakallahu khairan dan assalamualaikum. Tidak ada biaya administrasi alias gratis.

Selesai, selanjutnya tinggak ke kantor imigrasi untuk membuat passport.

0 Response to "Cara dan Syarat Membuat Surat Rekomendasi Untuk Umroh di Kemenag Bandung"

Posting Komentar