Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi A2 (Mi 6X), Bagus kah Smartphone ini?

Xiaomi Mi A2 yang ternyata juga adalah Mi 6X tapi dengan sistem Android murni, telah diluncurkan hari ini, 24 Juli 2018 di Spanyol.

Seperti pendahulunya Mi A1 (Mi 5X), ponsel ini menawarkan keunggulan di sektor kamera, spesifikasi yang lumayan gahar dikelasnya serta Android One yang akan mendapatkan update android paling dulu dari Google.


Untuk spesifikasi utamanya, yaitu:
  • Body: Aluminum back case, dengan perlindungan layar Gorilla Glass di depan
  • Layar 5,99 inch dengan resolusi Full HD+ dan aspek rasio 18:9
  • Processor: Qualcomm Snapdragon 660; Octa-core CPU (4x2.2GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260)
  • GPU: Adreno 512
  • RAM: 4 GB / 6 GB
  • Memori internal: 32GB / 64GB / 128GB, tidak ada slot MicroSD
  • Kamera belakang ganda, Primary 12MP, Type 1/2.9" sensor, 1.25µm pixel size, f/1.75 aperture, PDAF; Secondary 20MP for low-light, Type 1/2.8" sensor, 1.0µm pixel size, f/1.75 aperture, autofocus, pixel binning. 2160p/30fps.
  • Kamera depan (selfie): 20MP1.0µm pixel size, f/1.8 aperture, Auto HDR; 1080p/30fps video recording.
  • Baterai 3.010 mAh dengan teknologi fast charging Quick Charge 3.0 
  • Konektifitas: Dual-SIM; LTE, USB-C; Wi-Fi a/b/g/n/ac; GPS; Bluetooth 5.0, IR blaster.
  • Lain-lain: Rear-mounted fingerprint reader; single down-firing speaker; no 3.5mm jack (adapter in the box). 
Dengan spesifikasi diatas, apa sih yang bisa di unggulkan dari smartphone ini, ada yang bagus?

Kelebihan Xiaomi Mi A2 (Mi 6X):


1. Performa Yang Kencang

Dengan dibekali processor Qualcomm Snapdragon 660 ber-GPU Adreno 512, performa ponsel ini sangat memuaskan. Buka aplikasi multi tasking pun lancar jaya. Dengan score AnTuTu sekitar 125000, smartphone ini dapat memainkan game-game 3D berat seperti PUBG dengan lancar dan rasanya lebih baik dari Redmi Note 5, walaupun mungkin bagi kebanyakan orang tidak akan terasa perbedaannya.

2. Layar FHD+ Tajam

Untuk layarnya, saya pribadi suka baget karena sudah Full HD+ dan walaupun menggunakan panel LCD tapi karakter wananya itu bagus banget lebih bagus dari Redmi Note 5 karena saturasinya itu tinggi tapi pas banget.

3. Kameranya Bagus Banget
  • Kamera depan mempunyai resolusi yang besar banget yaitu 20 MP (f/1.8) dengan hasil selfie nya itu menurut saya mantep baget. Buat yang suka selfie dan upload ke sosmed seperti Instagram atau Facebook ini cocok banget.
  • Untuk kamera belakang sudah dual camera dengan hasil yang memuaskan apalagi buat yang suka foto bokeh.
  • Untuk merekam video sudah mendukung resolusi 4K
  • Ada electronic image stabilization untuk memperhalus hasil rekam video pada resolusi 1080p kebawah.

4. Sudah Support Fast Charging Quick Charge 3.0

Ponsel ini mungkin memiliki kapasitas baterai yang tidak cukup besar, yaitu 3010 mAh, tapi beruntung sudah mendukung teknologi Quick Charge 3.0 sehingga Anda bisa lebih cepat mengisi baterai kembali. Untuk kecepatan pengisian baterai dengan adaptor QC3.0 dari 0% hingga 100% hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit saja.

5. OS Android 8 Oreo murni (Mi A2)

Salah satu kelebihan dari Android One yaitu akan menapatkan update Android dari Google lebih dulu dibandingkan dengan OS yang sudah dimodifikasi seperti MIUI.

6. Body: Design body sebenarnya relatif tapi minimal sudah kelihatan cukup premium denan menggunakan bahan casing belakang aluminum bukan plastik.

7. USB Type-C: Sudah kekinian lebih egronomis bisa bolak balik nyoloknya dan juga lebih mendukung kecepatan dalam transfer data.

8. IR-Blaster: Mungkin tidak sering dipakai, tapi sesekali kadang dipakai juga sebagai remot TV atau perangkat rumah tangga lainnya.

Kekurangan dari Xiaomi Mi A2 (Mi 6X):


1. Modul Kamera Yang Nonjol Banget

Body Mi A2 memang tipis, tapi hal itu justru mungkin yang membuat jadi modul kamera belakang terasa nonjol banget, lebih tebal dari tonjolan kamera Redmi Note 5. Mungkin ini adalah tonjolan kamera yang paling tebal dari semua HP yang sudah saya coba.

2. Tidak Ada Slot MicroSD

Anda tidak dapat menambah kapasitas memori di ponsel ini, jadi pastikan pada saat membeli, Anda memilih kapasitas memori yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Disarankan sekalian beli yang memiliki memori internal 64GB atau 128GB.

3. Tidak Ada Headphone/Audio Jack

Mungkin karena desainnya yang tipis, sama halnya dengan iPhone X, ponsel ini tidak memiliki lubang headphone jack. Jadi untuk menggunakan headset, Anda harus selalu membawa konverternya. Jadi agak ribet aja sih, gimana kalo lupa gak dibawa.

4. Kapasitas Baterai Kurang Besar

Sebenarnya sudah menjadi tradisi seri Mi yang selalu tidak membawa baterai berkapasitas besar, ukuran baterai 3010 mAh untuk kebutuhan penggunaan ringan tidak akan menjadi masalah. Tapi bagi Anda yang pengguna berat, suka main game, atau sering kerja lapangan mungkin kurang begitu cocok dengan daya tahan baterainya.

Sekian kekurangan dan kelebihan Xiaomi Mi A2 (Mi 6) berdasarkan opini Elppas dan juga referensi dari beberapa review di youtube atau situs lainnya.

Apa yang saya tulis disini belum tentu benar semua. Jika Anda mempunyai pendapat lain silahkan berbagi di komentar.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi A2 (Mi 6X), Bagus kah Smartphone ini?"

Posting Komentar