Kecepatan Clock Porcessor AMD/Intel Stuck di Speed Rendah (PC/Laptop)

Beberapa waktu lalu saya sempat mengalami masalah dimana kecepatan atau speed processor tidak mencapai sesuai spesifikasinya, clock processor stuck pada angka sekitar 800 MHz. Padahal processor yang saya gunakan adalah AMD A10-5757M dengan cores speed 2.5 GHz.


Masalah seperti ini sebenarnya bisa terjadi pada sistem apa saja, baik laptop ataupun PC, juga Intel Core i3/i5/i7 maupun AMD FX/APU/Rizen.

Identifikasi Masalah

 
Perlu diketahui bahwa pada motherboard terdapat sensor-sensor dan prosedur untuk mengatur clock processor dengan tujuan efisiensi daya. Motherboard dapat menjalankan processor pada clock maksimal atau menurunkannya pada clock rendah untuk menjaga suhu tetap rendah dan juga untuk menghemat daya.

Namun, jika clock menjadi stuck di speed rendah maka kemungkinan ada masalah di area tersebut seperti kerusakan pada sensor motherboard dan atau supply listrik (masalah hardware) atau setting pada sistem operasi/aplikasi (software).

Jika Anda mengalami masalah seperti ini maka silahkan cek beberapa beberapa bagian pada setting software dan hardware.

Masalah Software Yang Membuat Processor Stuck


Secara software, yang paling umum untuk membatasi clock porcessor adalah setting pada Power Options.

Silahkan cek di Control Panel (Windows 8/10) > Hardware and Sound > Power Options > Change Plan Settings > Change advanced power settings.

Lihat di Processor power management > Maximum processor state, apakah sudah 100%? Kalau belum maka porcessor tidak akan bekerja hingga kecepatan tertingginya. Silahkan ubah ke 100%.


Kalau setting-an itu sudah benar tapi speed porcessor masih stuck, maka kemungkinan masalahnya bukan disitu. Coba cek hardware.

Masalah Hardware Yang Membuat Speed Processor Stuck


Secara hardware, kemungkinan terjadinya masalah ini bisa dari berbagai faktor, diantaranya:


Power supply. Jika asupan listrik down atau kurang maka sistem tidak akan bekerja maskismal atau tidak bisa mengangkat proses yang membutuhkan daya lebih. Karena pada saat melakukan proses di speed yang lebih tinggi maka CPU akan meminta daya yang dibutuhkan dari power supply.

Selain itu boleh cek juga kabel-kabel barangkali ada yang kurang kuat menancap atau malah ada yang tidak terpasang seperti power tambahan ke motherboard.

Baterai (laptop). Sama halnya dengan power supply, baterai juga bisa down/drop. Selain itu cek juga konektor baterainya barangkali kurang terhubung dengan baik. Masalah saya sendiri terselesaikan dengan mencabut socket baterai dan memasangkannya kembali.

Konektor fan. Pasikan juga konektor fan processor dan fan sistem tertancap dengan benar agar sensor di motherboard tidak salah mengenali putaran fan. Cek juga suhu processor barangkali overheat.

Motherboard. Masalah ini bisa juga disebabkan karena ada kerusakan pada bagian-bagian tertentu seperti sensor pada motherboard. Kalau motherboard masih garansi, coba konsultasikan dengan service centernya.

Solusi Alternatif, Software ThrottleStop


Solusi terakhir untuk mengatasi masalah kecepatan processor yang tidak mau mencapai speed maksimalnya adalah dengan mematikan fungsi "thermal protection" atau "BD PROCHOT" dengan menggunakan software ThrottleStop.

ThrottleStop adalah aplikasi kecil yang dirancang untuk memantau dan memperbaiki tiga jenis utama pelambatan CPU yang digunakan pada banyak komputer laptop.

Sisi kiri ThrottleStop berisi berbagai opsi yang dapat digunakan untuk memangkas CPU throttling dan di sisi kanan adalah panel Monitoring yang menunjukkan kepada Anda keadaan terkini dari setiap thread pada CPU Anda.

Beberapa laptop menggunakan modulasi clock dan pengurangan multiplier untuk menurunkan kinerja dan konsumsi daya komputer Anda. Hal ini dilakukan dengan sengaja untuk memungkinkan komputer Anda berjalan lebih dingin atau untuk memungkinkan laptop Anda beroperasi dengan adaptor daya yang tidak cukup untuk sepenuhnya menyalakan laptop Anda dan mengisi ulang baterainya pada saat yang bersamaan.

Saat menggunakan ThrottleStop, sangat disarankan untuk memantau konsumsi daya dengan meteran Kill-a-Watt atau perangkat sejenis dan pastikan tidak melebihi kemampuan daya adaptor daya Anda. Penggunaan ThrottleStop untuk melewati skema pelambatan ini merupakan risiko Anda sendiri dan dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada adaptor daya atau komputer Anda atau keduanya yang mungkin tidak tercakup oleh garansi Anda.

Uncheck atau matikan BD PROCHOT..


BD PROCHOT - Singkatan dari Bi-directional Processor Hot. PROCHOT adalah sistem pelambatan darurat yang digunakan ketika CPU mencapai suhu maksimumnya (100 atau 105C). BD PROCHOT adalah sistem yang digunakan sebagian laptop di mana CPU akan dicekik ketika komponen lain, seperti GPU, mencapai suhu yang disetel — bahkan jika CPU tidak panas sampai titik pelambatan.

Artinya ini akan mematikan fungsi penurunan performa walaupun suhu CPU/GPU mencapai maksimum. Jadi harus hati-hati juga.

Hal ini adalah solusi terakhir jika motherboard/laptop sudah tidak garansi dan berbagai cara diatas sudah tidak memapan.

Ok, demikian informasi yang bisa saya sampaikan untuk mengatasi masalah processor yang clock speednya mentok di posisi rendah, biasanya 800 MHz, dan tidak bisa naik ke posisi normal.

Mohon dikoreksi bila ada kesalahan, ditambahkan jika ada kekurangan. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Kecepatan Clock Porcessor AMD/Intel Stuck di Speed Rendah (PC/Laptop)"

Posting Komentar