Kecepatan Pengisian Baterai Asus Zenfone Max Pro M1 Pakai Charger Bawaan vs Quick Charge

Asus Zenfone Max Pro M1 memiliki baterai Li-Po yang cukup besar, yaitu 5000 mAh. Pada artikel ini Elppas akan membahas seberapa cepat pengisian baterainya? Apakah cepat atau lama? Apakah Asus Zenfone Max Pro M1 Support Fast Charging Quick Charge?

Tes Pengisian Baterai Asus Zenfone Max Pro M1 dengan Power Adapter 5V 2A


Power adapter bawaan dalam kotak penjualan Zen Max Pro M1 memiliki output standar 5V 2A. Sayang sekali, padahal kapasitas baterai cukup besar, tentu akan lebih keren lagi jika sudah mendukung fast charging BoostMaster dari Asus. Tapi ya wajar karena ini bukan ponsel flagship, jadi ya sesuai harga saja.

Ok, kita tes aja langsung, baerapa lama baterai 5000 mAh ini bisa diisi dari low batt 1% hingga full 100%..


Baterai diisi dalam keadaan nyala/stanby.

Berikut rincian pada waktu-waktu tertentu:
  • 15 menit = 16%
  • 30 menit = 31%
  • 1 jam = 52%
  • 1 jam 30 menit = 64%
  • 2 jam = 75%
  • 3 jam = 100%
Hasil dari pengujian ini ternyata baterai dapat diisi dari low batt 1% hingga 100% dalam waktu sekitar 3 jam..


Bagaimana menurut Anda? Cepat atau lambat? Menurut saya pribadi sih agak kurang cepat pengisian baterai hingga 3 jam walaupun dengan kapasitas baterai 5000 mAh.

Sekarang kita coba dengan menggunakan power adaptor Aukey yang sudah support fast charging Quick Charge 3.0. Apakah ponsel ini bisa mendukung Quick Charge juga?

Tes Pengisian Baterai Asus Zenfone Max Pro M1 dengan Power Adapter Aukey Quick Charge 3.0


Fast charging Asus sebenarnya BoostMaster, namun katanya kompatibel juga dengan Quick Charge. Kalaupun gak kompatibel ya kita coba saja, iseng-iseng berhadiah dan sekedar ingin tahu saja mengingat ponsel ini menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 636 yang sudah mendukung Quick Charge 3.0. Yuk kita coba dengan charger Aukey..


Kita coba mulai cas dari 1% dengan smartphone dalam keadaan hidup/stanby..

Dan berikut adalah hasilnya dengan rincian sbb:
  • 15 menit = 17%
  • 30 menit = 32%
  • 1 jam = 53%
  • 2 jam = 84%
  • 2 jam 34 menit = 100%
Berbeda sedikit dengan tes sebelumnya yang menggunakan charger bawaan, dengan charger Aukey proses pengisian baterai berjalan lebih efektif dan lebih cepat dengan selisih sekitar 26 menit di posisi 100%.


Kesimpulan dari test ini, kecepatan pengisian baterai Asus Zenfone Max Pro M1 dari 1% hingga 100% yaitu sekitar 2 jam 34 menit hingga 3 jam.

Ponsel ini bisa sama atau lebih cepat pengisian baterainya dengan menggunakan charger Aukey Quick Charge. Walaupun begitu, ponsel ini belum tentu mendukung teknologi Quick Charge, hanya saja mungkin lebih efisien pengaturan voltase dan ampere yang diberikan charger Aukey. Karena menurut informasi lain, ponsel ini hanya mendukung maksimal 5V 2A ketika di tes dengan power bank yang support Quick Charge 3.0..


Tes ini dilakukan pada ponsel Max Pro M1 yang normal dan tidak mengalami masalah baterai boros saat standby. Namun bisa jadi setiap ponsel hasilnya berbeda-beda, bisa karena beda firmware atau kapasitas real baterainya, suhu ruang, dll.

Bagaimana dengan Max Pro M1 Anda? Apakah lebih cepat pengisian baterainya atau malah lebih lambat? Silahkan berbagi di komentar..

Pics source: Techie Tweaks Test Stock Charger and Techie Tweaks Aukey Charging

2 Responses to "Kecepatan Pengisian Baterai Asus Zenfone Max Pro M1 Pakai Charger Bawaan vs Quick Charge"

  1. Misi gan numpang tanya.saya masih bingung masalah ngisi baterai sausnya gan.klw boleh nanyak.waktu berapa % kah kita mulai cager hp asusnya gan?
    Klw saya waktu saya pulang main sama teman baterai tinggal 60 langsung saya cas sampai 💯 lagi.itu benar apa salah..
    Tolong d beri arahan yg bnar ya gan..

    BalasHapus