Review Singkat Kelebihan dan Kekurangan Casing PC Murah Thermaltake Versa H18 mATX

Kali ini Elppas mau membahas dan sedikit memberikan review kelebihan dan kekurangan casing dari Thermaltake yaitu Versa H18 mATX. Casing ini tergolong murah untuk merk Thermaltake, yaitu di kisaran harga Rp. 550.000,-.

Pic by Andydjangoo

Overview/Review


Casing ini didesain untuk PC rakitan game tingkat pemula, Thermaltake Versa H18 Window Micro Case menampilkan tampilan kesederhanaan dengan desain manajemen kabel yang mudah, pendingin AIO yang kompatibel dengan liquid cooler, dan banyak pilihan ventilasi. Mendukung perangkat keras PC terbaru dan semua solusi GPU high-end.

Sebenarnya ada dua versi Thermaltake Versa H18, yaitu versi side window tempered glass dan versi acrylic. Yang akan saya bahas disini yang versi acrylic.

Pic by Andydjangoo


Side Panel Transparan

Panel jendela transparan memungkinkan pengguna untuk menampilkan semua komponen dari jeroan PC. Panel depan jala dan panel atas berlubang disertai dust filter, ditambah kaki-berdiri tinggi di bagian bawah memberikan aliran udara yang efisien untuk sistem.

Front Panel I/O
Panel depan dirancang port transfer data USB 3.0 bersama dengan dua port USB 2.0 standar dan mikrofon HD dan jack headset, untuk akses grand direct bila diperlukan. Selain itu juga ada tombol lampu LED untuk menambah estetika.
 
Pic by Andydjangoo


Manajemen Kabel yang Mudah

Masalah kabel kusut tidak lagi ada dengan celah routing kabel yang bisa dibilang lega dengan celah hampir 3cm, menyembunyikan kabel di belakang baki motherboard untuk memastikan kelancaran untuk membangun sistem serta aliran udara yang lebih baik. Ditambah lagi, penutup PSU yang dipasang sebelumnya memungkinkan seluruh area dasar dari case digunakan untuk mengatur kembali kabel yang tidak digunakan.

Pic by Andydjangoo

Dukungan Hardware

Versa H18 mendukung motherboard hingga Micro ATX, heatsink CPU tower dengan tinggi maksimum 155mm, dan slot ekspansi ganda untuk VGA hingga 350mm tanpa kipas depan. Drive bays tersembunyi dapat menampung hingga dua harddisk atau SSD 2,5 ”dan dua 3,5” pada saat yang bersamaan.

Pendingin AIO Liquid Kompatibel

Mendukung semua jenis solusi pendinginan liquid AIO, Versa H18 memiliki kemampuan untuk mengakomodasi hingga satu radiator 280mm di depan atau satu radiator 120mm di bagian belakang.


* Konfigurasi dan kompatibilitas radiator dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan ketebalan radiator.

Ventilasi Dioptimalkan

Versa H18 dilengkapi dengan satu kipas belakang 120mm. Untuk kipas tambahan Anda dapat memasang hingga 4 buah fan 120mm (3 di depan dan 1 di atas) atau dua kipas intake 140mm serta satu kipas exhaust 120mm / 140mm menyediakan aliran udara yang efisien untuk sistem.

Kesimpulan, Kelebihan dan Kekurangan


Di harga 550rb-an mungkin banyak pilihan lain yang sudah menggunakan tempered glass seperti Cube Gaming Valborg. Tapi Thermaltake cukup dikenal dengan build quality nya yang kokoh dan solid dengan bahan metal yang lebih tebal dibandingkan dengan casing murah.

Selain itu juga mungkin ini lebih cocok untuk Anda yang lebih mementingkan air flow yang bagus tapi dengan casing yang kompak.

Kelebihan
  • + build quality kokoh dan solid, one of the best di range harga segini
  • + harga terjangkau untuk kelas branded case (5xx rb saja)
  • + airflow mantap
  • + dimensi compact namun tetap lega untuk ukuran mATX case
  • + psu cover dengan material yg tebal
  • + celah cable management memadai
  • + space cable management sangat lega (nyaris 3 cm)
  • + support vga jumbo (up to 35 cm)

Kekurangan
  • - tidak tersedia bracket HDD, instalasi HDD 3.5" agak ribet (di dasar casing)

Pics souce: thermaltake.com, andydjangoo (YT channel). Kelebihan & kekurangan: Chris Lr (FB).

0 Response to "Review Singkat Kelebihan dan Kekurangan Casing PC Murah Thermaltake Versa H18 mATX"

Posting Komentar