Kenapa Oppo Find X Tidak Memiliki Proximity Sensor?

Sensor jarak (Proximity Sensor) adalah sensor yang dapat mendeteksi keberadaan benda-benda di dekatnya tanpa kontak fisik. Sensor jarak sering memancarkan medan elektromagnetik atau seberkas radiasi elektromagnetik (inframerah, misalnya), dan mencari perubahan di medan atau sinyal kembali.

Dalam sebuah smartphone, proximity sensor difungiskan untuk mematikan layar pada saat menelpon dan ponsel didekatkan ke telinga, atau jika apapun yang menutupi sensor tersebut pada saat nelpon maka layar akan mati dengan sendirinya dan menonaktifkan layar sentuh untuk menghindari sentuhan yang tidak disengaja oleh pipi.

Oppo Find X front Camera slider

Oppo Find X menggunakan EarSense Qeexo untuk menggantikan Proximity Sensor


Qeexo adalah pengembang pembelajaran mesin ringan dan solusi AI untuk data sensor. Qeexo telah melakukan kemitraan dengan Oppo untuk membawa teknologi EarSense Qeexo ke smartphone Oppo.

EarSense diperkenalkan tahun lalu (2017) sebagai alternatif perangkat lunak untuk sensor jarak. Qeexo mendeskripsikannya sebagai "solusi AI yang canggih" yang memungkinkan untuk desain "bezel-less" yang sesungguhnya. Ini dilakukan dengan mengganti perangkat keras sensor jarak pada smartphone dan memungkinkan perangkat mematikan layar selama panggilan telepon.

Perusahaan ini mencatat bahwa sensor jarak perangkat keras harus ditempatkan di bagian atas smartphone, sehingga membutuhkan telepon untuk dibuat dengan bezel atas.

Proximity sensor pada iPhone X dengan bezel "poni"
EarSense di sisi lain adalah solusi AI khusus perangkat lunak pertama untuk menggantikan sensor jarak perangkat keras. Dibangun pada platform AI yang sama dengan FingerSense milik Qeexo, yang memperkuat gerakan buku jari Huawei, dan yang telah disebarkan di lebih dari 120 juta perangkat.

Qeexo menyatakan bahwa algoritma AI milik EarSense mengidentifikasi wajah dan telinga seseorang ketika mereka dekat atau menyentuh layar, membiarkan perangkat mematikan layar selama panggilan. Karena ini menggantikan sensor jarak, EarSense memungkinkan pembuat perangkat untuk menghapus bezel atas dan takik dari ponsel untuk membuat desain yang lebih baik seperti Oppo Find X yang tanpa bezel di atas. Sumber: xda-developers.com

Apakah Semua Smartphone Bezel-less Tidak Memiliki Proximity Sensor?


Belum tentu, contohnya Vivo Nex yang sama-sama tanpa bezel atas namun masih memiliki proximity sensor walaupun saya tidak tahu entah dimana menempatkannya, tetapi menurut spesifikasi di situs vivo, ponsel tersebut mendukung proximity senor.

0 Response to "Kenapa Oppo Find X Tidak Memiliki Proximity Sensor?"

Posting Komentar