Masalah Asus Zenfone Max Pro M1 Baterai Boros Saat Standby Tapi Normal Saat Digunakan

Tidak setiap smartphone sempurna, ternyata cukup banyak juga masalah yang dialami. Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki masalah dengan touchscreen, Redmi Note 5 memiliki masalah LCD screen burn in, dan sekarang Asus Zenfone Max Pro M1 memiliki masalah baterai yang menjadi boros saat standbya atau tidak digunakan tapi normal saat digunakan.

Ini aneh kan seharusnya kebalik, saat dipakai baterai akan terkuras, sedangkan saat didiamkan seharusnya baterai akan lebih awet.

Di forum Asus, XDA, dan di group FB cukup ramai dan banyak yang mengalami masalah ini terutama di seri Zenfone ZE554KL RAM 4GB.


Sejauh ini belum ada solusi yang ampuh, namun ada beberapa hal yang mungkin perlu Anda ketahui untuk mengatasi masalah ini.

Ok, saya simpulkan beberapa hal yang perlu diketahi jika Anda mengalami masalah ini:

Ini bukan masalah secara hardware, bukan kerusakan pada baterainya, bukan baterai cacat pabrik atau masalah secara fisik baterainya. Mengingat penguranan baterai normal saat ponsel digunakan dan hanya akan boros justru saat idle/didiamkan/tidak digunakan. Jadi kemungkinan besar ini adalah masalah software.


Jadi mungkin Anda harus menunggu hingga ada update perbaikan dari pihak Asus. Sampai saat ini firmware terakhir adalah .318, jadi nunggu firmware berikutnya barangkali aja ada perbaikan.

Sambil menunggu, tidak ada salahnya juga coba-coba dengan tips dari orang-orang yang juga pernah mengalami masalah ini. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa mengatasi masalah baterai boros saat stanby.


Nah itu salah satu solusinya silahkan baca yang ada di gambar itu. Atau saya buat rangkumannya di bawah..
  • Reset Factory atau kembali ke pengaturan pabrik. Ada yang sudah coba dan berhasil. Tapi tidak semua orang mungkin bisa melakukan ini, karena males nyeting lagi dari awal dan harus instal aplikasi lagi.
  • Kalibrasi baterai. Ini yang sering disarankan oleh pihak Asus, kalau kita tanya ke customer care Asus suka disuruh melakukan kalibrasi baterai. Cara kalibrasi baterai: Cas sampai penuh 100% tanpa interupsi (jangan diganggu), lalu pakai seperti biasa sampai 0% (ponsel akan mati sendiri). Cas lagi dalam keadaan mati (switch off) sampai 100% dan biarkan beberapa menit (sekitar 15 menit) jangan dicabut dulu di posisi 100% itu. Lalu nyalakan dan cabut kabel cas ketika logo Asus muncul. Baterai Anda akan lebih baik juga file stats.bin akan diperbarui. Catatan: Kalibrasi sebaiknya dilakukan 1 bulan sekali.
  • Hapus chace via recovery. Cari tau sendiri di mbah google caranya.
  • Cari 2 sistem app com. qti.... dan com.qti.... ente force close keduanya, terus ente disable background activity, terus cari sistem android cukup di disable background activity aja, tenang cukup sekali aja pas ente ngerasa boros, ntar juga settingannya balik kaya awal tu 3 app.
  • Gunakan walpapper gelap. Ada juga yang menyarankan itu, pengaruhnya mungkin sedikit tapi boleh dicoba.
  • Seting penggunaan baterai di setiap aplikasi. Masuk ke settings di apps (FM Radio, MBN Test, Settings, FOTAService), pada opsi Manage battery usage, matikan Background activity.
Itu saja mungkin yang bisa saya rangkum dari forum Asus dan XDA-developers. Semoga bermanfaat! Jika ada yang mau menambhakan silahkan berbagi di komentar.

3 Responses to "Masalah Asus Zenfone Max Pro M1 Baterai Boros Saat Standby Tapi Normal Saat Digunakan"

  1. Iya gan, ane juga ngalamin hal yang sama, mohon petunnuknya, apa uda normal skrng boss?? Dan kalau ngecasnya berasa lebih dari 2,5 jam blm smpe 100%

    BalasHapus
  2. Nonaktifkan semua yg ada di pengaturan FM radio, background, data latar belakang, terus hapus data dan paksa berhenti. Hp saya jadi normal lagi, batre awet standby smalaman. Silahkan coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah-langkahnya gimana mas yg lebih detail, bingung aku soalnya... ditunggu responnya, makasih juga sebelumnya

      Hapus