Iklan Header

Cara Membuka Casing Belakang Oppo Find X

Oppo Find X cukup menarik untuk dibongkar karena ada sebuah teknologi yang tidak biasa, yaitu modul kamera yang bisa bergeser ke atas dan kembali bersembunyi. Selain itu, mungkin jika kamu ingin mengganti baterai atau memperbaiki kerusakan hardware maka smartphone ini bisa dibuka mulai dari casing belakangnya.

Elppas akan berbagi tutorial bagaimana cara membuka casing belakang Oppo Find X.

Sebelum bongkar-bongkar, tentu kamu harus persiapkan dulu beberapa peralatan sbb:

Langkah 1: Matikan dan Keluarkan SIM Card Tray 


Seperti biasa, hal pertama yang harus dilakukan sebelum bongkar-bongkar tentu kamu harus matikan (turn off) dulu HP nya.

Lalu keluarkan SIM card tray dengan menggunakan ejector yang diberikan di paket penjualan. Posisi SIM card tray holder ada di bagian bawah..


Setelah itu siapkan heat gun..

Langkah 2: Memanaskan dan Membuka Casing Belakang


Oppo Find X memiliki casing belakang yang terbuat dari kaca Gorilla Glass 5 yang menempel ke body dengan menggunakan perekat khusus.

Untuk memudahkan membuka backcase, kita perlu memanaskan lem-nya agar meleleh dengan menggunakan heat gun. Panaskan backcover di bagian sekeliling casing (tidak termasuk sisi atas/modul kamera) dan daerah logo Oppo pada suhu 104℃ selama 5 menit..

Perhatikan posisi lem-lem yang ada di bagian backcover ada di bagian tengah atas dan sekeliling body, itu yang perlu kamu panaskan..


Setelah kira-kira lemnya meleleh, kamu bisa mencoba untuk membuat sedikit celah dengan menggunakan iSclack atau suction cup di bagian bawah HP.. Hati-hati jangan terlalu dipaksakan karena bisa berakibat kaca pecah atau retak..


Masukkan opening tools atau kartu plastik di celah casing..


Sisir ke seluruh sudut casing untuk merobek lem dengan menggunakan kartu plastik.. Panaskan kembali jika masih sulit dibuka.

Apabila perekatnya sudah tersobek semua maka casing belakang akan mudah untuk dibuka..


Setelah terbuka, kamu bisa melihat cara kerja sistem slider modul kamera Oppo Find X yang cukup menarik..


Untuk memasang atau menutup kembali casing belakangnya, kamu perlu perekat khusus yang sudah didesain untuk backcover Find X. Silahkan cari mungkin dijual di marketplace seperti Aliexpress, Tokopedia atau Bukalapak. Jika ada, bisa juga menggunakan lem B-7000.

Good luck. Semoga bermanfaat. Sumber foto: mobile zol.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Casing Belakang Oppo Find X"